Cara Kirim Tugas di Google Classroom Lewat HP dan PC

Cara kirim tugas di Google Classroom sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun karena pengguna media satu Ini kebanyakan adalah anak-anak sekolah, tentu dibutuhkan bimbingan lebih lanjut agar mereka memahaminya dengan baik. 

Jika Anda hendak mengajarkan cara tersebut kepada anak-anak, maka Anda sudah berada ditempat yang tepat. Disini akan dijelaskan secara detail dari awal sampai dengan selesai, tenang saja karena langkah-langkahnya juga tidak terlalu rumit untuk dipahami.

Tentang Google Classroom

Seperti yang diketahui, Classroom adalah platform pendidikan yang paling banyak digunakan di era pandemi ini. Keputusan pemerintah yang mengharuskan siswa belajar secara daring menuntut guru dan siswa untuk memilih platform pembelajaran yang paling tepat.

Jika dilihat dari berbagai sudut pandang, Google Classroom adalah solusi terbaik yang ada saat ini. Tidak ada yang bisa menyangkal bagaimana tingginya kualitas dari platform tersebut.

Banyak sekali fitur unggulan yang dibenamkan di dalam aplikasi satu ini. Ketika Anda menggunakan Google Classroom, fitur-fitur di dalamnya akan membuat Anda merasa sedang bersekolah secara resmi.

Bahkan, fitur-fitur yang tersedia memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal.

Di antaranya adalah pengumpulan data, pengisian nilai siswa, pengumpulan absensi, mengisi kuesioner, membagikan angket, serta berbagai kebutuhan administrasi lainnya. Keuntungan tersebut baru dari pihak guru saja.

Dari pihak siswa, penggunaan platform satu ini juga memberikan mereka banyak kemudahan. Hal ini dikarenakan platform Google Classroom yang sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti. 

Hampir semua instansi pendidikan menjadikan Classroom sebagai pilihan utama mereka dalam menghadapi masa sekolah daring ini.

Cara Kirim Tugas di Google Classroom

Pada kesempatan kali ini akan dibahas dua cara paling mudah untuk mengirimkan tugas di Google Classroom. Ada dua cara dalam mengirim tugas ke google clasroom.

Cara pertama adalah metode pengiriman dengan menggunakan komputer, sedangkan cara kedua adalah metode pengiriman tugas dengan menggunakan smartphone, seperti Android dan iPhone.

1. Menggunakan Komputer 

Cara pertama yang akan kita bahas disini adalah metode pengiriman menggunakan komputer. Tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti panduan selengkapnya di bawah ini:

  1. Pertama Anda bisa mengakses situs resmi Classroom di classroom.google.com.
  2. Setelahnya, langsung saja login dengan akun masing-masing.
  3. Anda akan masuk ke Homepage utama Google Classroom.
  4. Langsung saja pilih “Tugas Kelas” dan pilih menu “Tambahkan Tugas”.Upload Tugas Google Classroom
  5. Untuk menampilkan item, Anda bisa memilih opsi Google, link, atau file.File Tugas Google Classroom
  6. Sedangkan untuk menampilkan dokumen baru, Anda bisa memilih PDF, gambar, atau bahkan spreadsheet.
  7. Setelahnya, langsung saja klik opsi “Serahkan”.Kirim Tugas di Google Classroom

Proses pengiriman tugas selesai, file tugas Anda akan tersampaikan dalam beberapa detik. Untuk memastikan proses pengiriman berjalan dengan lancar, pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang stabil.

2. Lewat HP

Selain via komputer, cara kirim tugas di Google Classroom lain yang bisa Anda lakukan adalah lewat HP Android maupun iPhone. Caranya juga tidak kalah mudah.

Ikuti cara mengirim tugas di google classtoom berikut ini:

  1. Pertama Anda bisa membuka aplikasi Google Classroom di perangkat masing-masing.
  2. Setelahnya, langsung saja pilih “Kelas” dan klik opsi “Tugas Kelas” yang ada di dalamnya.
  3. Sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu mengklik menu “Tugas”.
  4. Setelah “Kartu Tugas” Anda muncul, Anda bisa langsung klik opsi Luaskan.
  5. Langsung saja lampirkan dokumen, item atau tugas yang hendak Anda kirim ke guru.
  6. Klik serahkan, lalu pilih opsi konfirmasi.

Cara kirim tugas di Google Classroom via telepon ini selesai. Bagi Anda yang lebih senang menggunakan cara satu ini, ada beberapa poin penting yang harus dipahami.

Salah satunya adalah kriteria smartphone yang digunakan untuk mengakses Google Classroom. Pastikan smartphone yang digunakan menggunakan OS minimum Android 7.0 atau Android Nougat.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan smartphone dengan RAM minimal 2 GB demi menjaga kelancaran operasional aplikasi.

Menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang tidak tepat akan membuat performa Google Classroom jadi tidak maksimal. Pastikan juga untuk menggunakan koneksi internet yang stabil agar cara kirim tugas di Google Classroom ini berjalan dengan lancar.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button