Cara Merawat Baterai iPhone

Baterai menjadi bagian dari smartphone yang sangat penting sekali untuk menunjang kinerja perangkat tersebut. Apalagi pada smartphone iPhone, dimana mungkin Anda sering mendengar keluhan dari para penggunanya karena tidak tahu cara merawat baterai iPhone.

Baterai iPhone menjadi bagian smartphone yang membutuhkan banyak sekali perawatan khusus oleh para penggunanya. Sebab jika tidak, maka baterai iPhone tersebut akan mudah sekali rusak, seperti menggelembung, mudah habis, dan bahkan sampai mati tidak bisa digunakan sama sekali.

Cara Merawat Baterai iPhone

Jika Anda merupakan pengguna smartphone iPhone, maka harus bisa menerapkan beberapa cara merawat baterai. Pasalnya, jika Anda tidak menerapkan hal tersebut, bisa saja baterai iPhone akan lebih cepat rusak. Berikut ini beberapa caranya:

1. Hindari Bermain Game Saat di Charger

Cara Merawat Baterai iPhone dengan Hindari Bermain Game Saat di Charger

Cara pertama yaitu hindari menggunakan iPhone, terutama untuk bermain game saat sedang di charger. Pasalnya, ini akan berdampak sangat buruk sekali pada umur baterai iPhone yang sedang Anda gunakan.

Penggambarannya baterai iPhone sedang diisi dan pada saat yang sama kapasitas yang ada terus disedot untuk bermain game yang membutuhkan power tinggi. Jika daya yang dibutuhkan game lebih tinggi dari daya yang masuk, maka berdampak iPhone menjadi panas.

2. Atur Cahaya dan Low Power Mode

Atur Cahaya dan Low Power Mode

Maksimalkan juga tingkat kecerahan dan jangan sampai terlalu cerah. Pasalnya, layar iPhone yang terlalu cerah bisa menyebabkan konsumsi baterai yang berlebihan dan berdampak ke ketahanan baterai.

Bagi Anda yang menggunakan iOS 9, bisa menggunakan Low Power Mode. Fitur ini memungkinkan pencahayaan layar secara otomatis, performa akan dimaksimalkan, dan memangkas/memperkecil tampilan animasi sehingga membuat baterai lebih awet.

3. Pakai Kabel USB dan Adapter Berkualitas

Cara Merawat Baterai iPhone dengan Pakai Kabel USB dan Adapter Berkualitas

Cara merawat baterai iPhone selanjutnya adalah selalu usahakan untuk menggunakan kabel USB dan adapter yang memang berkualitas tinggi. Lebih baik lagi Anda memakai kabel produk yang memang dikhususkan untuk smartphone iPhone atau Made for iPhone.

Saat ini banyak sekali pihak produsen kabel USB dan adapter yang menyediakan seri khusus untuk perangkat iPhone. Pasalnya, jika Anda tidak menggunakan barang yang berkualitas, akan berdampak buruk pada baterai iPhone.

Alasan utamanya adalah barang yang tidak khusus iPhone memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan perangkat iPhone. Efeknya arus yang masuk ke dalam baterai bisa tidak beraturan dan bahkan bisa menyebabkan panas yang berlebihan pada perangkat.

4. Berhenti Saat iPhone Suhu Tinggi

Berhenti Saat iPhone Suhu Tinggi

Sebenarnya smartphone iPhone memiliki beberapa aturan suhu, agar bisa digunakan lebih maksimal ketika sedang aktif maupun sedang disimpan. Tentunya jika Anda melebihi batas suhu ini, maka bisa menurunkan performa dan berdampak pada ketahanan baterai iPhone.

Pihak Apple sendiri menerapkan beberapa batas suhu terendah dan batas suhu tertinggi pada setiap perangkat yang dikeluarkannya. Untuk batas normal penggunaan sehari-hari, mulai dari suhu ruang 0 derajat celcius sampai dengan 35 derajat celcius.

