7 Cara Mengatasi Telegram Pending Terus dengan Mudah

Apakah Anda mengalami Telegram yang pending, tidak bisa mengirim pesan, dan hanya connecting terus? Ketahui penyebab dan cara mengatasi Telegram pending sebagai solusinya.

Telegram adalah aplikasi kedua setelah Whatsapp yang digunakan untuk berkomunikasi. Saking seringnya orang mengirim dan menerima pesan, masalah Telegram pending ini seringkali dialami penggunanya.

Jika Anda juga mengalami masalah ini, maka Anda tidak bisa mengirim pesan kepada pengguna Telegram yang lainnya. Sehingga, mau tidak mau Anda harus mengatasi masalah ini agar bisa menggunakan Telegram kembali dengan normal.

Namun bagaimana caranya? Artikel pada situs EzTekno berikut ini akan menjelaskannya secara lengkap, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Penyebab Telegram Pending dan Connecting Terus

Penyebab Telegram Pending dan Connecting Terus

Pending adalah sebuah kondisi dimana aplikasi chatting tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Semua pesan teks, gambar, video dan voice note tidak akan terkirim, kondisi ini ditandai dengan munculnya ikon jam di room chat.

Karena umumnya, pesan yang terkirim akan ditandai dengan munculnya tanda centang di room chat, tepatnya di sebelah kanan teks.

Beberapa penyebab dari Telegram pending sebagai berikut:

1. Data Cache Telegram Terhapus

Cache adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data pada aplikasi. Jadi semakin sering Anda pakai Telegram, semakin banyak data cache yang dipakai.

Data cache yang sudah menumpuk dan tidak pernah dibersihkan membuat aplikasi rusak. Kerusakkan inilah yang bikin Telegram sering pending.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil adalah penyebab terbesar yang bikin Telegram jadi pending. Koneksi internet tidak stabil biasanya karena sinyal susah ditemukan atau paketan internet sudah habis.

Solusinya, Anda bisa pindah ketempat yang sinyalnya bagus dan isi ulang paketan internet. Kalau tidak berhasil, silahkan beralih pakai WiFi.

3. Ponsel Sedang Bermasalah

Penyebab pendingnya Telegram bisa disebabkan karena ponsel yang digunakan belum kompatibel.

Maksudnya, ponsel tersebut tidak mendukung atau support untuk mendownload atau mengakses aplikasi Telegram. Biasanya karena ukuran aplikasi yang terlalu besar dari data penyimpanan di ponsel.

4. Telegram Belum Update

Aplikasi yang jarang diupdate rentan mengalami masalah, seperti sulit dibuka, pending, error dan masalah yang lainnya.

Maka dari itu, kalau sudah waktunya untuk update aplikasi Telegram langsung dilakukan, agar kestabilan aplikasi tetap terjaga. Sehingga aplikasi dapat digunakan dengan baik dan terhindar dari masalah seperti lemot atau pending.

5. Telegram Sedang Bermasalah

Selanjutnya, gagalnya kegiatan kirim dan terima pesan juga bisa disebabkan karena aplikasi itu sendiri. Biasanya disebabkan karena sistem aplikasi sedang trouble, sehingga muncul kejadian pending pada Telegram.

6. Recent Apps

Recent Apps adalah fitur dari smartphone yang berfungsi agar ponsel mampu membuka aplikasi yang sedang berjalan di waktu yang bersamaan.

Hal ini bisa bikin kinerja smartphone jadi lebih berat, sehingga muncul beberapa masalah seperti Telegram tidak bisa terkoneksi ke internet dan Telegram jadi pending.

Setelah Anda mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi Telegram pending, diharapkan tidak akan panik atau kebingungan lagi saat mengalami situasi pending mendadak. Untuk mengantisipasi hal buruk, sebaiknya Anda rajin melakukan backup data.

