Pengertian Google Chrome: Sejarah, Fitur, dan Keunggulannya

Google Chrome adalah browser bawaan pada komputer atau laptop. Google Chrome menawarkan pengalaman berselancar cepat, aman dan asyik. Fungsi Google Chrome tidak sebatas sebagai peramban web. Nyatanya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Maka tak heran Google Chrome menduduki posisi teratas sebagai peramban web dengan pengguna yang paling banyak di dunia. Kira-kira apa saja fungsinya? Mari cari tahu bersama di pembahasan berikut ini.

Sekilas Tentang Apa itu Google Chrome

Apa itu Google Chrome

Google Chrome memiliki jangkauan yang luas. Browser satu ini tersedia di berbagai perangkat, mulai dari Windows, MacOS, Linux, Android, iOS dan Chrome OS. Browser yang dikembangkan oleh Google Inc ini sangat sukses.

Fakta uniknya, Google Chrome menggunakan banyak source code dari open source Chromium, yaitu sebuah proyek perangkat lunak gratis. Daya tarik Google Chrome terdapat pada tampilan antarmuka yang sederhana dan simpel.

Kurang tertarik dengan gaya minimalis? Anda bisa mengganti tampilan jendela utama dengan background kesukaan Anda. Untuk itu Anda perlu menginstal ekstensi yang didapat dari toko ekstensi Google Chrome.

Sejarah Perkembangan Google Chrome

Sejarah Perkembangan Google Chrome

Google Chrome pertama kali diresmikan pada tanggal 2 September 2008. Pendirinya siapa lagi kalau bukan Google Inc. Pada masa awal rilis, Chrome menuai ulasan positif dan berada di urutan ketiga sebagai peramban web yang paling banyak digunakan.

Meskipun baru tahap Beta, Google Chrome telah menghadirkan sejumlah fitur menarik yang membuatnya lebih unggul ketimbang browser lainnya. Sekitar 3 bulan kemudian, Google Inc meresmikan Google Chrome dengan versi yang lebih stabil.

Tidak seperti versi Beta yang hanya bisa beroperasi di Windows, versi ini dapat digunakan pada segala sistem operasi. Perkembangan Chrome terbilang cepat, peramban web ini berhasil menggaet 25-28% dari seluruh pengguna browser pada awal tahun 2012.

Dan sampai saat ini fungsi Google Chrome dinilai sangat lengkap dan diakui sebagai browser terbaik dengan jumlah pengguna terbanyak. 

Keunggulan Google Chrome

Keunggulan Google Chrome

Popularitas Chrome berasal dari keunggulan yang ditawarkan. Bisa dibilang browser ini lebih unggul ketimbang browser lainnya. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh Google Chrome adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Mesin Pencarian Google

Google adalah mesin pencarian andalan sebagian besar orang. Anda bisa menemukan ragam informasi penting yang Anda butuhkan. Mesin pencarian Google paling sering digunakan dibanding mesin pencarian pesaingnya, seperti Yandex atau Bing.

2. Dilengkapi Fitur Default Menarik

Peramban web yang dibuat langsung oleh Google ini dilengkapi dengan beberapa fitur bawaan yang menarik, di antara Mode Incognito, Omnibox, Task Manager dan lain sebagainya. Yang pastinya menunjang kenyamanan dan kemudahan berselancar di internet.

3. Tersedia Berbagai Pilihan Ekstensi 

Fungsi Google Chrome bisa berubah menjadi alat pengingat, to do list, dan lain-lain hanya dengan menambahkan ekstensi. Ekstensi ini membuat Chrome memiliki fungsi lain selain sebagai browser. Namun perlu diingat, ekstensi yang terlalu banyak dapat menghambat performa browser.

4. Memiliki Rating pengguna tinggi

Pengguna Google Chrome merasakan kepuasan dengan fitur dan tampilan antarmuka yang digunakan oleh browser ini. Oleh karena itu rating pengguna Chrome sangat tinggi. Selain itu, Google Chrome bisa multifungsi apabila diatur sedemikian rupa.

5. Hemat Memori dan RAM

Google Chrome dikenal cepat saat melakukan proses awal membuka browser daripada browser lain. Pasalnya Chrome tidak memakan banyak memori dan RAM, sehingga proses berlangsung lebih cepat.

