7 Cara Mengatasi Whatsapp Lemot Agar Lancar Kembali

Pengguna WhatsApp mengeluhkan bahwa aplikasi ini lemot atau lambat kinerjanya secara mendadak. Jika Anda mengalami hal demikian, maka berikut cara mengatasi WhatsApp lemot.

WhatsApp adalah aplikasi komunikasi yang banyak digunakan. Namun, terkadang aplikasi ini seringkali mengalami masalah yang datang secara tiba-tiba.

Pada banyak kasus, masalah dari aplikasi WhatsApp adalah menjadi lemot, lambat, dan sering lag secara tiba-tiba. Hal tersebut memang cukup menjengkelkan jika sering terjadi.

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dan Lag

Terjadinya lemot pada aplikasi WhatsApp jelas mengganggu aktivitas kita sehari-hari khususnya berkomunikasi.

Penyebab WhatsApp lemot sangat beragam, seperti aplikasi WhatsApp yang belum di update hingga cache data yang terlalu penuh.

1. Update Aplikasi WhatsApp Secara Berkala

Update WhatsApp

Penyebab WhatsApp lemot yang pertama adalah tidak melakukan pembaruan atau update aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Jika Anda, sebagai pengguna masih menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama maka kinerja aplikasi tersebut tidak responsif lagi dan cenderung lambat kinerjanya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru melalui Play Store bagi pengguna Android, dan App Store bagi pengguna iOS seperti iPhone dan iPad.

Selain itu cek pembaruan aplikasi WhatsApp secara berkala agar dapat mengupdate ke versi terbaru apabila sudah tersedia.

2. Menghapus Pesan di WhatsApp

Sebagian dari kita seringkali membiarkan pesan yang telah lama tidak penting atau pesan lama. Sehingga kondisi tersebut yang merupakan faktor aplikasi WhatsApp lemot di perangkat Anda.

Terlebih jika Anda menggunakan aplikasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan membuat berbagai pesan tertimbun dan menyebabkan kinerja aplikasi yang menurun dan melambat.

Cara mengatasi WhatsApp lemot dengan penyebab yang demikian adalah menghapus pesan lama dan memang sudah tidak penting lagi.

Cara menghapus pesan WhatsApp yaitu seperti berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.
  2. Pilih pesan atau obrolan chat yang ingin Anda hapus.
  3. Kemudian tekan hingga terdapat ikon sampah muncul di bagian atas menu.
  4. Tap ikon sampah tersebut, lalu pilih Hapus.
  5. Lakukan hal yang sama pada chat yang lainnya.

Anda bisa mengulangi panduan di atas untuk beberapa chat dari kontak Anda yang sudah tidak penting. Dengan begitu, kinerja aplikasi WhatsApp akan lebih lancar.

3. Bersihkan RAM Ponsel Anda

Bersihkan Cache Dengan Cleaner

RAM yang penuh merupakan salah satu penyebab kenapa aplikasi WhatsApp lemot untuk dijalankan dalam waktu yang panjang.

Hal tersebut karena perangkat menjalankan banyak aplikasi yang bersamaan, sehingga menyebabkan aplikasi lemot dan tidak responsif seperti sedia kala.

Langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi WhatsApp lemot yaitu dengan melakukan pembersihan RAM.

Anda bisa menggunakan fitur Cleaner baik dari bawaan perangkat handphone, maupun aplikasi ketiga yang terdapat pada Play Store dan Apps Store.

4. Membersihkan Cache dan Data WhatsApp

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa aplikasi WhatsApp lemot dapat dikarenakan RAM yang penuh. Maka, pada poin ini hampir sama, yaitu data cache yang sudah penuh.

Data cache penuh ini bisa terjadi dikarenakan seperti banyaknya pesan, media, dan file yang telah diterima maupun dibagikan.

Menghapus cache juga dapat mengatasi segala masalah yang terjadi pada aplikasi WhatsApp. Jika Anda merasa belum mengetahui cara menghapus cache, berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan:

Hapus Data WhatsApp
  1. Buka fitur Setting pada perangkat handphone Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Daftar Aplikasi.
  3. Pilih opsi Kelola Aplikasi, lalu cari aplikasi WhatsApp
  4. Setelah itu, tap opsi Hapus data yang berada di bagian paling bawah.

