7 Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Android

Aplikasi yang tiba-tiba error lalu keluar sendiri dan memberikan pesan error “Aplikasi Telah Berhenti” memang sangatlah menjengkelkan. Hal ini membuat banyak orang mencari bagaimana cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android agar masalah seperti tidak terulang lagi.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda tidak perlu panik maupun khawatir. Karena masalah ini memang cukup umum terjadi dan Anda bisa mengatasinya dengan cukup mudah.

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

Sama seperti permasalahan lain di aplikasi Android, ada banyak cara dan alternatif yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah jenis ini.

Solusi tersebut juga bisa diambil berdasarkan masalah yang ada, berikut ini kami berikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk atasi aplikasi berhenti.

1. Hapus Cache

Hapus Cache Aplikasi LINE

Cache aplikasi adalah file yang dibutuhkan untuk menyimpan informasi-informasi penting yang sering diakses oleh user ketika mereka mengakses aplikasi tersebut. Dari segi user experience, tentu saja ini adalah sesuatu yang bagus.

Sayangnya di sisi lain hal ini bisa menjadi sumber masalah berbeda. Mulai dari permasalahan memori yang cepat penuh, hingga file-file corrupt yang justru menyebabkan aplikasi berhenti secara paksa.

Tapi jangan khawatir karena penanganan cache ini tidak terlalu rumit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus semua cache yang ada pada aplikasi tersebut. Begini caranya:

  1. Pertama Anda harus masuk dulu ke pengaturan smartphone.
  2. Setelah itu masuk ke pengaturan aplikasi.
  3. Setelah terbuka, silakan pilih aplikasi yang sedang bermasalah.
  4. Masuk ke aplikasi tersebut.
  5. Setelah terbuka, tap opsi hapus cache dan konfirmasi “Ya”.
  6. Selesai.

Menghapus cache ini adalah langkah awal dalam penanganan aplikasi yang error. Kemungkinan berhasilnya tinggi jika masalah yang ada bukan masalah yang terlalu rumit.

2. Restart Smartphone

Restart HP

Aplikasi yang berhenti dengan sendirinya dan memberikan pesan error “Aplikasi Telah Berhenti” tidak selalu memiliki masalah di sisi aplikasi. Tapi juga bisa bermasalah di sisi smartphone yang Anda gunakan.

Untuk mengatasi ini, Anda tidak perlu mengulik terlalu jauh perangkat yang Anda gunakan tersebut. Cukup lakukan restart agar smartphone melakukan refresh sendiri.

Setelah itu seharusnya semua yang ada pada sistem akan kembali seperti semula dan aplikasi dapat berjalan dengan normal lagi.

3. Periksa Memori

Cara mengatasi aplikasi telah berhenti tidak selalu harus melakukan sesuatu aksi seperti mengupdate atau menghapus file. Anda juga perlu untuk memeriksa memori smartphone yang Anda gunakan.

Apakah kapasitasnya masih mencukupi atau sudah hampir penuh. Karena aplikasi telah berhenti pada Android erat kaitannya dengan proses yang tidak bisa berlanjut.

Ini juga bisa berkaitan dengan memori yang tidak dapat menampung lebih banyak file. Sehingga tidak semua aplikasi dapat berjalan dengan baik, terutama aplikasi dengan proses yang berat seperti game.

Jika memori yang Anda gunakan sudah hampir penuh, maka cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android pada situasi ini adalah dengan memberikan lebih banyak ruang pada memori tersebut, dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan.

4. Sesuaikan Penggunaan RAM

Selain dengan kapasitas memori internal atau ROM, pesan “Aplikasi Telah Berhenti” ketika sebuah aplikasi error juga bisa disebabkan oleh RAM yang tidak kuat menampung proses yang sedang berjalan.

Ini terjadi ketika Anda menjalankan aplikasi yang sangat berat namun RAM yang Anda gunakan kebetulan tidak memadai. Game-game berat masa kini umumnya membutuhkan RAM yang sangat besar untuk bisa dijalankan.

Jika Anda menggunakan RAM dengan kapasitas kecil, maka sangat wajar jika aplikasi berhenti secara paksa. Jadi sesuaikanlah penggunaan aplikasi dengan RAM smartphone yang Anda gunakan.

5. Update Aplikasi

Apabila RAM dan ROM aman tanpa masalah, maka memang masalah ada pada aplikasi tersebut. Kemungkinan besar terdapat file yang corrupt atau secara tidak sengaja hilang sehingga proses aplikasi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Solusinya sebenarnya sangat mudah. Anda bisa melakukan update pada aplikasi tersebut. Proses update ini akan menggantikan semua file yang ada pada lokal perangkat dengan file-file baru yang didapatkan dari Play Store sehingga masalah yang sebelumnya ada bisa teratasi.

6. Install Ulang Aplikasi

Cara atasi aplikasi telah berhenti yang satu ini merupakan alternatif dari cara sebelumnya. Yaitu jika Anda tidak bisa menemukan update terbaru yang tersedia dari aplikasi tersebut, maka Anda bisa menginstall ulangnya saja.

Konsepnya sama, dimana aplikasi akan melakukan overwrite pada file-file yang sudah bermasalah sebelumnya.

Bahkan pada install ulang ini proses overwrite akan terjadi dengan lebih baik. Karena Anda harus melakukan uninstall dahulu yang pastinya file akan terhapus dengan lebih bersih.

7. Hapus Data Aplikasi

Hapus Data Aplikasi Facebook

Tidak hanya cache, terkadang data aplikasi pun juga bisa menimbulkan masalah pada aplikasi itu sendiri. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus semua data-data tersebut agar aplikasi bisa kembali ke keadaan fresh dari awal.

Caranya hampir sama seperti menghapus cache, yaitu:

  1. Masuk ke pengaturan smartphone.
  2. Pilih pengaturan aplikasi.
  3. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang bermasalah tersebut.
  4. Gulir ke bawah lalu tap opsi hapus data.
  5. Selesai.

Karena semua data telah dihapus, maka Anda akan kehilangan data-data yang tersimpan pada aplikasi tersebut seperti akun dan lain-lain. Tapi pada penggunaan selanjutnya, Anda bisa mengisi data-data tersebut kembali.

Akhir Kata

Cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android memang terlihat praktis. Tapi tetaplah berhati-hati jika cara tersebut berhubungan dengan penghapusan data.

Akan lebih baik untuk mem-backup data dulu sebelum melakukan langkah solusi yang telah kami bagikan di atas. Karena data-data yang penting tidak akan bisa dikembalikan jika Anda menghapus data aplikasi.

Semoga bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button