Cara Mengatasi Akun FB Dibatasi Sementara dan Permanen

Jika Anda mengalami akun FB dibatasi sehingga tidak bisa terbuka, maka tidak perlu panik dahulu. Ada cara mengatasi akun FB dibatasi yang bisa Anda terapkan.

Penyebab dari akun FB dibatasi ini bisa karena banyak faktor, antara lain pengguna yang melakukan spam, unggah konten atau postingan yang melanggar kebijakan.

Facebook sendiri menerapkan kebijakan terkait postingan sensitif seperti konten SARA, pornografi, dan lainnya. Komentar buruk juga beresiko untuk membuat akun dibatasi.

Apa Penyebab Akun FB Dibatasi?

Sebelum mengetahui cara mengatasi akun FB dibatasi, Anda perlu memahami penyebabnya. Facebook memberikan kebijakan dan aturan untuk para penggunanya yang harus ditaati.

Jika melanggar, maka akun bisa dibatasi atau bahkan dinonaktifkan permanen.

Ada beberapa penyebabnya selain karena membagikan postingan dan komentar yang negatif, yaitu sebagai berikut:

  • Terlalu banyak menambah teman. Facebook memberikan batasan untuk tidak menambah teman terlalu banyak dalam sehari karena akun bisa mengalami pemblokiran.
  • Tidak pakai nama asli. Nama juga ternyata menjadi faktor yang berpengaruh terhadap akun yang dibatasi. Oleh sebab itu, gunakan nama asli agar tidak mengalami pemblokiran sementara.
  • Terlalu banyak grup juga bisa membuat akun menjadi dibatasi sementara. Hal ini umum terjadi ketika akun digunakan untuk promosi online di facebook.

Jangka waktu pembatasan akun juga tergantung dari masalahnya. Jika baru sekali melanggar, akun hanya dibatasi dalam satu hari dan bisa dibuka kembali setelahnya.

Namun, ketika sudah melanggar beberapa kali, maka bisa dibatasi sampai seminggu bahkan sebulan.

Cara Mengatasi Akun FB Dibatasi

Ada dua cara mengatasi akun FB dibatasi, karena Facebook sendiri membagi dua jenis dalam membatasi pengguna FB, yaitu sebagai berikut:

1. Dibatasi Selama 30 Hari

Jika akun sudah dibatasi selama 30 hari, maka cara yang bisa Anda lakukan dengan melakukan pelaporan ke Facebook untuk segera ditindaklanjuti. Selain itu, Anda juga bisa menunggu selama 30 hari dan tidak perlu melakukan apapun.

Namun, jika permasalahan ingin segera selesai, bisa juga mencoba cara berikut ini:

  1. Buka akun FB yang sudah dibatasi.
  2. Hapus komentar yang mengandung ujaran kebencian, merendahkan, atau hal buruk lainnya.
  3. Hapus juga foto atau video yang mengandung konten sensitif.
  4. Periksa juga log aktivitas yang disediakan di FB.
  5. Masuk ke menu Pengaturan.
  6. Selanjutnya pilih opsi Laporkan Masalah lalu pilih yang sesuai dengan masalah Anda.
  7. Tulis keterangan dan sertakan bukti screenshot bahwa sudah menangani permasalahan tersebut.
  8. Terakhir, klik Kirim.

Sekarang, tunggu tanggapan dari Facebook. Facebook akan melihat apakah akun Anda bisa dibuka pembatasannya atau tidak.

2. Dibatasi Sementara dan Permanen

Untuk akun yang dibatasi sementara atau permanen, Anda perlu mengontrol aktivitas di Facebook dengan baik. Cara ini hanyalah sebagai bentuk pencegahan saja agar tidak mengalami pembatasan akun sementara atau permanen.

Berikut cara mengatasinya:

  1. Jangan spam di kolom komentar FB.
  2. Jangan memposting dan membagikannya di grup, marketplace, atau kronologi secara berlebihan.
  3. Jangan gunakan kata kasar di FB baik yang merendahkan, menghina, sampai yang menyangkut SARA karena bisa dibatasi dan ini juga dapat melanggar hukum.
  4. Jangan unggah video dan foto yang negatif. Contohnya seperti konten kekerasan, bullying, konten dewasa,
  5. Tidak berlebihan menambahkan teman dan menerima teman dalam sehari. Hal ini karena bisa dianggap spam dan akun dapat dibatasi oleh Facebook.

Beberapa cara mengatasi akun FB dibatasi diatas yaitu dilakukan secara preventif maupun represif. Anda perlu melakukan berbagai tindakan yang mematuhi kebijakan FB agar dapat menggunakan akun tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button