Cara Menonaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

Autentikasi dua faktor adalah fitur yang bisa menambah keamanan akun Instagram. Namun, sebagian pengguna IG justru merasa bahwa autentikasi dua faktor ini merepotkan sehingga justru mereka ingin menonaktifkan fitur ini di akun Instagram.

Pasalnya, saat Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor ini, maka setiap kali Anda login ke akun Instagram harus memasukkan kode konfirmasi atau verifikasi.

Tak jarang pengguna Instagram malah merasa terganggu akan hal ini. Terlebih lagi kode autentikasi tersebut seringkali delay hingga 5 menit lamanya untuk masuk ke SMS.

Dalam beberapa kasus, masalah ini bisa saja membuat Anda tidak bisa mengakses akun Instagram sama sekali. Misalnya seperti saat sinyal hilang atau nomor sudah tidak aktif.

Autentikasi dua faktor di Instagram sendiri memiliki beberapa metode yang berbeda. Yaitu autentikasi dari nomor HP dan melalui aplikasi Google Authenticator.

Cara Menonaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

Cara Menonaktifkan Autentikasi Dua Faktor IG
Cara Menonaktifkan Autentikasi Dua Faktor IG

Yang perlu Anda perhatikan sebelum menonaktifkan autentikasi dua faktor Instagram adalah, Anda hanya memerlukan aplikasi Instagram, koneksi internet, dan informasi login akun IG.

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram.
  2. Kemudian, pergi halaman profil Instagram.
  3. Selanjutnya, tap garis tiga untuk membuka menu, pilih Pengaturan.
  4. Gulir ke bawah lalu masuk ke menu Keamanan.
  5. Tap menu Autentikasi dua Faktor.
  6. Pilih opsi SMS, lalu tap ikon switch untuk menonaktifkan.
  7. Tap Nonaktifkan untuk konfirmasi bahwa Anda ingin menonaktifkan autentikasi dua faktor.

Jika Anda sudah menonaktifkan autentikasi dua faktor Instagram, maka Anda tidak memerlukan OTP atau kode konfirmasi untuk bisa login ke akun Instagram.

Sangat mudah bukan? Apabila Anda ingin mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram kembali, Anda hanya perlu mengikuti panduan yang sama yaitu dengan tap menu SMS untuk mengaktifkan.

Kemudian, masukkan kode konfirmasi yang akan masuk dari SMS. Lalu masukkan kode tersebut ke kolom yang disediakan di sana.

Selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button