Cara Download File Torrent Dengan IDM

Jika anda sering mendownload file besar dari internet, pasti anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar torrent dan IDM. Pada artikel berikut ini, anda akan mengetahui bagaimana cara download file torrent dengan IDM saja dan tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Tutorial cara download file torrent dengan IDM ini sangat cocok bagi anda yang hobi mendownload file besar seperti video, aplikasi, file game, dan lainnya yang berukuran besar.

Sebelum anda menuju ke bagaimana cara mendownload torrent menggunakan IDM, anda juga dapat memahami apa dan bagaimana cara kerja dari torrent itu sendiri dibawah ini.

Torrent sendiri merupakan istilah dari format .torrent yang dapat membantu anda untuk mendapatkan file yang berukuran besar. Namun, anda harus memahami terlebih dahulu bahwa file torrent tersebut bukanlah file asli dari file yang akan anda download.

Cara kerja dari torrent adalah file tersebut berisi berbagai informasi seperti tracker, nama, ukuran dan struktur dari file yang sebenarnya. Jadi, anda hanya cukup mendownload file .torrent saja terlebih dahulu untuk mendapatkan file yang sebenarnya berukuran besar.

Berkas torrent tersebut bisa dibilang akan menjadi penghubung antara anda dengan file yang anda inginkan. Untuk mendapatkan file via torrent membutuhkan aplikasi BitTorrent, anda dapat mencoba aplikasi Utorrent atau Qbittorrent.

Untuk cara kerja Bittorrent sendiri adalah menjadi protokol penghubung menggunakan sistem peer-to-peer yang pada umumnya sering digunakan untuk membagi file berukuran besar. Nah, perbedaannya dengan proses download biasa adalah bittorrent mampu melakukan transfer data dengan cepat di bandwidth internet yang kecil sekalipun.

Walaupun kinerja dari aplikasi bittorrent sangat memuaskan, namun ternyata anda juga dapat menggunakan aplikasi Internet download manager atau disingkat IDM untuk mendownload file torrent.

IDM sendiri merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mendownload file secara cepat dan singkat. Banyak orang yang mengandalkan aplikasi IDM ini untuk mempersingkat proses download file yang mereka inginkan.

Aplikasi IDM dapat anda gunakan secara gratis selama 30 hari, tetapi anda harus membayar versi pro untuk memperpanjang durasi pemakaian. Kinerja IDM cukup bagus untuk memperlancar proses download file, namun jika anda mengalami IDM bermasalah silahkan membaca cara mengatasi IDM tidak bisa download file.

Cara Download File Torrent dengan IDM di PC / Laptop

Terdapat berbagai situs web yang menyediakan file torrent secara gratis. Jadi, anda bisa mendownload file torrent dari situs web tersebut dengan mudah. Apa saja situs web tersebut? berikut website torrent yang dapat anda coba:

1. zbigz.com

zbigz

Situs web yang pertama ini adalah salah satu client torrent yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa membukanya di web browser dan tanpa memerlukan tambahan tool lainnya. Pengguna gratis dibatasi kecepatan download dan kuota 1GB, sedangkan yang premium lebih bebas.

Cara download file torrent dengan IDM di zbigz:

  1. Pergi ke situs web tersebut, lalu daftarkan diri anda.
  2. Login menggunakan akun yang sudah anda buat.
  3. Klik opsi Upload lalu pilih salah satu file torrent yang anda inginkan. Atau Anda juga bisa menggunakan metode copas link torrent disana.
  4. Klik Go, kemudian akan muncul jendela popup yang mengkonfirmasi tipe akun anda Free atau Premium.
  5. Tunggu hingga proses selesai. Klik file tersebut, dan pilih opsi free.
  6. Terakhir, aplikasi dari torrent akan mendownload menggunakan IDM yang sudah terpasang di PC / laptop anda.

2. boxopus.com

boxopus

Situs web yang yang kedua ini hampir mirip dengan yang di atas, namun bedanya anda juga bisa mendaftar menggunakan akun facebook. Selain itu Boxopus hanya memberikan kuota sebesar 512MB saja kepada penggunanya dan file torrent hanya bertahan selama 1 hari saja. Penggunaannya cukup mudah dan gratis serta tidak ada fitur yang mengharuskan membayar disana.

3. Bytebx

bytebx

Selanjutnya adalah bytebx, situs ini memberikan kuota yang lebih besar daripada yang sudah disebutkan sebelumnya. Bytebx memberikan ukuran kuota untuk menyimpan file torrent hingga 2,5GB. Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup daftar kemudian login, upload file torrent anda lalu klik Go untuk mendownload file torrent dengan IDM.

4. Filestream

Website terakhir untuk dapat mendownload file torrent dengan IDM dan tanpa bittorrent adalah filestream. Untuk situs yang satu ini tidak ada batasan waktu untuk file yang disimpan di sana.

Sama seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk cara menggunakannya anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dan cukup dengan memasukkan link torrent ke kolom yang tersedia dan klik download. Setelah itu, anda sudah bisa mendownload file torrent tersebut dengan IDM.

Itulah tutorial bagaimana cara download file torrent dengan IDM dan tanpa memerlukan aplikasi bittorrent. Sangat mudah bukan? Anda dapat memilih salah satu dari 4 situs web penyedia download file torrent di atas secara gratis.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button