Cara Melihat Gaji Youtuber

Mengetahui penghasilan youtuber merupakan hal yang mudah. Anda cukup melakukan beberapa langkah saja pada artikel cara melihat gaji youtuber berikut dibawah ini.

Sudah tidak asing lagi terdengar bahwa para kreator video atau youtuber bisa mendapatkan uang dengan mudah hanya dengan memposting videonya di youtube. Namun apakah anda tahu berapa pendapatan youtuber tersebut?

Sebelum anda beranjak ke tutorial cara melihat gaji youtuber, apakah anda sudah tahu darimana penghasilan youtuber? Berikut beberapa sumber penghasilan youtuber yang paling umum:

  • Youtube ads / Adsense
  • Affiliate marketing
  • Endorsement
  • Berjualan

Dari beberapa sumber penghasilan dari youtuber di atas, tentu saja anda tidak dapat mengetahuinya dengan mudah. Namun, pada nomor satu yaitu youtube ads atau adsense, anda dapat melihat nya melalui tutorial berikut.

Cara Melihat Gaji Adsense Youtuber

Cara mengetahui adsense youtuber adalah pekerjaan yang cukup mudah. Karena terdapat sebuah situs web yang memberikan informasi tentang channel youtube secara lengkap, bahkan berapa penghasilannya.

Berikut ini cara mengetahui gaji youtuber dari adsense:

  1. Buka situs web Socialblade.com pada browser anda.
  2. Pada kolom pencarian di bagian pojok kanan atas, ketikkan nama channel youtube.
  3. Kemudian klik pada channel youtube yang anda inginkan.
  4. Disana anda akan melihat semua informasi mengenai channel youtube tersebut.
Cara Melihat Gaji Adsense Youtuber

Anda akan melihat semua informasi tentang channel youtube yang anda inginkan mulai dari jumlah subscriber, perkembangan subscriber, dan sampai penghasilan dari youtuber tersebut.

Terdapat sebuah kolom bertuliskan Estimated Monthly Earnings yang berarti Estimasi Penghasilan Perbulan dan Estimated Yearly Earnings yang berarti Estimasi Penghasilan Pertahun.

Misalkan pada gambar berikut dibawah ini adalah channel youtube dari Pewdiepie dengan perkiraan penghasilan $79.6K – $1.3M setiap bulan dan sebanyak $955.1K – $15.3M selama satu tahunnya.

Cara Melihat Penghasilan Adsense Youtuber

Yang perlu anda perhatikan adalah bahwa situs web socialblade ini memang memberikan semua informasi mengenai channel youtube. Namun pada menu estimasi penghasilan youtuber adalah bukan penghasilan pasti, karena ini hanyalah perkiraan saja.

Karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa terdapat banyak sumber penghasilan youtuber yang bisa saja mereka dapatkan.

Cara Menghitung Gaji Adsense Youtuber

Youtube ads atau adsense memiliki 2 patokan yang bisa digunakan untuk menetapkan gaji dari adsense. Patokan tersebut adalah CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

Apa itu CPM? CPM adalah penghasilan yang didapatkan setiap 1000 penayangan iklan yang muncul pada video anda. Sedangkan CPC adalah jumlah yang anda dapatkan jika seseorang mengklik iklan yang ada di video anda.

Jika anda ingin memulai menjadi youtuber untuk mendapatkan gaji dari adsense, mungkin anda harus bekerja lebih keras. Karena pihak youtube kini memberikan peraturan minimal jumlah subscribers dan penayangan terlebih dahulu sebelum anda dapat mengaktifkan fitur adsense pada video-video di channel anda.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda juga bisa mendapatkan penghasilan di youtube selain dari adsense. Dari mana itu? mari baca lebih lanjut dibawah ini.

Darimana Penghasilan Youtuber?

1. Youtube Ads / Adsense

Adsense merupakan penghasilan yang paling umum dari para youtuber. Adsense adalah perusahaan dari Google yang berkerjasama dalam bidang periklanan melalui media Internet di video youtube, iklan di dalam situs web dan iklan di dalam aplikasi android.

Jika anda sering melihat iklan yang muncul di bagian bawah video youtube, iklan video yang berjalan di awal video youtube diputar, iklan video yang muncul di pertengahan video maupun di akhir video, itu merupakan iklan dari adsense.

2. Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan memasarkan produk dan ketika youtuber itu berhasil menjual produk dari perusahaan yang memiliki produk tersebut maka perusahaan itu akan memberikan uang ke youtuber.

Sistem ini biasanya harus melalui kesepakatan kedua pihak untuk menyetujui berapa penghasilan yang di dapat. Pihak youtuber akan diberikan kode agar mempermudahkan pemilik produk melacak bahwa produk berhasil dijual dan sebagai bukti jika terjual oleh youtuber.

3. Endorsement

Anda mungkin pernah melihat pada awal, tengah maupun akhir video ketika seorang youtuber memperkenalkan sebuah produk yang keterkaitan dengan isi konten video. Itulah yang dinamakan endorsement dalam youtube.

Tujuan menyisipkan iklan produk tersebut tentu permintaan dari pemilik produk yang ingin diiklankan. Istilah endorsement memang lebih populer di Instagram, namun anda harus memiliki followers dengan jumlah yang banyak. Ingin mempunyai banyak followers instagram? baca cara memperbanyak followers instagram.

4. Berjualan

Perusahaan besar kini juga memulai untuk mempromosikan menggunakan video youtube. Video yang berisikan sebuah produk yang memang bertujuan untuk mengenalkan produk mereka, juga bisa menarik pembeli untuk menambah jumlah penjualan produk anda.

Bahkan tidak sedikit juga artis dan youtuber yang merambah dalam bidang jual beli. Dan mereka menggunakan channel youtube nya sebagai media pemasaran produk-produk mereka.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button