7 Cara Mengatasi Suara HP yang Hilang dan Penyebabnya

Tiba-tiba suara HP Android tidak ada? Anda pasti bingung. Kabar baiknya ada berbagai cara mengatasi suara HP hilang mudah tanpa harus ke jasa servis HP.

Hal ini tentunya lebih menghemat biaya dan tidak perlu repot-repot mencari jasa yang terpercaya. Cobalah simak rangkuman berikut untuk memperbaiki suara HP yang hilang. Berikut pembahasan lengkapnya.

Penyebab Suara HP yang Tiba-Tiba Hilang

Penyebab Suara HP yang Tiba-Tiba Hilang

Secara umum, HP yang seketika tidak mengeluarkan suara bisa disebabkan oleh kerusakan komponen speaker HP atau masalah pada sistem. Di bawah ini beberapa penyebab suara hp hilang yang paling umum terjadi, di antaranya:

1. Kerusakan Komponen Speaker 

Setiap HP mempunyai komponen elektronik yang terdapat pada bagian belakang HP. Kerusakan komponen speaker dapat disebabkan oleh air, misalnya karena speaker HP kemasukan air, sehingga kualitas suara yang dikeluarkan menjadi terpendam dan kresek-kresek.

2. Masalah pada Sistem 

Umumnya suara HP yang hilang akibat masalah sistem biasanya disebabkan oleh bugs. Misalnya karena HP Anda sudah di-root, penumpukan cache atau mungkin terjadi bugs setelah menginstal aplikasi yang tidak kompatibel dengan HP.

3. Sistem Tersambung ke Speaker Bluetooth

Ada kasus di mana sistem mengira HP masih tersambung ke speaker Bluetooth. Hal ini disebabkan oleh sistem yang tidak mendeteksi aktivitas tersebut. Sehingga status HP Anda masih dalam kondisi tersambung pada speaker Bluetooth.

4. Sistem Tersambung ke Headset

Sama seperti kasus di atas, terkadang sistem tidak membaca bahwa HP sudah terlepas dari headset. Alhasil HP tidak menghasilkan suara karena ketidakmampuan sistem membaca aktivitas HP.

5. HP Dalam Keadaan Mute

Anda mungkin lupa bahwa HP masih dalam keadaan mute. Coba dicek kembali di pengaturan HP, mungkin saja Anda sengaja mengatur HP agar tidak mengeluarkan suara.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Keluar Suara

Apabila Anda menyadari penyebab hilangnya suara HP Anda, maka solusi mengatasi suara HP yang hilang bisa diberikan bisa lebih mudah. Namun jika tidak, Anda bisa melakukan pengecekan sistemnya terlebih dulu, baru mengecek komponen.

Pasalnya, suara HP yang hilang tidak melulu disebabkan oleh kerusakan komponen. Selain itu Anda perlu merogoh kocek lagi untuk membeli komponen baru.

Adapun beberapa cara memperbaiki suara HP yang hilang diantaranya adalah:

1. Periksa Volume HP Anda

Langkah pertama dimulai dari mengecek pengaturan HP. Takutnya speaker masih dalam pengaturan mute sehingga tidak mengeluarkan suara. Anda bisa mengeceknya langsung lewat Settings atau Pengaturan.

Agar lebih jelas, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Settings atau Pengaturan.
  2. Temukan menu pengaturan Suara.
  3. Lalu geser volume suara menjadi maksimal.
  4. Kemudian lakukan tes suara HP. 

Apabila masih tidak mengeluarkan suara, lakukan cara berikutnya, yaitu mematikan mode silent. Berikut caranya:

  1. Tarik ke bawah Panel Status Bar yang terdapat di bagian atas layar Android. 
  2. Kemudian buka Profil.
  3. Ubah mode silent menjadi mode luar ruangan.
  4. Setiap HP memiliki pengaturan yang berbeda, namun itulah inti cara mengatasi suara HP hilang lewat menu pengaturan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

mengatasi suara HP hilang

Cara berikutnya bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk memastikan penyebab hilangnya suara HP. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan Bernama SoundAbout. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan dijamin bebas dari virus.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  1. Pastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet, karena Anda akan melakukan pengunduhan aplikasi.
  2. Setelah itu buka Play Store. 
  3. Ketikkan ‘SoundAbout’ pada kolom pencarian.
  4. Temukan dan instal aplikasi tersebut.
  5. Tunggu sampai proses instalasi sepenuhnya selesai.
  6. Jika sudah, jalankan aplikasi SoundAbout.
  7. Buka menu Perangkat Terhubung atau Connectable Device.
  8. Kemudian tekan Wired Headset Settings.
  9. Lalu hapus tanda ceklis dari Wired Headset Detection.