Fungsi Google Chrome

Fungsi Google Chrome

Seperti yang disinggung di atas, Chrome tidak hanya bisa digunakan sebagai peramban web. Browser ini berhasil mengundang banyak orang berkat fungsi-fungsi Google Chrome. Apa saja fungsi yang dimaksud? Berikut penjelasannya:

1. Mengunduh File dalam Waktu Singkat

Setiap browser tentu dibekali dengan fitur untuk mengunduh beragam jenis file, misalnya video, gambar, audio, software dan lain sebagainya. Namun yang membuatnya lebih unggul adalah proses pengunduhan lebih cepat dan mudah.

2. Menawarkan Pengalaman Browsing

Google Chrome merupakan peramban web yang paling banyak digunakan untuk browsing. Ditambah lagi, Anda bisa mengubah mesin pencarian di Chrome, misalnya mengubah Google menjadi DuckDuckGo, Bing, Yandex, dan lain-lain.

Anda diberikan kebebasan untuk menggunakan mesin pencarian favorit Anda. Pada omnibox Anda bisa menuliskan kata kunci atau alamat untuk mengunjungi situs tertentu. Sebenarnya omnibox juga tersedia pada semua browser, karena memang itu fitur standar sebuah browser.

Tetapi pengalaman browsing di Google Chrome tidak bisa disamakan dengan browsing di browser lain. Buat yang belum tahu, omnibox sendiri adalah kotak pencarian yang berada di atas browser.

3. Dapat Digunakan untuk Mengembangkan Web

Inilah yang dimaksud sebagai fungsi Google Chrome selain sebagai browser. Banyak programmer dan developer yang menggunakan browser ini untuk mengembangkan web. Chrome memungkinkan pengguna untuk melihat hasil compile code. Baik secara online maupun offline.

Terdapat fitur Inspect Element yang bisa digunakan untuk melihat kode yang sudah ditulis oleh programmer. Sangat multifungsi, bukan?

4. Bisa Sinkronisasi dengan Akun Google

Pernah tidak Anda ingin mengunjungi situs yang sudah diberikan bookmark di perangkat berbeda. Namun browser yang digunakan tidak memungkinkan adanya sinkronisasi akun. Alhasil pengguna tersebut kesulitan dan hanya bisa mengaksesnya dari satu perangkat saja.

Sinkronisasi akun Google akan memudahkan pengguna dalam beberapa hal. Sinkronisasi bertujuan untuk memudahkan pengguna yang ingin menyimpan kata sandi, email, bookmark dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda bisa mengakses fitur-fitur tersebut tanpa harus login.

Tidak perlu khawatir soal kebocoran data pribadi. Data-data Anda tersimpan dengan baik di Cloud untuk memudahkan akses di banyak perangkat.

5. Menginstal Ekstensi 

Ekstensi Google Chrome pihak ketiga bisa didapatkan dan diinstal dengan mudah. Anda juga perlu selektif dalam memilih ekstensi, pilihlah ekstensi yang dibuat oleh pihak terpercaya. 

Contoh ekstensi yang sangat bermanfaat meliputi VPN, reader view, timer, to do list, ads blocker dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya ekstensi Google Chrome, Anda bisa mengakses lebih banyak situs atau mempercepat proses pengunduhan hingga pemblokiran iklan. Intinya lebih banyak fitur yang bisa Anda akses.

6. Membaca dan Membuka Beberapa Jenis Format File 

Fungsi Google Chrome berikutnya dapat digunakan sebagai alat untuk menampilkan media. Misalnya file MP4, MP3, PDF, JPG dan masih banyak lagi. Media tersebut dapat ditampilkan tanpa harus tersambung ke koneksi internet.

Apabila ingin mengedit dokumen, sebaiknya gunakan produk G Suites seperti Google Sheets, Google Docs, hingga Google Slides.

7. Melakukan Inspect Element 

Inspect Element adalah salah satu fitur Google Chrome yang cukup banyak digunakan pengguna yang menggeluti koding. Fitur ini memungkinkan mereka untuk melihat kode di balik tampilan antarmuka suatu web.

Bahasa pemrograman yang biasa digunakan di antaranya JavaScript, HTML, dan CSS. Apabila Anda penasaran dengan fitur satu ini, Anda bisa mengaksesnya dengan Klik Kanan pada area mana saja, lalu pilih Inspect Element. 

Masih banyak fungsi Google Chrome lainnya yang bisa Anda rasakan. Karena akan terlalu panjang bila dibahas semua fungsinya. Dengan fitur yang serba lengkap serta performa cepat, kenyamanan Anda pasti terjamin.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button