Cara Mengatasi Error 0xc00007b di PC/Laptop Windows

Cara mengatasi Error 0xc00007b sangat penting untuk dipahami oleh Anda yang menggunakan PC atau komputer Windows.

Pasalnya, kondisi tersebut memang seringkali muncul ketika Anda hendak menjalankan aplikasi tertentu di Windows.

Biasanya, error satu ini dibarengi dengan kemunculan notifikasi “The Application was unable to start correctly. Click OK to close the Application”.

Jika Anda mengalami kondisi error seperti ini, tidak usah khawatir karena ternyata cara penanganannya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Windows

Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Windows

Umumnya, kondisi error satu ini terjadi pada komputer dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan XP. Namun, ada juga beberapa pengguna Windows 10 yang mengaku mengalaminya.

Untuk menyelesaikan permasalahan satu ini, caranya sama sekali tidak sulit. Ada beberapa metode yang bisa dicoba.

1. Restart Ulang

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merestart ulang perangkat komputer Anda. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi kemunculan kode error 0xc00007b.

Namun, ini merupakan teknik dasar untuk mengatasi error pada windows. Jadi cara tersebut memang tidak spesifik menyelesaikan permasalahan error.

Namun, seringkali kondisi error terjadi akibat proses booting yang tidak sempurna. Dengan cara pertama ini, biasanya permasalahan error akan langsung selesai setelah Anda merestart Windows.

2. Jalankan Aplikasi Sebagai Administrator

Cara mengatasi error 0xc00007b lainnya adalah menjalankan aplikasi sebagai administrator. Sebenarnya, penggunaan fitur ini tidak akan membuat aplikasi menjadi berbeda.

Hanya cara membukanya saja yang tidak seperti biasanya. Menggunakan metode satu ini berarti menggunakan izin khusus dari Windows untuk mengakses aplikasi sebagai admin.

Jadi Anda bisa memposisikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Untuk melakukan cara ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cari aplikasi yang ingin Anda buka.
  2. Klik kanan pada aplikasi tersebut.
  3. Pilih opsi “Open As Administrator”.

Setelah ini aplikasi akan terbuka secara otomatis. Penggunaan cara ini juga terbilang sangat efektif untuk mengatasi permasalahan error dengan kode di atas.

Sudah banyak pengguna yang membuktikan kalau cara ini ampuh untuk menghilangkannya.

3. Instal Ulang Program

Jika permasalahan tetap tidak bisa diselesaikan dengan kedua cara di atas, cara mengatasi error 0xc00007b selanjutnya adalah menginstal ulang aplikasi tersebut. Namun, pastikan untuk menguninstal aplikasinya terlebih dahulu.

  1. Pertama Anda hanya perlu masuk ke Control Panel.
  2. Klik menu Program yang ada di sebelah kiri.
  3. Lalu klik Program and Features.
  4. Langsung saja klik menu Uninstall Program.
  5. Cari aplikasi yang mengalami crash atau error 0xc00007b.
  6. Klik kanan aplikasi lalu pilih uninstall.
  7. Buka penyimpanan Anda dan cari instalasi aplikasi tersebut.
  8. Lakukan instalasi ulang setelahnya.

Cara satu ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan kode error yang muncul ketika aplikasi dibuka. Pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi original untuk perangkat komputer Anda.

Aplikasi bajakan berpotensi besar untuk mendatangkan malware dan virus berbahaya.

4. Perbaiki Registry Windows

Kemunculan kode error seringkali dipicu oleh kerusakan pada registry windows. Karenanya cara mengatasi error 0xc00007b yang paling baik adalah dengan memperbaiki kode registry itu sendiri.

Namun, tentu saja tidak mudah untuk melakukan cara ini. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi bernama Winthruster.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa merefresh sekaligus memperbaiki semua registry yang mengalami kerusakan. Anda bisa mengunduhnya pada tautan berikut Winthruster .

Ada banyak sekali penyebab kemunculan kode error pada perangkat Anda, karena itu Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu cara untuk mengatasinya.

5. Instal Microsoft Visual C++

Microsoft Visual C++ atau Visual Credits adalah aplikasi sistem Windows. Cara kerja dari aplikasi ini adalah menyediakan sumber tambahan komponen library.

Meskipun PC atau komputer Windows tidak di wajibkan untuk menginstal Microsoft Visual C++ karena biasanya aplikasi-aplikasi umum di Windows tidak memerlukannya.

Namun komponen library yang disediakan di Microsoft Visual C++ dibutuhkan untuk beberapa aplikasi seperti software editing dan game berat.

Jadi, apabila anda mengalami error 0xc00007b, maka ada baiknya untuk menginstal Microsft Visual C++ sebagai solusinya.

Anda bisa download file Microsoft Visual C++ untuk semua versi dan bit x86 & x64 melalui link berikut ini Microsoft Visual C++.

Ada banyak sekali penyebab kemunculan kode error pada PC atau Komputer Anda, karena itu Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu cara untuk mengatasinya.

Beberapa cara mengatasi error 0xc00007b yang sudah dijelaskan di atas tentu bisa jadi rekomendasi terbaik yang bisa dilakukan.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button