Android Mati Sendiri

Pernahkah anda mengalami ketika sedang asyik bermain hp android namun tiba-tiba mati sendiri? Tentu sangat menjengkelkan, Anda harus segera mencari tahu apa penyebabnya dan cara untuk mengatasi android yang restart sendiri.

Tidak sedikit pengguna hp android yang mengalami mati sendiri. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu apabila kita sedang melakukan aktivitas bermain game online atau sedang mengerjakan sebuah pekerjaan di hp android.

Kasus ini bisa saja dialami pada semua merk hp android baik itu dari vendor asus, xiaomi, samsung, oppo, vivo, dan yang lainnya. Jika anda juga mengalaminya, maka anda wajib mengetahui apa penyebab dan cara mengatasinya.

Pasalnya, ada pula yang mengalami ketika hp android mereka tiba-tiba mati sendiri, hp android tidak dapat hidup kembali. Bahkan ada juga yang mengalami hp android mati total dan tidak dapat diisi baterai.

Pastinya anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Jadi, ketika hp android anda mati atau restart secara tiba-tiba, anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya agar tidak terulang kembali.

Kenapa HP Android Mati Tiba-Tiba?

Kenapa HP Android Mati Tiba Tiba

Terdapat berbagai faktor kenapa hp android bisa tiba-tiba mati sendiri. Untuk mengatasi HP Android yang restart sendiri, anda dapat memahami penyebabnya terlebih dahulu dibawah ini.

Status Baterai : Hal ini bisa saja disebabkan karena status baterai error. Contohnya daya baterai 80%, namun yang sebenarnya yaitu daya baterai tersisa 4% saja.

Baterai HP Android : Baterai HP yang sudah usang, kemungkinan besar terjadi kerusakan dalam baterai tersebut. Baterai merupakan sumber daya dari hp, jadi jika baterai rusak, maka akan berpengaruh.

Komponen HP Rusak : Komponen hp android yang sudah tua, bisa menjadi penyebab hp mati sendiri. Untuk spesifiknya, bisa saja rusak pada komponen konektor, hingga komponen IC.

Banyak File Sampah : Ketika anda membuka maupun menjalankan aplikasi, sistem android memproduksi file cache. Jika file cache tersebut menumpuk, maka hp android terasa lemot, error, force close, macet, hingga mati sendiri secara tiba-tiba.

Membuka Aplikasi yang Rusak : Ketika anda membuka aplikasi yang menampilkan pesan error, HP akan mulai berat, hingga mengalami restart sendiri secara tiba-tiba. Aplikasi seperti ini, tidak dapat mencocokkan dengan perangkat Sistem Android, sehingga membuat mati sendiri.

Pengaruh dari Root : Meskipun melakukan root android sering dibilang berpengaruh bagus untuk kinerja hp android, namun efek dari root akan membuat hp anda error dan mati sendiri. Pasalnya, ketika hp android sudah di root, maka anda dapat melewati batasan yang telah ditentukan, misalnya anda memasang game yang berat dan sebenarnya tidak cocok pada hp android milik anda.

Kesalahan Sistem Android : Sistem pada Android yang error, akan membuat hp restart atau mati sendiri. Hal ini sering terjadi di hp android yang sudah di root. Karena hp yang sudah root memiliki akses untuk mengubah dan menghapus file sistem yang berperan penting.

HP Terlalu Panas (Overheat) : Komponen dalam hp android yang melakukan kinerja terlalu berlebihan dapat membuat hp panas. Sistem android dirancang agar melakukan restart sendiri ketika hardware memiliki suhu yang panas.

Setelah anda sudah mengetahui apa saja penyebab smartphone android yang sering restart atau mati sendiri, apakah terdapat salah satunya yang terjadi di hp anda? Jika iya, berikut beberapa tips untuk mengatasi nya.

Cara Mengatasi HP Android Restart / Mati Sendiri

  1. Membersihkan File Cache. Bersihkan file sampah dari cache secara rutin agar kinerja hp android dapat berjalan lancar dan tidak lemot. Solusi ini cukup ampuh untuk mengatasi hp android yang sering mati sendiri secara tiba-tiba. Anda dapat menggunakan fitur pembersih cache bawaan hp maupun aplikasi dari playstore.
  2. Memperbaiki Baterai yang Error. Status baterai yang tidak sesuai dapat menyebabkan hp mati sendiri. Cara mengatasinya yaitu dengan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi Battery Calibration di Playstore.
  3. Hapus Aplikasi yang Error. Untuk mencari tahu aplikasi mana yang error, cobalah untuk membuka aplikasi satu persatu. Jika aplikasi memberikan pesan error atau force close, maka aplikasi tersebut harus dihapus. Cukup pergi ke daftar aplikasi melalui menu pengaturan, kemudian hapus aplikasi tersebut.
  4. Atur Suhu HP Android. Suhu panas di HP android sering disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan yang membuat komponen chipset tidak stabil. Kurangi aplikasi yang terpasang, jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan, dan cobalah untuk berhenti memainkan hp android anda sejenak.
  5. Lakukan Unroot Android. Jika hp android anda sering mati sendiri setelah anda melakukan root, maka sudah dipastikan bahwa root adalah penyebabnya. Anda harus melakukan unroot pada hp android untuk mengatasinya.
  6. Instal Aplikasi Antivirus. Instal aplikasi AntiVirus yang mampu menghapus dan mencegah virus android agar tidak dapat mengakses sistem hp android anda. Anda dapat memasang aplikasi Antivirus seperti AVG, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan yang lainnya melalui Playstore.
  7. Pakai Pembersih RAM. RAM yang berjalan secara optimal dapat mengatur suhu hp android tetap aman. Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih ram dari playstore maupun fitur yang tersedia pada bawaan hp anda.
  8. Gunakan Memori Eksternal. Penyebab hp android sering restart sendiri secara tiba-tiba yaitu karena penyimpanan internal sudah penuh. Jadi, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan memori eksternal untuk tempat penyimpanan alternatif file di android anda.
  9. Factory Reset. Cara terakhir yang dapat anda coba yaitu dengan cara reset hp android. Metode ini akan membuat hp android kembali ke pengaturan awal atau pabrik sehingga akan membuat file sistem android kembali seperti baru. Namun pastikan untuk melakukan backup data di android anda terlebih dahulu agar tidak hilang.

Penutup

Jika beberapa tips diatas tidak dapat mengatasi masalah pada hp android milik anda, maka disarankan agar pergi ke service android, karena besar kemungkinan android anda terjadi kerusakan pada komponen hardware.

Demikian beberapa cara mengatasi HP Android sering restart maupun mati sendiri secara tiba-tiba. Anda dapat mencoba beberapa tips yang sudah dijelaskan diatas untuk semua tipe android yang anda gunakan.

Apabila anda mengalami kesulitan untuk menerapkan solusi diatas untuk membuat hp android anda dapat bekerja kembali dengan normal, silahkan tulisan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close