Kenali 6 Ciri Nomor WhatsApp Anda Telah Diblokir Orang Lain

Apakah Anda tidak bisa menghubungi seseorang di WA? Mungkin saja itu karena dia sudah memblokir nomor Anda. Dari masalah ini, kenali ciri nomor WhatsApp yang telah diblokir orang lain.

Aplikasi WhatsApp memang sudah menjadi hal yang lumrah dan banyak digunakan orang. WhatsApp berguna sebagai aplikasi chat yang mudah dan praktis karena ada berbagai fitur bermanfaat di dalamnya.

Namun, saat Anda menggunakannya pernahkah tidak mendapat balasan chat dari seseorang? Padahal Anda sudah menantikannya dan berulang kali mengirim pesan.

Bisa jadi, ternyata nomor WhatsApp telah Anda diblokir. Untuk mengetahuinya, kenali ciri-ciri nomor WA diblokir berikut ini.

Ciri-Ciri Nomor WhatsApp Anda Telah Diblokir

Ciri-Ciri Nomor WhatsApp Anda Telah Diblokir

Daripada berprasangka buruk atau berpikiran tidak-tidak, Anda dapat mengecek sendiri tentang apa saja ciri-ciri saat nomor WA diblokir.

Jika memiliki ciri-ciri di bawah ini, maka dapat dipastikan nomor WhatsApp Anda benar-benar telah diblokir.

1. Tidak Ada Status “Terakhir Dilihat” dan “Online”

Saat Anda ingin mengirim pesan obrolan, di bawah namanya biasanya tertulis “terakhir dilihat” yang berarti pengguna tidak merahasiakan kapan ia membukanya.

Namun, jika diatur ke pengaturan privasi, maka status obrolan hanya akan tertulis “online” jika Anda sedang aktif.

Keduanya sama-sama menunjukkan bahwa nomor WA Anda tidak diblokir. Namun, jika tidak ada tulisan apapun boleh jadi memang benar diblokir.

Cara yang satu ini masih belum akurat karena pengguna yang mengatur privasi dan memang tidak online juga tidak akan muncul status apapun.

2. Tidak Melihat Foto Profil

Ciri nomor WhatsApp diblokir lainnya adalah tidak bisa melihat foto profil teman WA Anda. Foto profil biasanya hanya bisa dilihat oleh teman obrolan.

Jadi, jika Anda tidak dapat melihat fotonya dapat dicurigai bahwa si dia memblokir kontak Anda. Namun, perlu diingat, ciri ini tidak mutlak benar 100%.

Bisa saja foto profil memang sengaja dihapus sehingga Anda dan orang lain juga memang tidak bisa melihat foto profilnya.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan konfirmasi dengan menanyakannya secara langsung apakah foto profil WA-nya memang dihapus atau apakah ia sudah memblokir kontak kita.

3. Centang Satu Saat Mengirim Pesan

Hal yang paling mencirikan nomor WhatsApp diblokir yaitu chat pesan yang tidak pernah dibalas. Berkali-kali Anda mengirimkan chat, tidak kunjung ada balasan.

Selain itu, tanda status pengiriman hanya bisa centang satu, bukan centang dua. Centang dua menunjukkan pesan yang Anda kirim sudah tersampaikan. Apabila berwarna biru, maka pesan WA Anda sudah terbaca.

Centang satu memang lumrah terlihat jika pengguna sedang tidak online atau mengaktifkan data internetnya. Namun, jika kembali online, harusnya centang satu akan berubah menjadi centang dua.

Jadi, tidak mungkin jika selalu centang satu dan tidak pernah online. Jika beberapa hari terus centang satu kemungkinan besar, nomor WhatsAppnya Anda telah diblokir.

Hal ini juga berlaku ketika Anda mengirim pesan suara atau voice note maupun media berupa foto dan video kepada orang yang dituju.

4. Panggilan Tidak Berhasil

Selanjutnya, jika panggilan telepon Anda tidak pernah diangkat, maka bisa saja ia telah memblokir nomor Anda. Pasalnya, ini merupakan faktor utama yang menandakan nomor WA diblokir.

Setelah diblokir, si penerima tidak akan pernah menerima telepon masuk dari Anda, sedangkan Anda juga tidak akan bisa terhubung oleh si penerima.

5. Tidak Bisa Invite ke Grup WA

Ciri nomor WhatsApp diblokir selanjutnya yaitu tidak bisa invite atau mengundang nomor WA si dia ke grup WA.

Cara ini sangat ampuh untuk mencirikan nomor WA Anda diblokir karena tidak mungkin terjadi jika nomor tidak diblokir.

Cobalah untuk mengundang nomornya ke grup WhatsApp yang Anda punya. Jika tidak berhasil dapat disimpulkan ia memang memblokirmu.

Jika belum pernah mengundang nomor WA orang ke grup dan tidak tahu caranya, caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk salah satu grup WA Anda.
  2. Setelah terbuka obrolan chatnya, tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih Info Grup.
  4. Pilih opsi Tambahkan Peserta.
  5. Cari nomor kontak yang ingin Anda cek.
  6. Lalu, tap kontaknya untuk melanjutkan.
  7. Jika diblokir, Anda tidak dapat memproses invite grup tersebut.

Jangan lupa untuk memilih grup dimana Anda menjadi admin sehingga dapat menambahkan orang lain ke grup.

Hal ini karena beberapa grup ada yang diatur hanya admin yang dapat mengelolanya sehingga Anda tidak akan muncul opsi Tambahkan Peserta jika bukan admin.

6. Tidak Bisa Melihat Status WA

Ciri terakhir yang menandakan bahwa nomor WA Anda diblokir yaitu tidak bisa melihat statusnya. Namun, perlu disadari, beberapa orang mungkin memang jarang membuat status.

Jika yang awalnya sering membuat status, lalu tidak pernah membuat status lagi, Anda bisa menanyakannya kepada teman lain apakah bisa melihat status dari kontak yang dituju.

Bisa jadi nomor WhatsApp Anda diblokir atau yang dituju memang mengaktifkan status privasi sehingga hanya dapat dilihat oleh beberapa orang saja.

Sebelum berspekulasi lebih jauh, Anda bisa menanyakannya langsung kepada orang tersebut. Yang jelas, jika nomor WA diblokir, status WA seseorang tersebut juga tidak akan bisa dilihat oleh Anda.

Cara Membuka Blokir WA

Memblokir WA juga bisa dibuka kembali sehingga dapat memulai obrolan kembali. Cara membuka blokir WA adalah sebagai berikut:

  1. Buka WhatsApp.
  2. Masuk ke menu Setelan.
  3. Pilih menu Akun lalu Privasi.
  4. Gulir ke bawah, masuk ke menu Kontak diblokir.
  5. Selanjutnya, pilih nomor yang ingin dibuka blokirnya.
  6. Terakhir, pilih opsi Buka Blokir.

Kesimpulan

Beberapa ciri nomor WhatsApp diblokir di atas harus dipastikan semuanya, karena jika hanya salah satu ciri-ciri saja yang termasuk, maka itu masih belum pasti bahwa nomor WA Anda telah diblokir.

Karena, bisa saja kontak tersebut memang tidak online, tidak memasang foto, tidak membuat status, atau karena memang menyembunyikan statusnya.

Jadi, Anda harus benar-benar memastikannya sebelum menyimpulkan bahwa ia telah memblokir nomor WA Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button