Hal yang sangat perlu Anda perhatikan adalah pada masalah penggunaan perangkat iPhone saat aktivitas sehari-hari. Pasalnya, seringkali para pengguna tidak sadar sedang menggunakan iPhone mereka saat suhu kawasan berada di atas 35 derajat celcius.

Itu akan menyebabkan komponen di dalam iPhone ikut memanas dan berdampak pada ketahanan yang mulai berkurang secara perlahan. Mungkin Anda tidak akan menyadari jika komponen iPhone sudah menurun ketahanannya terutama pada baterai.

Jika Anda perhatikan iOS sendiri memberlakukan pembatasan pengisian sampai lebih dari 80%, apabila suhu baterai mengalami kenaikan di atas suhu normal. Untuk amannya gunakan iPhone Anda ketika cuaca sedang baik-baik saja.

Hentikan pemakaian ketika tiba-tiba iPhone Anda terasa panas, karena itu pertanda bahwa suhu di dalamnya juga sedang meningkat.

5. Lepas Case Ketika Sedang Mencharger

Cara Merawat Baterai iPhone dengan Lepas Case Ketika Sedang Mencharger

Mulai sekarang Anda juga harus membiasakan diri untuk melepas case belakang iPhone ketika sedang dalam pengisian. Apalagi beberapa tipe case memiliki ketebalan yang sangat tinggi dan membuat udara di sekitar bodi iPhone tidak bisa keluar.

Jika Anda tidak melepas case, maka bisa berdampak pada suhu bodi iPhone yang meningkat saat sedang dalam pengisian. Panas itu akan menyebabkan baterai menjadi cepat rusak.

Oleh sebab itu, melepaskan case iPhone bisa menjadi solusi untuk merawat baterai iPhone agar lebih awet karena dapat mengalirkan suhu keluar sehingga membuatnya lebih dingin.

6. Kurangi Penggunaan Power Bank

Kurangi Penggunaan Power Bank

Mungkin Power Bank akan membantu Anda saat baterai iPhone tiba-tiba mendadak habis saat sedang ada keperluan.

Namun, sadarkah Anda bahwa penggunaan Power Bank jangka panjang akan menyebabkan baterai iPhone menjadi cepat rusak? Hal tersebut jauh lebih berpotensi daripada tanpa menggunakan Power Bank.

Ini bisa terjadi karena daya yang dikeluarkan oleh Power Bank tidak stabil dan tidak memiliki kualitas sebagai daya yang dihasilkan adapter iPhone. Efeknya baterai bisa menjadi lebih cepat habis dan memiliki umur yang lebih pendek.

Tipsnya adalah selalu usahakan menyiapkan baterai iPhone dalam kondisi penuh sebelum bepergian. Bawalah ke mana saja charger agar bisa digunakan ketika baterai akan habis dan gunakan Power Bank jika kondisi yang sangat mendesak saja.

7. Hindari Penggunaan Baterai Sampai Habis

Cara Merawat Baterai iPhone dengan Hindari Penggunaan Baterai Sampai Habis

Mungkin ini juga menjadi kesalahan yang jarang disadari para pengguna iPhone yaitu membiarkan baterai sampai kosong % baru di charger. Padahal banyak yang mengatakan itu akan berdampak buruk bagi kesehatan baterai Anda.

Untuk menjaga dan merawat baterai, usahakan mencharger ketika sudah ada pemberitahuan baterai lemah. Gunakan saja seperlunya jika memang baterai lemah dan jangan sampai membuat baterai benar-benar kosong.

8. Mematikan iPhone Saat di Charger

Mematikan iPhone Saat di Charger

Sebenarnya ini juga bisa menjadi kebiasaan baik, agar baterai iPhone Anda menjadi lebih awet yaitu mematikan perangkat saat di charger. Fungsinya adalah untuk menjaga suhu perangkat agar tidak naik sangat tinggi ketika sedang di charger.

Nah, itulah beberapa cara merawat baterai iPhone yang bisa Anda terapkan untuk memperpanjang umur baterai. Dengan menjadikan itu semua kebiasaan, maka Anda bisa menjalankan cara di atas dengan mudah sekali.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button