Penyebab dan Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri

Ketika Anda sedang menggunakan perangkat baik itu laptop atau Android kadang kala, browser terbuka sendiri. Cara mengatasi browser terbuka sendiri harus diketahui untuk solusinya.

Kebanyakan pengguna, tentu saja akan panik saat menemui masalah ini pertama kali. Dan akan sangat mengganggu jika masalah ini terus terjadi.

Namun, tidak perlu khawatir, karena di EzTekno akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi browser terbuka sendiri dalam artikel ini dengan lengkap di laptop atau di HP.

Ini berlaku untuk semua jenis browser, seperti Google Chrome, Mozilla firefox, sampai dengan opera mini. Bagaimana caranya? Simak solusinya berikut ini.

Apa Penyebab Browser Terbuka Sendiri?

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi browser terbuka sendiri, perlu diketahui dulu penyebabnya. Umumnya disebabkan karena Adware.

Adware adalah iklan yang berupa virus yang memunculkan pencarian situs yang tidak ada sumber yang jelas. Jadi, ini disebabkan karena Anda tidak sengaja mengunduh di situs yang tidak kredibel.

Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di HP

Berikut adalah cara mengatasi browser terbuka sendiri di berbagai merk HP.

1. Hilangkan Aplikasi yang Ada Adware

Untuk mengatasi adware di HP, hapus aplikasi yang memilikinya. Cara untuk mengetahui aplikasi yang memiliki Adware adalah versi modifikasi yang dibuat oleh pihak ketiga bukan dari pengembang aslinya.

Selain itu, ada pula aplikasi yang diunduh dari situs yang tidak jelas. Ini juga bisa mengandung Adware. Lebih baik gunakan Google Play Store jika ingin mengunduh aplikasi.

2. Install Antivirus

Banyak antivirus di Android untuk menghilangkan adware. Jadi, Anda bisa memilih salah satunya dan lakukan scan untuk membersihkan virus sehingga browser tidak muncul dengan sendirinya.

3. Atur HP ke Pengaturan Pabrik

Untuk mengembalikan Hp yang error dan menghilangkan Adware, Anda bisa mengembalikan semua ke setelan pabrik. Caranya adalah:

  1. Masuk ke menu Setelan.
  2. Selanjutnya, pilih Setelan Tambahan.
  3. Pilih menu Buat Cadangan dan Setel Ulang.
  4. Terakhir, tap opsi kembalikan ke setelan pabrik.
  5. Selesai.

Dengan begitu, semua pengaturan HP kembali ke asal. Namun, semua aplikasi dan file bisa hilang sehingga Anda perlu lakukan pencadangan terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Laptop

Untuk pengguna laptop, Anda bisa mengatasi browser terbuka sendiri menggunakan cara yang hampir di HP. Berikut metode-metodenya.

1. Cek Bagian Ekstensi Browser

Browser terbuka sendiri dapat disebabkan karena Anda membuka ekstensi browser lebih banyak. Ekstensi dari browser seperti Chrome atau Firefox yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan browser terbuka.

Hal ini karena adanya malware yang menyusup ke laptop Anda. Di laptop, tidak hanya browser yang terbuka sendiri, tetapi juga tab sering muncul. Anda perlu menghapus ekstensi yang berlebihan.

2. Update Antivirus

Browser yang terbuka sendiri bisa disebabkan oleh virus baik di HP atau di laptop. Oleh sebab itu, cara mengatasinya pun sama yaitu menggunakan antivirus.

Anda bisa mengunduh antivirus yang khusus untuk laptop sehingga dapat membersihkan malware, adware, dan virus.

Pilih antivirus yang memiliki fitur terbaik dan mendeteksi virus dengan baik. Sehingga semua virus berbahaya dapat diblokir atau di scan dengan baik.

Di laptop sudah ada aplikasi antivirus bawaan seperti Windows Defender yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selain itu, Anda dapat menginstall aplikasi tambahan untuk memproteksi dengan lebih baik lagi. Karena terkadang aplikasi antivirus juga tidak cukup untuk mengatasinya.

Perlu juga untuk melakukan update antivirus secara berkala agar mendapatkan fitur terbaik karena pengembang biasanya akan terus memperbarui ke versi yang lebih baik lagi.

Semakin baru versinya, maka semakin baik untuk mengatasi virus yang ada di laptop Anda.

Cara mengatasi browser terbuka sendiri dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui merupakan hal yang perlu diketahui Masalah ini bisa langsung Anda atasi dengan cepat baik di perangkat HP maupun laptop.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button