Cara Mengirim Video di Google Classroom Dengan Mudah

Cara mengirim video di Google Classroom banyak dicari saat ini. Bukan tanpa alasan, platform ini memang memiliki segudang fitur yang akan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Memang ada banyak aplikasi pendidikan yang bisa dipilih saat ini.  Namun, belum ada yang kapasitasnya melampaui Google Classroom ini.

Tentang Google Classroom

Sebelum membahas cara mengirim video di Google Classroom, Anda harus mengenal apa itu Google Classroom terlebih dahulu.

Platform satu ini adalah sebuah aplikasi berbasis online yang dikembangkan oleh Google untuk para pelaku pendidikan di Indonesia dan seluruh dunia.

Tidak heran kalau pengguna platform tersebut semakin banyak saja setiap harinya. Tidak hanya di pendidikan dasar atau menengah saja, penggunaan Google Classroom ini juga diterapkan di perguruan tinggi.

Penggunaan aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif dengan berbasis online.

Karena terintegrasi secara langsung dengan akun dan layanan Google lainnya, penggunaan aplikasi memungkinkan untuk melakukan berbagai hal dengan mudah.

Contohnya adalah mengirimkan berbagai jenis file dalam waktu singkat menggunakan bantuan cloud Google. Dalam hal ini, Google Drive tentu menjadi pilihan utamanya.

Sebagai penyimpanan awan dari Google, Drive mampu menampung data hingga 15 GB untuk satu akunnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan berbagai jenis file dengan mudah.

Salah satunya adalah file video. Ketika Anda upload file Google Drive, resolusi dari video tersebut sama sekali tidak akan mengalami distorsi.

Jadi kualitas video tetap sama seperti aslinya. Tidak heran jika pengguna Google Classroom bisa mengirimkan file video dengan kualitas tinggi dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Cara Mengirim Video di Google Classroom

Aplikasi ini juga tidak berbayar. Anda bisa mengakses semua fitur yang tersedia di dalamnya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Meskipun begitu, semua fitur premium yang ada pada aplikasi ini bisa Anda gunakan tanpa batasan sama sekali. 

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, platform buatan Google satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal.

Salah satunya adalah mengirimkan video. Di era digitalisasi ini, ada banyak skema pendidikan yang mengharuskan siswa menjadi kreatif dan membuat konten video untuk menambah nilai.

Penggunaan Google Classroom bisa memfasilitasi Anda semua untuk melakukan hal tersebut. Lantas, bagaimana cara mengirimkan konten video tersebut?

Langsung saja simak panduan selengkapnya di bawah ini:

  1. Pertama Anda hanya perlu memastikan kalau Anda memiliki akun Gmail.
  2. Buka aplikasi Google Classroom dan login dengan akun Gmail tersebut. 
  3. Cara mengirim video di Google Classroom selanjutnya pilih kartu tugas yang diberikan oleh guru
  4. Kemudian tekan opsi “Upload”.
  5. Anda bisa langsung memilih menu “File”.
  6. Setelah itu, langsung saja klik garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  7. Tap menu “Video” yang ada di bawahnya. Cara Mengirim Video di Google Classroom
  8. Pilih konten video yang ingin dikirim lalu tunggu hingga video selesai di unggah.
  9. Video Anda sudah selesai dikirimkan.

Mudah sekali bukan Cara mengirim video di Google Classroom ini? Cara tersebut juga bisa Anda lakukan untuk mengunggah foto jenis file lainnya.

Tapi pastikan untuk mengikuti panduan di atas secara sistematis agar tidak ada kesalahan di dalam prosesnya.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button