8 Cara Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri

Sedang asyik main Mobile Legends lalu tiba-tiba keluar sendiri? Hal seperti ini memang cukup menyebalkan, terlebih jika berada di puncak keseruan war bersama teman-teman.

Namun tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk cara mengatasi Mobile Legends yang sering keluar sendiri.

Mengingat masalah ini cukup menyebalkan, banyak pemain ML yang penasaran apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi ML yang force close saat dimainkan.

Di sini EzTekno telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut. Jadi, Anda bisa mengatasinya sendiri terkait masalah ini.

Cara Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri

Salah satu notifikasi yang membuat kesal pemain ML adalah “Sayangnya, Mobile Legends Telah Berhenti”. Terlebih lagi saat kita sedang asyik bermain atau dalam keadaan war. 

Masalah ini sangat memungkinkan Anda kalah dalam bermain, sehingga Anda harus segara mengatasinya. Berikut beberapa solusinya:

1. Pastikan Ruang Penyimpanan Tidak Penuh

Mobile Legends merupakan salah satu game mobile dengan ukuran yang tidak bisa dibilang kecil. Terlebih jika diinstall pada HP Android dengan spesifikasi entry level.

Oleh karena itu, pastikan ruang penyimpanan internal dan eksternal memang mencukupi demi kelancaran permainan.

Memori eksternal yang kurang dari 2 GB kerap kali membuat permainan cepat error, misalnya keluar sendiri. Hal ini karena ketika memori internal penuh, maka cache dari berbagai macam file akan pindah ke memori eksternal.

2. Restart HP

Restart HP

Pada dasarnya, berbagai macam error pada aplikasi ataupun sistem bisa diatasi dengan cara yang paling sederhana terlebih dahulu.

Cara tersebut yaitu dengan restart atau menyalakan ulang HP. Jadi ketika permainan ML keluar sendiri, langsung saja tekan tombol power lalu Restart.

Restart bisa menjadi solusi karena terkadang ada aplikasi yang berjalan di belakang tidak merespon game ML dengan baik.

3. Menghapus Cache Mobile Legends

Menghapus Cache Mobile Legends

Masih banyak pengguna Android yang tidak menyadari bahwa file cache yang menumpuk bisa menyebabkan error.

Baik itu pada sistem HP maupun aplikasi yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, usahakan menyisihkan sedikit waktu untuk menghapus cache secara rutin.

Frekuensi yang direkomendasikan adalah 2-5 kali dalam satu minggu. Bagi yang belum pernah menghapus file cache, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan di HP.
  2. Kemudian pilih menu Aplikasi.
  3. Gulir sampai menemukan aplikasi Mobile Legends.
  4. Setelah itu, pilih Penyimpanan.
  5. Tap opsi Bersihkan Cache.

Dengan memilih opsi Hapus Memori, akun Mobile Legends tidak akan keluar sehingga tidak perlu login kembali.

4. Menghapus Data Mobile Legends

Menghapus Data Mobile Legends

Cara mengatasi Mobile Legends keluar sendiri selanjutnya adalah dengan menghapus data game mobile tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa dengan memilih opsi ini nantinya akun ML akan keluar. Anda pun harus login kembali dengan memasukkan username dan password.

  1. Buka menu Pengaturan di HP Android.
  2. Pilih Aplikasi lalu cari Mobile Legends.
  3. Tap aplikasi tersebut lalu pilih Penyimpanan.
  4. Tap Hapus semua data yang berada di pojok kiri bawah.
  5. Selesai, silahkan buka kembali aplikasi ML dan login ulang.

5. Update Versi ML

Cara Update Mobile Legends Terbaru di Android

Game ML yang sering tiba-tiba keluar sendiri bisa jadi penyebabnya adalah karena versi game sudah terlalu lama. Padahal, penting untuk melakukan pembaruan aplikasi untuk mendapatkan fitur terbaru.

Tidak hanya itu, mengupgrade aplikasi juga memungkinkan Anda mendapatkan perbaikan error dari pengembangnya. Untuk mendapatkan pembaruan, silahkan buka Google Playstore lalu cari Mobile Legends kemudian pilih Update.

6. Install Ulang

Cara yang satu ini bisa jadi solusi apabila beberapa cara lainnya gagal dilakukan. Cobalah untuk menghapus instalasi Mobile Legend terlebih dahulu. Setelah itu, mendownload dan install kembali di Playstore.

7. Menghapus File Kurang Penting

Seperti yang telah diketahui, memori yang tidak mencukupi memang rentan membuat aplikasi apapun jadi error. Terlebih jika HP Android yang digunakan bukan mid range atau high end, tentunya mengosongkan memori bisa jadi pilihan.

8. Update Sistem HP

Beberapa vendor HP memang kerap kali mengupdate versi sistem. Mungkin Anda tidak menyadari hal ini sehingga sering mengabaikan update sistem. Oleh karena itu, sebaiknya coba update sistem Android karena versi lama biasanya cukup rentan dengan bug.

Beberapa cara mengatasi Mobile Legends keluar sendiri di atas bisa jadi solusi untuk pecinta ML. Anda pun bisa push rank bersama kawan-kawan dengan menyenangkan tanpa notifikasi game keluar sendiri yang menyebalkan.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button