Perlu diketahui bahwasanya cara tersebut tidaklah sama antara perangkat handphone satu dengan yang lainnya dikarenakan bisa jadi antar perangkat memiliki fitur dan tata letak menu yang berbeda.

Akan tetapi pada intinya sama, Anda bisa berpatokan pada konsep di atas karena pada dasarnya tidak akan jauh berbeda.

5. Menghapus Media Terkirim di Folder WhatsApp

Media yang terkirim pada aplikasi WhatsApp dapat menjadi beban jika tidak dihapus secara berkala karena akan menumpuk banyak. Oleh karena itu, hapus media terkirim yang  sudah tidak penting lagi pada folder WhatsApp.

  1. Buka menu File Manager.
  2. Pilih penyimpanan telepon.
  3. Cari folder WhatsApp pada menu penyimpanan telepon.
  4. Hapus media di folder WhatsApp sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Tandai file yang akan Anda hapus, kemudian hapus file tersebut.

Pastikan file yang Anda hapus tersebut sudah tidak penting bagi Anda lagi. Karena file yang sudah dihapus tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Setelah itu, Anda juga bisa menonaktifkan download otomatis media di WhatsApp agar setiap kali media seperti gambar dan video tidak didownload secara otomatis.

6. Restart Ponsel Anda

Restart HP

Cara mengatasi WhatsApp lemot lainnya adalah melakukan muat ulang/restart pada perangkat Anda. Dengan melakukan restart maka perangkat Anda akan melakukan penyegaran sekaligus membersihkan cache di perangkat tersebut.

Setelah melakukan restart maka aplikasi WhatsApp dapat digunakan dengan lancar dan tidak lemot kembali.

Adapun pengguna disarankan melakukan muat ulang setidaknya seminggu kembali agar perangkat handphone dan tidak terjadi kembali aplikasi WhatsApp lemot.

7. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Mencoba meng-uninstall aplikasi WhatsApp pada perangkat handphone Anda merupakan cara mengatasi WhatsApp lemot opsi terakhir.

Jika aplikasi tersebut sudah di-uninstall maka, coba install ulang kembali aplikasi WhatsApp melalui Play Store ataupun Apps Store.

Dalam melakukan penginstalan ulang, jangan mengembalikan file yang dicadangkan. Jika demikian, maka akan menyebabkan aplikasi WhatsApp terpaksa berhenti karena memakan banyak daya pada WhatsApp.

Jika terdapat pesan yang penting untuk Anda simpan, maka lakukan penyimpanan pesan sebagai file teks pada Google Drive terlebih dahulu.

Dengan menyimpan pesan ke dalam Google Drive maka pada saat aplikasi WhatsApp di-uninstall, tidak akan berpengaruh pada file teks tersebut.

Baru setelah nanti proses install ulang sudah selesai, Anda bisa mengembalikan file yang ada pada Google Drive kembali ke WhatsApp.

8. Menurunkan Versi Aplikasi WhatsApp

Setelah Anda sudah mengikuti beberapa tips di atas namun WhatsApp masih saja lemot, maka artinya smartphone yang Anda gunakan memang sudah tidak mampu untuk menggunakan aplikasi ini.

Tetapi bukan berarti tidak ada solusi dari masalah ini. Anda bisa mengembalikan WhatsApp ke versi lama sehingga aplikasi WhatsApp yang digunakan adalah versi yang sudah usang.

Kenapa demikian? Hal ini karena pihak WhatsApp selalu memperbarui aplikasinya, entah itu untuk penambahan fitur ataupun yang lainnya.

Hal tersebut tentu saja akan membuat ukuran dari aplikasi WhatsApp itu sendiri lebih besar sehingga akan membebankan kinerja ponsel lebih berat dan membuatnya justru menjadi lemot.

Penjelasan di atas merupakan penyebab dan cara mengatasi WhatsApp lemot. Jika Anda mengalami hal yang serupa, Anda dapat melakukan cara-cara diatas.

Dan kini Anda tidak perlu khawatir saat aplikasi WhatsApp mulai lemot, lambat, atau sering lag karena Anda bisa mencoba solusi di atas sehingga aplikasi WA yang Anda gunakan tidak lemot kembali.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button