Cara Membuat Channel Telegram Untuk Pemula

Cara membuat channel di telegram sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Padahal, channel telegram bisa sangat bermanfaat. Salah satunya adalah seperti membuat komunitas yang loyal, sehingga interaksi channel dan anggota channel tersebut bisa saling berinteraksi.

Selain itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Terlebih lagi jika anggota channel cukup banyak, hal ini bahkan bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan.

Bagusnya lagi, anda sebenarnya bisa membuat channel telegram dengan sangat mudah. Tidak ada persyaratan khusus yang dibutuhkan, anda hanya memerlukan akun telegram saja.

Jadi, apabila anda belum punya akun telegram, anda bisa membuat akun telegram terlebih dahulu. Kemudian anda bisa langsung membuatnya tanpa memerlukan persyaratan khusus lainnya.

Dan jika anda belum tahu caranya, anda bisa membaca lebih lanjut artikel berikut ini.

Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah

cara bikin channel telegram

Seperti yang telah disebutkan diatas, tidak ada syarat-syarat khusus yang perlu dipenuhi. Anda hanya memerlukan aplikasi telegram dan akun telegram saja, kemudian ikuti panduan di bawah ini.

Berikut cara membuatnya:

  1. Pastikan anda sudah memiliki akun telegram.
  2. Jika sudah, jalankan aplikasi Telegram di HP anda.
  3. Tekan fitur Chat dengan ikon pensil yang berada di bagian kanan bawah.
  4. Lalu pilih opsi Channel Baru.
  5. Berikan nama, foto, dan deskripsi untuk channel telegram.
  6. Jika sudah sesuai keinginan, tap ikon logo centang untuk melanjutkan.
  7. Tentukan pengaturan channel seperti tipe dan tautan.
  8. Tambahkan anggota atau pelanggan channel jika diperlukan.
  9. Selesai.

Sekarang anda sudah berhasil membuat channel telegram. Anda bisa menyesuaikan kembali pengaturan dari channel yang sudah anda buat.

Perbedaan Channel Telegram Publik dan Privat

Apabila anda masih bingung terkait pengaturan tipe channel publik dan privat. Berikut beberapa perbedaannya:

Channel Publik

Channel publik, bisa diberikan tautan yang bisa anda atur sendiri sehingga bisa dicari oleh siapapun dan siapapun bisa bergabung di channel tersebut.

Channel Privat

Sedangkan untuk channel privat, akan diberikan tautan khusus sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa bergabung. Yaitu untuk pengguna telegram yang sudah memiliki tautan tersebut.

Penutup

Sebenarnya masih banyak fitur yang bisa anda manfaatkan. Misalnya menambahkan fitur diskusi, reaksi, menambahkan bot, menambahkan admin, dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa masuk ke dalam fitur Edit untuk mengatur channel sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan mengaturnya, maka anda bisa memanfaatkan semua fitur yang telah diberikan.

Demikian artikel mengenai cara membuat channel telegram yang bisa anda coba. Semoga artikel ini membantu anda, dan semoga bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button