Cara Mengatasi Telegram Pending Terus

Cara mengatasi Telegram yang sedang pending diantaranya sebagai berikut:

1. Perbaiki Koneksi Internet

Solusi pertama, ganti koneksi internet menjadi jaringan 4G atau pakai Wifi. Biasanya jaringan seperti ini yang mampu mengakses aplikasi dengan cepat.

Jadi bisa dipastikan aplikasi Telegram yang Anda gunakan akan terhindar dari lemot atau pending saat digunakan.

2. Kurangi Recent Apps

Kurangi kebiasaan menggunakan banyak aplikasi di waktu yang bersamaan, agar kinerja smartphone bisa stabil seperti semula. Anda bisa ikuti cara berikut untuk mengurangi Recent Apps:

  1. Klik tombol Recent Apps yang ada di smartphone.
  2. Pilih aplikasi yang ingin dihentikan dengan cara geser ke atas.
  3. Atau, klik ikon X pada layar untuk menghentikan semua aplikasi.

Setelah Recent Apps dilakukan, Anda tidak lagi merasakan Telegram pending dan bisa kirim dan terima pesan kembali dengan lancar.

3. Clear File Cache

Anda harus rajin bersihkan data cache, agar kinerja smartphone ataupun aplikasi tidak lemot. Berikut adalah cara clear file cache:

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting pada smartphone.
  2. Masuk ke menu Pengaturan Aplikasi.
  3. Kemudian pilih menu Kelola Aplikasi.
  4. Cari aplikasi Telegram.
  5. Setelah ketemu, klik Hapus Data, lalu bersihkan Cache.
  6. Klik tombol OKE.

Tunggu beberapa saat, setelah proses clear cache berhasil akan muncul tanda ceklis hijau.

4. Update Aplikasi Telegram

Aplikasi yang lemot atau tidak bisa diakses bisa disebabkan karena aplikasi jarang di update. Padahal update aplikasi dilakukan agar mendapatkan fitur-fitur terbaru dan mengatasi Bug yang ada pada aplikasi.

Update aplikasi bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka Google Play Store atau Apps Store di smartphone.
  2. Cari aplikasi Telegram dengan ketik di kolom pencarian atau di menu Manage Apps & Device.
  3. Setelah ketemu, klik tombol Update.

Tunggu beberapa menit sampai proses update selesai, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Telegram kembali dengan versi terbaru.

5. Gunakan Telegram di Desktop

Anda bisa memanfaatkan desktop di laptop sebagai salah satu cara mengatasi Telegram pending.

Saat status Telegram di smartphone connecting terus, biasanya Telegram di laptop tidak ikutan pending, kecuali koneksi internet yang dipakai laptop sama seperti di smartphone.

6. Restart Smartphone

Restart adalah tindakan mematikan dan menghidupkan kembali smartphone Anda, agar aplikasi kembali stabil dan bisa digunakan dengan lancar.

Setelah restart dilakukan, kondisi aplikasi Telegram akan berjalan normal kembali tanpa adanya pending, sehingga bisa mengirim dan terima pesan seperti biasanya.

7. UNROOT Smartphone

ROOT adalah kondisi dimana user punya hak penuh, sehingga memungkinkan untuk menambah, menghapus dan mengedit file yang ada di sistem. Biasanya ROOT ditandai dengan adanya ikon SuperSU.

Sedangkan UNROOT adalah kondisi saat user hanya punya izin untuk melihat dan membaca file yang ada di sistem tanpa bisa merubahnya.

Smartphone yang sudah di ROOT akan sering mengalami masalah, seperti pending saat kirim dan terima pesan.

Tindakan yang perlu dilakukan adalah UNROOT pada smartphone Anda agar Telegram tidak lagi pending atau lemot.

Kesimpulan

Nah, itulah bagaimana cara mengatasi Telegram yang pending, tidak bisa mengirim pesan, dan hanya connecting terus. Dengan kemudahan ini, maka Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami masalah ini.

Dengan banyaknya solusi ini, maka Anda juga harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sehingga Anda bisa memilih solusi mana yang paling efektif dalam kasus Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button