Aplikasi SoundAbout dapat digunakan untuk mengatasi masalah suara HP hilang yang disebabkan oleh sistem, seperti HP yang masih mendeteksi adanya sambungan headset atau mode speaker Bluetooth yang tidak bisa diatasi.

3. Bersihkan Cache HP dari Recovery

Bersihkan Cache HP dari Recovery

Cache adalah data-data sementara yang disimpan oleh HP. Penumpukan cache dapat berujung pada timbulnya beragam masalah pada HP. Salah satunya bugs yang membuat suara HP tiba-tiba hilang.

Untuk membersihkan cache HP dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah, yaitu:

  1. Tahan tombol Power sejenak, lalu tekan Matikan Daya.
  2. Selanjutnya, tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik.
  3. Anda akan diarahkan pada beberapa pilihan, lalu klik Wipe.
  4. Pada mode ini, navigasi dilakukan menggunakan tombol Volume dan Power.
  5. Kemudian pilih Wipe Cache, lalu konfirmasi.
  6. Setelah proses selesai, restart kembali HP Anda.

4. Gunakan Headset

Cara mengatasi suara HP hilang berikutnya dengan menggunakan headset atau earphone. Anda juga bisa menggunakan speaker Bluetooth.

Pasalnya, jika suara HP hanya bisa didengar menggunakan headset dan sejenisnya, artinya komponen HP Anda yang rusak.

Kalau Anda tidak ingin mengeluarkan kocek, solusi tepatnya dengan selalu menggunakan headset. Kerusakan komponen biasanya diakibatkan oleh pengguna sendiri, mungkin akibat jatuh ke air atau terbentur dengan permukaan keras.

5. Lakukan Setelan Pabrik

Reset ke Setelan Pabrik

Apabila Anda yakin kerusakannya berasal dari masalah sistem, Anda bisa menerapkan cara ini. Dengan melakukan setelan ulang, seluruh sistem HP akan dikembalikan seperti semula. 

Perlu diingat, data-data yang terdapat pada HP akan terhapus secara keseluruhan. Pastikan Anda sudah melakukan pencadangan data sebelum menyetel ulang HP. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Gulir ke bawah sampai menemukan menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Lalu tekan pilihan Reset ke Setelan Pabrik.
  4. Seterusnya ikuti arahan yang diberikan.
  5. Jika seluruh proses sudah selesai, lakukan tes suara.

6. Restart HP 

Cara termudah berikutnya hanya dengan melakukan restart HP. Terkadang sistem mengalami bugs kecil yang mempengaruhi speaker HP Anda.

Cobalah restart HP Anda. Agar hasilnya lebih optimal, Anda bisa melepaskan kartu SIM, kartu memori atau komponen lainnya.

Setelah itu pasang kembali komponen yang tadi dilepas dan hidupkan kembali HP Anda. Kemudian tes apakah terdengar suara atau tidak.

7. Perbaiki Speaker HP

cara memperbaiki suara speaker hp yang hilang

Apabila cara-cara di atas belum mampu menyelesaikan hilangnya suara, Anda bisa memperbaiki speaker HP. Seperti yang disebutkan di atas, kerusakan komponen speaker biasa disebabkan oleh pengguna.

Perhatikan cara Anda menggunakan HP, pastikan selalu ditempatkan di tempat kering dan jauh dari cipratan air, lalu jangan biarkan HP terlalu panas. Perbaikan komponen speaker HP bisa dilakukan sendiri di rumah atau oleh jasa servis HP.

Akan lebih baik jika HP masih dilindungi dengan garansi. Anda cukup mendatangi Service Center, dan mereka akan memperbaiki speaker HP Anda tanpa dipungut biaya. Ditambah lagi, komponen yang digunakan dijamin komponen orisinil.

Biasanya komponen speaker dijual dengan harga 100 hingga 150 ribu, dan itu belum termasuk biaya pemasangan. Ada baiknya Anda bertanya terlebih dulu tentang penyebab kerusakan HP, baru tanyakan biaya yang dibutuhkan kepada jasa servis HP. 

Rangkuman cara mengatasi suara HP hilang di atas bisa digunakan oleh segala merek HP. Lakukan perbaikan dari cara termudah, yaitu dengan mengecek pengaturan volume. Apabila suara HP benar-benar tidak ada, langkah terakhir adalah mengganti komponen speaker HP yang rusak. 

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button