Cara Mengetahui Jenis Prosesor Android

HP android selalu memiliki spesifikasi tersendiri di setiap komponen yang terdapat di android. Jika anda ingin mengetahui cara melihat jenis prosesor di hp android anda, semua akan dijelaskan pada artikel ini. Dengan mengecek prosesor android, anda akan mengetahui apakah android anda menggunakan ARM, ARM64 atau x86 dengan mudah.

Dengan mengetahui jenis prosesor android apakah menggunakan ARM, ARM64 atau x86 anda bisa membedakan aplikasi yang dapat anda pasang. Karena pada dasarnya aplikasi untuk android mengharuskan prosesor yang cocok dengan persyaratan pemasangan aplikasi.

Terlebih lagi jika anda hobi mengoprek hp android, anda wajib mengetahui jenis arm yang digunakan pada sistem hp android apakah menggunakan 32-bit, 64-bit atau di  32bit dan 64bit.

Mungkin anda pernah menemukan aplikasi diluar play store yang membedakan jenis prosesor seperti misalnya aplikasi yang digunakan khusus untuk ARM64 ada juga aplikasi yang mengharuskan x86. Itulah salah satu manfaat untuk mengetahui jenis ARM hp android anda.

Selain itu jika anda ingin mengganti ROM ponsel android, anda harus mengetahui jenis CPU/ Kernel yang digunakan di hp android tersebut terlebih dahulu. Walaupun sering dianggap sepele, namun untuk mengganti ROM anda harus memperhatikannya agar tidak terjadi bootlop.

Jadi, cara mengetahui jenis prosesor di hp android sebenarnya harus anda ketahui agar tidak terjadi masalah ketika memasang aplikasi diluar playstore atau ketika ingin mengganti ROM android.

Untuk dapat melihat jenis prosesor yang dipakai di hp android sebenarnya cukup mudah. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui jenis ARM di hp android. dan bisa dicoba untuk semua merk hp android, berikut caranya dibawah ini:

Cara Mengetahui Jenis ARM Prosesor HP Android

1. Menggunakan Aplikasi Droid Hardware Info

Aplikasi pertama yang dapat anda gunakan sebagai cara mengetahui jenis prosesor di hp android adalah menggunakan aplikasi Droid Hardware Info. Aplikasi ini mampu untuk melihat semua informasi di ponsel android anda mulai dari model, manufacturer, chipset, build number, versi OS, dan banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini bisa anda gunakan secara gratis dan dapat langsung dipasang melalui google playstore dengan mudah. Berikut cara mengetahui jenis ARM di android menggunakan Droid hardware info:

  1. Buka aplikasi playstore lalu pasang aplikasi Droid Hardware Info.
  2. Jika sudah terpasang, buka aplikasi tersebut.
  3. Izinkan semua permintaan yang muncul.
  4. Pergi ke tab Sistem di bagian menu atas.
  5. Periksa keterangan Set instruksi untuk melihat ARM android anda.
cek chipset android droid hardware info

2. Melihat ARM dengan CPU-Z

Fungsi dari aplikasi CPU-Z hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya di atas. Aplikasi ini dapat melihat informasi sistem hp android secara lengkap mulai dari nama, arsitektur, clock speed, nama dan merk android, resolusi, ukuran ram dan penyimpanan, serta banyak lagi yang lainnya.

Berikut cara cek jenis ARM menggunakan CPU-Z:

  1. Pasang aplikasi CPU-Z melalui google playstore.
  2. Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  3. Berikan akses izin jika permintaan muncul.
  4. Masuk ke tab menu System di bagian atas.
  5. Anda akan melihat jenis ARM android di bagian Kernel Architecture.
melihat prosesor cpu-z

3. Cek Prosesor dengan My Device

Aplikasi yang ketiga untuk cek jenis ARM adalah bernama My Device. Aplikasi ini cukup simpel dan mampu untuk melihat jenis chipset yang digunakan di android anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Instal aplikasi My Device di android anda.
  2. Jika sudah terpasang, buka aplikasi My Device.
  3. Buka menu lalu pilih opsi CPU.
  4. Anda akan melihat jenis prosesor android di bagian CPU Model.
cara cek jenis chipset hp

4. Menggunakan Aplikasi Inware

Aplikasi terakhir yang dapat anda gunakan untuk melihat jenis ARM di hp android anda adalah menggunakan aplikasi Inware. Disana anda akan melihat jenis prosesor yang digunakan hp android anda dengan mudah.

  Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iOS

Ukurannya yang tidak terlalu besar akan membuat aplikasi ini cocok untuk HP android dengan penyimpanan yang kecil. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka playstore lalu pasang aplikasi Inware di hp android anda.
  2. Buka aplikasi Inware yang sudah anda pasang.
  3. Masuk ke menu Perangkat Keras di bagian atas.
  4. Untuk melihat jenis ARM android, anda akan mengetahuinya di opsi Mendukung ABIS.
mengetahui kernel android inware

Selain untuk cara mengetahui jenis prosesor android, beberapa aplikasi yang sudah disebutkan diatas mampu memberikan informasi mengenai hp android yang anda gunakan dengan mudah.

Ukurannya yang kecil dan memberikan informasi chipset hp android anda. Namun, jika anda masih kebingungan dengan informasi tersebut, anda bisa membaca keterangan di bawah ini:

  • ARM ditampilkan dengan keterangan ARMv7 atau armeabi kebawah.
  • ARM64 dengan keterangan AArch64/ arm64 atau diatasnya.
  • X86 muncul dengan keterangan x86/ a86abi.

Sangat mudah bukan untuk mengecek prosesor android apakah menggunakan ARM, ARM64 atau X86.

Demikian cara mengetahui prosesor di hp android dengan mudah. Sekarang anda sudah dapat melihat apakah android anda menggunakan chipset ARM, ARM64 atau X86.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close