Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara menghemat baterai HP Android menjadi tutorial yang populer dicari oleh masyarakat dalam beberapa tahun terakhir ini, seiring dengan meningkatnya aktivitas digital.

Pasalnya, baterai yang tahan lama memang menjadi pertimbangan utama konsumen smartphone sebelum membeli produk. Namun, sebenarnya pemakaian daya pada smartphone Android bisa dihemat secara maksimal sehingga tidak mudah boros.

Penghematan baterai akan sangat penting, terutama bagi Anda yang terhitung sering menggunakan smartphone untuk kegiatan berat seperti bermain game.

7 Cara Menghemat Baterai HP Android

Produsen smartphone Android beberapa tahun yang lalu mencoba untuk melakukan inovasi dengan menghadirkan fitur fast charging. Namun ternyata dilansir dari beberapa media tech internasional, fast charging akan mengurangi kapasitas baterai dalam jangka waktu panjang.

Efek buruk yang terkuak dari fitur fast charging, membuat Anda harus mencoba beberapa alternatif untuk menghemat daya. Penasaran dengan caranya? Anda bisa mengikuti tips menghemat baterai HP Android di bawah ini.

1. Aktifkan Dark Mode

cara menghemat baterai hp android agar tahan lama

Dark mode ternyata dirilis tidak hanya untuk tujuan estetika semata, namun juga dapat menghemat daya pada smartphone Android. Ketika dark mode aktif, maka otomatis baterai tidak perlu bekerja untuk mengkonversi pixel menjadi menyala terang.

Fitur dark mode sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki tipe layar smartphone dengan tipe Organic Light Emitting Diode (OLED) yang didesain agar mampu menampilkan cahaya terang dan ketajaman. Untuk mengaktifkan fitur dark mode, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Buka HP lalu masuk ke menu Settings atau Pengaturan.
  2. Kemudian tap pada Display and Brightness.
  3. Selanjutnya pilih Dark Mode lalu tekan Apply atau Terapkan.
  4. Tekan Tombol Home untuk kembali ke beranda.
  5. Cek apakah fitur Dark Mode sudah terpasang di HP Anda.

Setelah HP anda sudah menerapkan dark mode, maka tampilan HP menjadi gelap sehingga konsumsi baterai lebih hemat dan tidak cepat habis.

2. Menurunkan Pixel Layar HP

Pixoff Battery Saver

Beberapa pengguna Android memang merasa tidak nyaman dengan tampilan atau user interface dari dark mode, meskipun terbukti mampu mereduksi konsumsi baterai.

Jika Anda termasuk sebagai pengguna Android yang tidak nyaman dengan dark mode, ada cara alternatif lain yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan mengatur pixel secara manual melalui aplikasi pihak ketiga yaitu Pixof.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengurangi konsumsi pixel yang banyak menyedot daya baterai secara manual. Berikut cara menggunakan aplikasi Pixoff untuk menghemat baterai HP android:

  1. Buka Google Playstore lalu ketikkan kata kunci Pixoff Battery Saver.
  2. Download aplikasi dan jalankan instalasi sesuai dengan instruksi.
  3. Jalankan aplikasi lalu buka tab Pixel Filter.
  4. Kemudian atur sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Anda juga bisa mengaktifkan dark mode otomatis, apabila kapasitas baterai sudah tinggal sedikit.

Catatan: ketika Pixel dikurangi maka konten visual video yang bersifat High Definition (HD) akan menjadi sedikit buram, kembalikan standar pixel ke pengaturan awal.

3. Matikan Automatic WiFi

cara baterai android tidak cepat habis

Sejak resmi merilis Android Oreo beberapa tahun lalu, developer Android mulai menyisipkan fitur terhubung dengan Wi-Fi secara otomatis atau yang biasa disebut dengan Automatic Wi-Fi.

Fitur ini akan menyambungkan smartphone ke jaringan internet nirkabel, meskipun WiFi dalam keadaan disable.

Namun sayangnya, fitur baru Android Oreo ini bisa mengakibatkan baterai menjadi cepat habis, terlebih bagi Anda yang sebelumnya sudah terhubung ke internet melalui paket data.

Nah, akan lebih baik jika fitur ini dinonaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pergi ke Menu Settings > Network and Internet > WiFi
  2. Pada menu WiFi kemudian Klik WiFi Preferences.
  3. Hilangkan tanda centang atau ceklis pada menu Turn On WiFi Automatically.
  4. Selesai.

4. Aktifkan Fitur Background Restrictions

Aplikasi Android yang beredar saat ini kebanyakan bersifat intensive battery yaitu banyak mengkonsumsi daya baterai. Beberapa aplikasi bahkan masih bekerja di latar belakang (Background) ketika tidak dibuka.

Kerja aplikasi pada latar belakang ini juga menyebabkan baterai menjadi cepat habis, sehingga harus dikurangi dengan mengaktifkan Background Restrictions. Beberapa situs techno bahkan menyebutkan Background Restrictions bisa menghemat hingga 15-20 % daya baterai.

Berikut cara menghemat baterai HP Android:

  1. Pergi ke menu Settings atau pengaturan.
  2. Lalu masuk pada menu Apps & Notifications.
  3. Akan muncul tampilan seluruh aplikasi yang sudah terpasang pada HP Anda.
  4. Tekan salah satu aplikasi yang menurut Anda banyak menyedot daya baterai.
  5. Selanjutnya klik menu Advanced > Battery > Background Restrictions.
  6. Selesai.

5. Matikan GPS pada Smartphone

Cara menghemat baterai HP Android yang berikutnya adalah dengan mematikan GPS. Seperti yang telah diketahui, GPS adalah fitur dalam smartphone yang cukup berguna, namun membuat baterai HP cepat habis.

Pasalnya, GPS pada HP ternyata menyedot daya yang cukup banyak untuk smartphone Android. Daya elektrik pada baterai akan dipaksa untuk mengkonversi daya dalam bentuk sinyal radio GPS secara terus menerus.

GPS memang saat ini menjadi fitur yang cukup sering diaktifkan untuk kebutuhan navigasi aplikasi transportasi daring. Namun, akan lebih baik apabila Anda hanya mengaktifkan GPS ketika hanya dibutuhkan saja, jika tidak sebaiknya dimatikan agar tidak menguras baterai.

6. Hindari Suhu Ekstrim

Baterai pada smartphone pada dasarnya didesain untuk diletakan pada suhu tertentu. Untuk suhu panas misalnya, maksimal smartphone hanya boleh diletakan pada suhu panas maksimal sebesar 35 derajat celcius.

Sementara untuk suhu dingin, jangan letakan smartphone pada suhu dingin hingga 5 derajat celcius. Suhu ekstrim dalam jangka panjang bisa membuat kapasitas baterai menjadi turun secara drastis dan menjadi cepat habis.

7. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper yang bergerak seperti GIF juga bisa menyedot daya pada baterai karena harus daya akan digunakan untuk menggerakan suatu objek secara terus menerus. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan Live Wallpaper agar baterai tetap awet.

Produsen smartphone Android memang sudah berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menghadirkan fitur fast charging. Namun, akan lebih baik jika Anda mencoba terlebih dahulu Cara menghemat baterai HP Android.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button