Aplikasi Pembuat Flowchart

Aplikasi pembuat flowchart digunakan untuk melakukan pengembangan ide dan juga membuat rencana kerja berjalan dengan lancar. Flowchart akan menunjukkan apa saja yang harus dilakukan dan juga memperlihatkan bagaimana alur perjalanan dari awal hingga akhir.

Sebelum ada aplikasi, flowchart sering sekali dibuat dengan menggunakan coretan pada whiteboard. Selain itu, juga dibuat menggunakan Microsoft Word yang cukup rumit sehingga sering membuat beberapa orang melakukan kesalahan.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Flowchart

Dengan memanfaatkan aplikasi pembuat flowchart, Anda bisa membuat rencana kerja dengan lebih mudah dan terstruktur. Jadi, risiko mengalami kesalahan akan kecil.

Berikut beberapa aplikasi yang cukup banyak direkomendasikan.

1. Microsoft Visio

Microsoft Visio

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membuat flowchart adalah Microsoft Visio. Anda bisa menggunakan aplikasi yang terpasang pada komputer atau memanfaatkan aplikasi browser yang bisa dibuka melalui komputer.

Aplikasi ini digunakan untuk membuat flowchart dengan mudah dan juga membuat berbagai diagram atau grafis lainnya. Koleksi aset yang ditawarkan juga cukup besar, sehingga Anda mampu membuat project visual menjadi lebih menarik dan mudah untuk dibaca.

Tidak semua orang bisa membuat flowchart dengan mudah. Itulah kenapa aplikasi ini menyediakan beberapa template flowchart atau diagram yang sudah jadi, sehingga Anda bisa mengotak-atiknya sendiri dengan menambah atau mengurangi bagian di dalamnya.

2. GitMind

GitMind

Untuk bisa menggunakan aplikasi pembuat flowchart ini, Anda bisa menggunakannya secara online sehingga bisa melalui browser. Anda hanya perlu masuk ke situs dari Gitmind lalu memilih proyek apa saja yang akan dibuat.

Di sana sudah tersedia tab yang berisi beberapa fitur, mulai dari template flowchart sampai template pembuatan mind mapping. Semua bisa diedit dengan mudah untuk ditambahkan atau dikurangi bagiannya.

Setelah selesai melakukan proses pengeditan proyek pembuatan flowchart, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk file JPG, PNG, SVG, sampai ke format PDF.

3. Gliffy Diagram

Gliffy Diagram

Secara umum, aplikasi ini cukup sederhana dengan antarmuka yang tidak terlalu berlebihan. Gliffy Diagram bisa membuat flowchart atau diagram dengan mudah memodifikasi bagian dalam untuk diberi keterangan.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan fitur yang ada di dalamnya cukup profesional. Seluruh flowchart yang ada di sini juga akan diintegrasikan dengan Jira dan Confluence yang akan mempermudah Anda untuk mengetahui gangguan atau bug.

4. Cacoo

Cacoo

Aplikasi ini digunakan untuk membuat diagram flowchart dengan sangat mudah. Template yang disediakan cukup banyak, sehingga Anda bisa langsung memilih mana saja yang sesuai lalu mengedit isinya agar sesuai dengan proyek yang sedang dijalankan.

Tidak hanya digunakan untuk membuat flowchart saja, aplikasi ini juga digunakan untuk membuat berbagai jenis diagram dan juga data.

Aplikasi pembuat flowchart ini juga bisa digunakan untuk mengubah data dari Excel sehingga bisa divisualisasikan dengan lebih baik.

5. yED Graph Editor

yED Graph Editor

Aplikasi ini bisa digunakan di beberapa jenis komputer atau sistem operasi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan sistem operasi Windows, Linux, foto Mac bisa memasangnya untuk langsung digunakan.

Aplikasi ini memiliki koleksi aset yang cukup besar sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membuat berbagai diagram, termasuk flowchart. Anda bisa membuatnya secara manual dengan memasukkan seluruh elemen yang dibutuhkan dan menambahkan keterangan.

Apabila merasa kesulitan untuk membuat secara langsung, bisa menggunakan template atau mengimpor yang sudah ada. Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan modifikasi di beberapa bagian, agar sesuai dengan proyek yang sedang dijalankan.

6. ConceptDraw

ConceptDraw

Aplikasi ini menggabungkan beberapa kemampuan menjadi satu sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat flowchart dengan baik, hingga membuat diagram serta grafis sederhana.

Kombinasi tersebut akan memudahkan Anda untuk membuat konsep dari suatu proyek dengan visual yang sempurna. Tersedia beberapa template dan juga ikon yang bisa dimanfaatkan dengan gratis atau Anda bisa langsung mengotak-atik sendiri agar desainnya lebih orisinal.

7. Creately

Creately

Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi pembuat flowchart sudah dibahas dalam artikel ini. Aplikasi bernama Creately ini tidak perlu melakukan proses pemasangan terlebih dahulu, karena konsepnya adalah aplikasi pada browser.

Untuk bisa menggunakannya, Anda hanya perlu membuka situs dari Creately lalu menggunakan seluruh fitur yang ada di sana. Anda bisa membuat flowchart dengan mudah melalui template atau berbagai aset yang ditawarkan.

Selain digunakan untuk membuat flowchart. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat semacam diagram hingga peta. Seluruh layanan yang ada pada aplikasi browser ini gratis, jika tidak berlangganan atau membayar hanya dibatasi sampai 5 proyek saja.

8. Pencil

Pencil

Ingin menggunakan aplikasi yang dipakai untuk membuat flowchart atau diagram secara gratis? Anda bisa menggunakan aplikasi ini, karena Pencil berjenis open source sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk komersil.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah melakukan pembuatan berbagai jenis media atau proyek visual dengan aset yang tersedia. Setelah dibuat, Anda bisa langsung menyimpannya dengan mengubah formatnya menjadi PDF atau format gambar.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan situs pencarian clip art yang ada di internet. Jadi, Anda bisa menambahkan berbagai clip art yang menarik, sehingga diagram atau flowchart yang dibuat tidak membosankan.

Aplikasi pembuat flowchart yang dibahas di atas ada yang bisa dimanfaatkan secara gratis dan ada juga yang harus membayar terlebih dahulu. Semuanya bisa digunakan untuk menjabarkan ide dan membuat langkah kerja agar berjalan dengan lancar.

Aplikasi flowchart juga bisa dimodifikasi untuk membuat semacam mind mapping. Konsep ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan suatu ide kecil menjadi ide yang sangat besar, sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button