Cara Menghemat Baterai iPhone

Keluhan beberapa pengguna smartphone saat ini adalah kualitas baterai yang cepat terkuras. Tidak terkecuali bagi para pengguna perangkat iPhone yang sering mengalami hal ini. Namun, ada beberapa cara menghemat baterai iPhone yang bisa Anda terapkan.

Beberapa tips mengatasi baterai iPhone pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Bahkan anda bisa melakukannya langsung pada perangkat iPhone milik anda.

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi dengan baterai iPhone yang boros lagi. Berikut dibawah ini diantaranya.

Perhatikan Kesehatan Baterai

cara hemat baterai iphone

Kesehatan baterai ternyata bisa menentukan apakah kinerja iPhone berjalan dengan dengan baik atau tidak. Ketika baterai sudah tidak sehat, maka biasanya baterai akan cepat terkuras dan membuat kinerja lebih berat.

Berikut cara cek kesehatan baterai iPhone:

  1. Masuk ke menu Settings di perangkat anda.
  2. Pilih opsi menu Battery lalu ke Battery Health.
  3. Buka menu yang bertuliskan Maximum Capacity.
  4. Jika kapasitas berada di atas 80 persen maka baterai masih sehat.
  5. Sedangkan jika di bawahnya, maka anda harus melakukan optimasi.
  6. Masuk ke opsi Optimized Battery Charging agar baterai dapat bekerja dengan lebih maksimal.
  7. Selesai.

Cara ini cukup efektif untuk merawat baterai iPhone agar tetap awet sehingga tidak gampang boros. Anda juga bisa mengikuti beberapa tips selanjutnya dibawah ini.

Aktifkan Fitur Dark Mode

Fitur dark mode kini dihadirkan untuk beberapa produk Apple sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat baterai pada iPhone. Dark mode telah hadir di beberapa produk iPhone atau Apple dengan iOS 13 dan sudah terbukti dapat menghemat baterai dengan lebih baik.

Contohnya pada beberapa produk iPhone dengan layar yang sudah menggunakan OLED. Setiap iPhone yang sudah terintegrasi dengan fitur dark mode biasanya membuat baterai bisa menjadi lebih hemat dari biasanya.

Gunakan Fitur Low Power Mode

Belum banyak yang mengetahui jika fitur low power mode ini bisa menghemat baterai. Low Powe Mode merupakan salah satu fitur dari iPhone yang bisa digunakan pada saat baterai telah mencapai 20 persen. Kemampuan utamanya adalah mengurangi beberapa aktivitas yang ada di latar belakang iPhone.

Selain itu fitur ini akan secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan cahaya pada layar. Ketika digunakan sudah pasti Anda bisa menghemat baterai lebih baik.

Cara menghemat baterai iPhone yang satu ini juga menjadi metode paling mudah untuk dilakukan. Ada beberapa fitur yang tidak dapat berjalan ketika Anda mengaktifkan fitur ini. Seperti untuk melakukan background app refresh dan fetch email misalnya.

Hindari Menutup Aplikasi

Ada beberapa alasan yang mendasari beberapa pengguna Apple tidak boleh menutup aplikasi. Ternyata ketika Anda melakukannya bisa membuat daya baterai terkuras.

Pasalnya, ketika Anda melakukan penutupan aplikasi, akan ada reaksi tertentu yang terjadi pada ponsel. Misalnya, RAM akan bekerja dari awal kembali sehingga akan membuat baterai cepat terkuras.

Membatasi Akses Bluetooth

Akses Bluetooth sudah sejak lama terkenal dapat menguras daya pada baterai iPhone. Banyak pengguna iPhone di luar sana yang mengeluhkan masalah ini.

Namun, anda bisa menambahkan pengaturan tertentu untuk membatasinya agar tidak terus menguras baterai. Setiap pembatasan pada fitur bluetooth akan membuat sistem bekerja menjadi lebih efektif.

Membatasi Fitur Location

Sudah sejak lama iPhone memberikan fasilitas dan layanan location service bagi penggunanya. Tanpa disadari hal ini ternyata bisa menguras baterai sama seperti fitur location dan GPS pada Android.

Fitur ini sebenarnya ditambahkan pada fitur iPhone yang memiliki iOS 13. Pengguna memiliki hak dan akses untuk mengatur kapan iPhone ini harus membagikan data lokasinya.

Membatasi Aktivitas Latar Belakang

Terdapat banyak aktivitas yang terjadi Ketika Anda membuka layar pada iPhone, terutama pada saat Anda sedang sibuk atau melakukan multitasking. Untuk mengatur pembatasan aktivitas di latar belakang, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Caranya dengan masuk ke menu setting kemudian pilih general, tap Background App Refresh untuk mengaturnya. Anda bisa mengatur aplikasi mana yang ingin dijalankan di latar belakang iPhone.

Mengatur Penggunaan Aplikasi

Setiap ponsel pasti memiliki kapasitas tersendiri untuk jumlah aplikasi yang dimuat. Akan tetapi, banyak dari aplikasi yang sering digunakan justru lebih banyak menyedot daya baterai pada ponsel.

Dengan begitu, Anda harus melakukan pengecekan pada beberapa aplikasi yang banyak menyedot baterai iPhone. Caranya, masuk ke menu pengaturan kemudian pilih bagian battery untuk menemukan settingan yang tepat.

Anda akan ditampilkan diagram atau grafik pada aplikasi yang paling banyak menyedot banyak daya baterai. Dengan mengatur penggunaan aplikasi, maka anda bisa memberikan kesehatan baterai lebih baik sehingga dapat bertahan lama.

Matikan Download & Update Otomatis

Cara menghemat penggunaan baterai iPhone adalah dengan mematikan download dan update otomatis. Pasalnya, aktivitas download dan update ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Ketika baterai pada iPhone yang Anda gunakan sedang dalam keadaan lemah, sangat tidak disarankan melakukan aktivitas tersebut. Maka dari itu, anda harus menonaktifkannya agar bisa menghindari pemakaian baterai yang boros.

Membatasi Notifikasi

Banyaknya jumlah notifikasi yang masuk di iPhone ternyata bisa mengakibatkan daya baterai cepat terkuras. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi jumlah dari notifikasi yang muncul.

Hal ini bisa membuat baterai menjadi lebih awet, hemat dan sehat. Biasanya perangkat iPhone yang sudah diatur seperti ini akan memiliki baterai yang lebih efisien dan kinerja yang lebih baik.

Ketika baterai iPhone dengan kondisi yang sehat, maka Anda bisa menggunakannya dengan lebih optimal. Tips dan cara menghemat baterai iPhone yang bisa Anda gunakan diatas bisa menjadi solusi dari masalah anda.

Terutama Ketika Anda sedang traveling dan membutuhkan ponsel yang mampu bertahan lama. iPhone tidak selalu boros dalam penggunaannya jika Anda bisa memahami cara mengaturnya.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button