Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Akun FB yang Kena Spam

Apakah akun Facebook Anda tiba-tiba mengirim postingan spam yang mengganggu Anda? Jangan panik, Anda hanya perlu tahu cara mengatasi FB kena spam pada artikel ini.

Facebook adalah media sosial yang masih banyak dipakai saat ini meskipun sudah banyak media baru lainnya yang menarik bagi pengguna internet.

Namun, ada kasus FB yang kena hacker sehingga membuat akun Facebook tersebut mengirimkan postingan atau status tanpa kita ketahui.

Jika ada spam di Facebook tentu ini menyebalkan karena banyak postingan yang tidak dikehendaki muncul di akun Anda.

Mulai dari promosi, link ke website, sampai dengan mengirim video yang tidak senonoh. Lalu, bagaimana cara mengatasi FB kena spam?

Cara Mengatasi FB Kena Spam

Banyak yang sudah melakukan berbagai cara untuk menghapus postingan spam tersebut. Mulai dari menghapusnya berkali-kali sampai melakukan blokir tetapi hasilnya nihil.

Oleh sebab itu, berikut akan dibagikan cara mengatasi FB kena spam yang ternyata sangat mudah dilakukan.

1. Reset Kata Sandi

FB yang kena spam biasanya dikirim dari pengguna lain yang tidak diinginkan. Selain itu, banyaknya konten dan permintaan pertemanan yang banyak juga bisa disebabkan karena peretas yang sudah mendapatkan akses ke akun Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengamankannya dengan mereset kata sandi. Meski Anda sudah tidak bisa login, tetaplah lakukan reset kata sandi agar peretas juga tidak bisa masuk ke akun tersebut.

Caranya yaitu:

  1. Buka Facebook lalu masuk ke menu Cari Akun.
  2. Masukkan email, nomer HP, nama lengkap, atau nama pengguna yang terhubung di FB.
  3. Kemudian, klik tombol Cari.
  4. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang diarahkan oleh Facebook.
  5. Jika masih mengalami spam, Anda bisa melaporkan masalah ini ke Facebook.

Catatan: Anda tidak bisa memakai nomor HP yang sama untuk melakukan reset kata sandi karena faktor keamanan. Jadi, perlu menambahkan nomor HP atau alamat email lain untuk melakukan perubahan kata sandi.

2. Blok Teman yang Spam

Spam ini bisa terjadi karena dari pengguna FB sendiri yang menjadi teman Anda. Mereka bisa membagikan konten sensitif yang membuat postingan beranda Anda menjadi buruk.

Oleh sebab itu, cara mengatasi FB kena spam yaitu dengan memblokir teman tersebut. Bisa juga dengan melakukan report sehingga Facebook akan mempertimbangkan tindakan untuk memblokirnya.

Dengan demikian, teman tersebut tidak akan melakukan spam lagi di postingan Anda.

3. Tinjau Aktivitas Akun

Cara selanjutnya yaitu dengan melihat aktivitas akun Anda apakah ada perangkat lain yang juga masuk ke akun Anda atau ada aktivitas yang mencurigakan. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Jalankan tinjauan ke Postingan atau Suka baru-baru ini.
  2. Cek Log Aktivitas tersebut dan hapus yang tidak diinginkan.
  3. Kemudian, lihat aplikasi dan game yang sudah Anda unduh dari FB.
  4. Hapus yang mungkin berbahaya.
  5. Selanjutnya, hapus juga foto, postingan, grup, atau acara yang bukan Anda buat.
  6. Lalu, laporkan spam tersebut ke Facebook.
  7. Tunggu tanggapan dari FB.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengamankan Anda dan orang lain dari tindakan peretasan.

Cara Kerja FB Menanggapi Laporan Spam

Setelah Anda melakukan laporan ke FB, pihaknya akan menanggapi dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang menghapus postingan tersebut jika melanggar kebijakan.

Ada yang memperingatkan pengguna tersebut, memblokir atau memblokir sementara akun yang dianggap sebagai spam.

Contoh kasusnya adalah ketika Anda ditandai di sebuah postingan dari teman Anda yang memiliki konten yang buruk. Ini bisa mengindikasikan bahwa akun sudah dibajak atau ada malware yang berbahaya.

Oleh sebab itu, Facebook nantinya akan mengirim pesan apa yang mereka lakukan kepada akun Anda ketika Anda menandainya sebagai spam.

Nantinya, FB akan menindaklanjutinya dan menghapus postingan tersebut.

Cara mengatasi FB kena spam perlu dilakukan penindakan agar konten tersebut tidak banyak menumpuk dan dan mendatangkan malware sampai mengganggu teman Facebook lainnya.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button