Cara Membuat Brosur di Word yang Menarik

Aplikasi Microsoft Word di masa kini tidak hanya bisa digunakan untuk mengetik saja, melainkan untuk kebutuhan lain seperti membuat CV, undangan digital, poster, dan brosur. Bagi Anda yang ingin membuat brosur, maka penting sekali untuk mengetahui cara membuat brosur di Word.

Jika ingin mendesain dengan menggunakan Word, maka software ini patut diperhitungkan kualitasnya karena fitur yang disediakan sangat lengkap dan dapat menunjang kebutuhan desain brosur. Dengan memakai Word untuk desain, Anda bisa membuat brosur yang bagus dan menarik.

Cara Membuat Brosur di Word dengan Mudah

Cara membuat brosur di Word sangat tepat digunakan jika Anda mempunyai keterbatasan waktu atau biaya karena belum bisa menyewa jasa desainer grafis. Meskipun demikian, Anda tidak perlu ragu dalam menggunakan Ms. Word karena sangat cepat dan tepat untuk digunakan.

Ada dua opsi yang bisa dipilih untuk mendesain brosur, yakni dengan memakai template atau tanpa template. Langkah-langkah membuat brosur di Word yaitu sebagai berikut:

1. Cara Membuat Brosur dengan Templates

Panduan ini merupakan cara membuat brosur dengan templates secara online. Jadi, pastikan hubungkan laptop atau PC dengan internet.

  1. Buka Ms. Word di komputer Anda, lalu klik menu File yang berada di pojok kiri atas.
  2. Selanjutnya, klik ikon New. Muncul kotak pencarian online untuk mencari templates.
  3. Kemudian, ketik kata pencarian brosur pada kolom Search for online templates.
  4. Klik enter, maka berbagai jenis template brosur akan keluar.
  5. Selanjutnya, pilih Brochures pada bagian Popular categories.
  6. Dari beragam pilihan template yang disediakan, pilih satu template yang paling sesuai. Lalu, klik desain pada template tersebut.
  7. Setelah itu, Anda akan melihat halaman pratinjau brosur.
  8. Klik Create lalu tunggu beberapa saat, Anda sudah bisa mendesain brosur.
  9. Sebagai contoh, Anda memilih template Travel brochure. Lalu, muncul pop-up yang memuat informasi tentang deskripsi template serta ukuran file download.
  10. Jika sudah yakin akan mengunduh template-nya, maka tap tombol Create dan tunggu proses download selesai.
  11. Langkah berikutnya yaitu masukkan informasi yang dibutuhkan. Biasanya, template brosur yang disediakan telah didesain sedemikian rupa untuk menunjukkan format yang rapi dan sistematis. Anda hanya perlu mengganti teks asli dengan informasi yang ingin Anda cantumkan.
  12. Jika ingin mengubah tampilan gambar template, cara menggantinya yaitu dengan tap menu Format. Lalu, pilih opsi Change Picture.
  13. Pilih bagian From a File untuk memilih gambar atau foto dari PC Anda.

Jika menurut Anda koleksi template yang disediakan tidak ada yang cocok dengan selera, maka Anda bisa mengunduh template lainnya di Office Online atau buka situs web resminya https://templates.office.com/.

2. Cara Membuat Brosur di Word Tanpa Template

Jika ingin membuat brosur tanpa template, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini:

  1. Buat file Ms. Word baru, lalu pilih tab Layout.
  2. Setelah itu, akan muncul beberapa submenu lain di bawahnya.
  3. Pilih Margins yang ada di sebelah kiri.
  4. Setelah memilih opsi Margins, maka akan terlihat menu drop-down.
  5. Pilih Custom Margins yang terdapat di bawah menu drop-down. Anda bisa menentukan setiap margin sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Setelah semua selesai diatur klik tombol OK yang berada di sisi bawah jendela.
  7. Jika ingin menggunakan Columns untuk mengatur tampilan, masuk ke menu Page Layout. Lalu, pilih Columns dan tentukan jumlah kolom sesuai kebutuhan.
  8. Langkah berikutnya, masukkan teks yang berisi informasi dan foto atau gambar yang relevan. Caranya yaitu dengan klik menu Home dan tentukan jenis font yang ingin digunakan.
  9. Sedangkan untuk memasukkan foto, klik menu Insert dan klik Pictures.

Kesimpulan

Cara membuat brosur di Word ternyata tidak kalah praktis dengan membuat brosur di software khusus desain. Dengan menerapkan cara di atas, Anda bisa membuat brosur yang berkualitas dan bermanfaat untuk tugas atau pekerjaan Anda.

Jadi, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi editing khusus untuk membuat brosur yang umumnya memiliki syarat spesifikasi yang tinggi. Cukup gunakan salah satu produk office yang mana yaitu word, maka Anda bisa membuat brosur yang menarik.

Semoga bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button