Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu Secara Akurat (Semua Tipe)

Sebelum membeli HP Xiaomi baik itu yang baru maupun yang bekas, ada baiknya untuk cek apakah itu asli atau palsu. Namun jika anda masih belum tahu cara cek HP Xiaomi asli atau palsu, anda tidak perlu khawatir.

Pasalnya, cara memastikan apakah HP tersebut asli atau palsu tergolong pekerjaan yang mudah. Terlebih lagi pada artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap.

Seperti yang telah diketahui, xiaomi adalah salah satu merk smartphone ternama yang produknya sudah beredar luas di pasar Tanah Air. Sayangnya, terhitung cukup banyak juga peredaran mengenai smartphone palsu.

Sehingga, anda sebagai konsumen perlu panduan cara cek HP Xiaomi asli atau palsu. Pihak Xiaomi sendiri sebenarnya sudah terus berupaya untuk memberantas produk palsu.

Namun sayangnya, hingga kini peredaran barang palsu Xiaomi masih bisa dengan bebas beredar di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah namun dengan kualitas murahan.

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu

Khusus untuk HP Xiaomi, terhitung ada banyak cara untuk verifikasi sebuah smartphone merupakan produk asli atau bukan. Berikut 10 Cara Cek HP Xiaomi asli atau palsu.

1. Xiaomi Verification Method

Xiaomi Verification Method

Guna mendukung penekanan persebaran produk palsu, Xiaomi meluncurkan tools khusus untuk melakukan verifikasi apakah sebuah produk itu asli atau palsu yaitu Xiaomi Verification Method.

Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Mi Store. Namun sayangnya, beberapa pengguna melaporkan jika Xiaomi Verification Method masih memiliki banyak bug.

Biasanya tools ini akan macet ketika pengguna akan mengecek smartphone Xiaomi yang digunakan merupakan produk asli atau bukan.

2. Cek Melalui IMEI

cara cek HP Xiaomi asli atau palsu dengan kode IMEI

Produk palsu dari Xiaomi memang biasanya juga akan menyertakan IMEI, namun nomor tersebut hanya sebagai formalitas saja alias palsu.

Berikut cara cek HP Xiaomi asli atau palsu dengan IMEI:

  1. Pertama, buka menu panggilan.
  2. Kemudian ketikan nomor *#06# lalu tekan call.
  3. Akan muncul 20 digit nomor identitas IMEI
  4. Anda harus menyalin atau copy kode IMEI tersebut.
  5. Sekarang, kunjungi halaman verifikasi Otentifikasi Produk Xiaomi.
  6. Masukan 20 digit nomor IMEI Xiaomi lalu selesaikan captcha di bawahnya.
  7. Jika sudah, tekan tombol Verify.
  8. Maka akan muncul informasi tentang spesifikasi produk yang Anda gunakan.

Jika informasi tersebut sesuai dengan HP Xiaomi anda, maka produk tersebut adalah asli. Namun jika produk tidak ditemukan, maka IMEI smartphone tidak terdaftar dan kemungkinan besar adalah barang palsu.

IMEI atau nomor identitas sebuah smartphone memang menjadi cara yang paling ampuh dan praktis untuk mendeteksi sebuah smartphone merupakan produk asli atau palsu.

Hal ini karena validitas data akan secara langsung dicek melalui situs resmi Xiaomi selaku produsen smartphone. Oleh karena itu cara ini merupakan metode paling efektif.

Catatan: Jika anda kesulitan untuk menemukan IMEI melalui kode dial, maka anda bisa menggunakan metode lainnya yang bisa anda baca melalui artikel Cara Cek IMEI Xiaomi.

3. Sesuaikan Versi MIUI

cek HP Xiaomi asli atau palsu

Cara yang ketiga adalah dengan cek ROM dari HP Xiaomi yang akan Anda cek asli atau palsu. ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang berarti adalah memori internal pada sebuah smartphone.

Berikut caranya:

  1. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan.
  2. Lalu pilih menu About Phone.
  3. Kemudian muncul MIUI Version dari HP tersebut.
  4. Catat versi MIUI tersebut lalu cari di Google.
  5. Perhatikan apakah versi MIUI dan tipe HP sesuai.

ROM dari Xiaomi sendiri memiliki nomor unik yaitu MIUI Version. Dan umumnya, HP Xiaomi palsu biasanya menggunakan custom Android ROM.

Hal ini bisa digunakan untuk membedakan apakah HP Xiaomi asli atau palsu. Karena HP Xiaomi palsu tidak seharusnya berada pada sebuah tipe HP yang sesuai dengan keluaran Xiaomi.

4. Bandingkan Dengan yang Asli

cek hp xiaomi asli

Cara manual lain untuk cek sebuah HP Xiaomi merupakan produk asli atau palsu adalah dengan membandingkan kondisi fisik kedua perangkat.

Meski produsen produk palsu berupaya membuat produk semirip mungkin dengan yang asli akan tetapi tetap ada perbedaan.

Dari beberapa laporan yang dilansir media massa, biasanya logo Xiaomi palsu terlihat lebih besar dari aslinya dengan warna logo yang berwarna sedikit buram.

Begitu juga dengan kualitas kamera yang tidak menghasilkan jepretan gambar sesuai dengan kapasitas resolusi kamera.

Namun untuk menjalankan cara ini, akan lebih baik jika Anda sebelumnya merupakan pengguna Xiaomi sehingga anda memahami karakteristik dari produk asli.

5. Tes Performa HP

Antutu Benchmark

Untuk tes performa dan cek apakah sebuah HP Xiaomi asli atau palsu, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa di install melalui playstore.

Berikut cara cek HP Xiaomi menggunakan bantuan aplikasi Antutu Benchmark:

  1. Download aplikasi Antutu Benchmark terlebih dahulu.
  2. Lakukan instalasi sesuai dengan instruksi aplikasi.
  3. Jika sudah terpasang, tekan Install and Test untuk memulai.
  4. Tunggu hingga Anda mendapatkan skor dari tes performa Antutu Benchmark.
  5. Bandingkan skor perangkat anda dengan rata-rata skor perangkat original.
  6. Jika berbeda jauh dari rata-rata kemungkinan besar HP Xiaomi Anda adalah barang palsu.

HP palsu hanya diproduksi dan didesain agar sangat mirip dengan produk asli dari segi fisik dan tampilan. Namun dalam hal performa, produk palsu menggunakan komponen dengan kualitas yang lebih rendah daripada produk asli.

Catatan: Agar penilaian objektif, bandingkan smartphone dengan durasi pemakaian yang tidak jauh berbeda.

6. Bandingkan Harga

Salah satu upaya produsen HP palsu untuk menarik pengunjung adalah dengan membuat harga menjadi lebih murah dari aslinya. HP palsu umumnya lebih murah karena tidak memiliki komponen yang berkualitas.

Misalnya saja Xiaomi Redmi Note 9 yang dibanderol pada pasaran seharga Rp3.299.000. Sementara dilansir dari beberapa media massa online harga Xiaomi Redmi Note 9 palsu hanya dijual seharga Rp1.200.000.

Perbedaan harga yang jauh ini adalah salah satu ciri smartphone palsu. Jadi sebagai pengguna smartphone, ada baiknya untuk berpikir terlebih dahulu sebelum membeli HP yang terlalu murah.

Sekarang anda tidak perlu khawatir ketika membeli HP Xiaomi yang baru maupun bekas selama Anda bisa menerapkan cara cek HP Xiaomi asli atau palsu agar tidak mudah terkecoh untuk membeli barang yang salah.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button