Pengertian VPN: Manfaat, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Sudah tahu pengertian VPN, belum? Dahulu, Virtual Private Network atau lebih mudah disebut VPN merupakan sebuah alat yang dibuat bertujuan untuk menghubungkan jaringan gedung perkantoran satu dengan yang lainnya secara aman. 

Bahkan VPN bisa membuat Anda menggunakan jaringan kantor ketika berada di rumah ataupun tempat lainnya. Nah, pada saat ini, VPN telah banyak digunakan di seluruh dunia dengan tujuan agar bisa mendapatkan koneksi internet secara aman, private, dan mengakses jaringan secara remote. 

Pengertian VPN

Pengertian VPN

Pengertian VPN atau Virtual Private Network sebenarnya adalah layanan koneksi yang dapat memberikan Anda akses ke website secara aman dan bersifat private, yakni dengan cara mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. 

Secara sederhana, VPN ini akan mengkoneksikan smartphone, kemudian tablet, dan juga PC ke komputer lain atau biasa disebut VPN Server yang berada di suatu tempat yang terhubung internet. 

Selain itu, ia akan mengizinkan Anda untuk menjelajahi seluruh hal di internet menggunakan jaringan internet komputer. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengakses apapun di internet, bahkan yang diblokir di negara Anda sekalipun dengan menggunakan komputer (server) negara lain. 

Cara Kerja VPN

Cara Kerja VPN

Untuk memahami lebih dalam tentang pengertian VPN, mengenalnya secara singkat saja tidak cukup. Alangkah lebih baiknya jika Anda juga memahami tentang bagaimana cara kerja VPN, sehingga pengetahuan tentang sistem ini akan lebih sempurna. 

Nah, cara kerja VPN secara sederhananya adalah melakukan enkripsi pertukaran data, bahkan sebelum koneksi internet membacanya, baik di tempat umum maupun bukan. 

Secara kasarnya, jika Anda terhubung dengan jaringan internet menggunakan VPN, maka akses tersebut seperti menggunakan lorong khusus atau jalan rahasia dan tidak menggunakan jaringan utama. 

Server VPN bertugas guna meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin diakses, meskipun situs tersebut diblokir di negara tempat tinggal Anda. 

Jadi, secara otomatis koneksi yang dilakukan akan dikenali oleh sistem sebagai koneksi dari jaringan server VPN dan bukan dari jaringan yang digunakan pada saat itu.  Nah, ketika menggunakan jaringan tanpa VPN, maka secara otomatis koneksi yang dilakukan secara langsung tanpa enkripsi. 

Namun, jika Anda menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan akan terenkripsi dan akan melewati VPN Server terlebih dahulu. 

Daftar Manfaat VPN

Manfaat VPN

Setelah mengetahui pengertian VPN beserta dengan cara kerjanya, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui manfaat dari alat ini. Ada berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan VPN, yakni sebagai berikut ini:

1. ByPass

Dengan menggunakan VPN, Anda bisa melewati perbatasan geografi dengan mudah terhadap situs-situs streaming ataupun video meskipun di negara Anda sudah diblokir. Misalnya saja situs-situs yang dianggap pemerintah dapat membahayakan ketika diakses, dan lain sebagainya. 

Jika di Indonesia menerapkan adanya Internet positif, maka dengan akses bypass dari VPN bisa dengan mudah menghilangkan internet positif dengan mudah.

2. Mengamankan Data di Jaringan Publik 

Selain itu, VPN juga bermanfaat sebagai salah satu alat yang dapat melindungi pertukaran data ketika Anda menggunakan jaringan publik atau jaringan lain yang tidak bisa dipercaya. Jadi, ketika Anda menggunakan jaringan di tempat umum, misalnya cafe, maka data-data akan terlindungi. 

3. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

VPN juga dapat mengamankan informasi pribadi Anda secara anonim, dikarenakan VPN mampu menyembunyikan lokasi Anda secara realtime alias secara langsung. 

Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa mengetahui lokasi Anda ketika melakukan akses internet, di mana pun selagi menggunakan VPN. Sedangkan lokasi yang akan terdeteksi ketika Anda mengakses internet dengan VPN adalah lokasi Server VPN berada. 

4. Data Dienkripsi

Ketika proses pertukaran datang berlangsung antara Anda dan website aplikasi online, secara otomatis data Anda akan dienkripsi. Dengan begitu, meskipun seseorang melihat apa yang perangkat komputer tampilkan atau kirimkan, maka mereka hanya dapat melihat informasi yang terenkripsi. 

Sedangkan data-data yang bersifat mentah, tidak dapat mereka lihat atau akses. Jadi, ketika menggunakan VPN, secara otomatis data-data tidak akan bocor. 

5. Enkripsi Informasi Perangkat

Selain keempat manfaat yang sudah disebut dan jelaskan sebelumnya, salah satu manfaat yang sangat berarti dari penggunaan VPN adalah dapat mengenkripsi informasi perangkat yang Anda gunakan. 

Dengan begitu, seseorang tidak akan dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan untuk berselancar atau mengakses internet ketika menggunakan VPN, bahkan apa yang Anda lakukan dengan perangkat tersebut pun tidak bisa diidentifikasi. 

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Jangan hanya terpaku pada besarnya manfaat VPN, karena semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing begitu juga dengan alat canggih satu ini. Agar Anda bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan alat satu ini, maka silahkan simak kelebihan serta kekurangan VPN berikut:

Kelebihan:

  1. Kerahasian terkait segala macam data-data yang Anda akses dan miliki jauh lebih aman.
  2. Anda akan dengan mudah mengakses seluruh website, meskipun website sudah diblokir sekalipun di negara tempat tinggal Anda. 
  3. Identitas IP asli Anda tidak dapat terdeteksi secara langsung atau tidak dapat diketahui ketika menggunakan VPN. 
  4. Akses jaringan dari lokasi berbeda. 

Kekurangan:

  1. Koneksi internet yang menggunakan VPN terkadang melambat daripada koneksi pada umumnya, sehingga jika buru-buru tentu tidak akan menguntungkan bagi Anda. 
  2. Selain koneksi internet melambat, koneksi juga tidak bisa stabil.
  3. Konfigurasi manual cukup rumit. 
  4. Adanya batasan pengguna, sehingga tidak dapat digunakan oleh pengguna dalam jumlah banyak.

Daftar VPN Gratis

Tentu saja alat secanggih ini dibanderol dengan harga cukup tinggi, sehingga harus mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi, banyak bermunculan VPN tanpa biaya alias gratis. 

Jika Anda membutuhkan VPN, namun tidak ingin mengeluarkan biaya, maka lebih baik menggunakan VPN gratis yang bisa dilihat daftarnya berikut ini:

1. Hotspot Shield

Hotspot Shield menyediakan layanan VPN premium, namun tenang saja karena aplikasi ini juga menawarkan layanan gratis alias free. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencegah situs-situs yang mengandung malware akan tetapi hanya bisa digunakan satu perangkat saja. 

2. Tunnel Bear

Aplikasi VPN kedua yang bisa dicoba adalah Tunnel Bear, cukup powerfull meskipun sederhana, Tampilan dari aplikasi ini juga menarik dan human friendly, sehingga mudah digunakan. 

Ada dua versi juga yang ditawarkan oleh Tunnel Bear, yakni layanan premium dengan segudang fitur mumpuni serta versi gratis yang layak untuk dicoba. Nah, versi gratisnya bisa digunakan dengan kapasitas penggunaan mencapai 500 MB. 

3. Hide.me

Tak hanya dua aplikasi di atas yang menawarkan layanan VPN gratis, karena masih ada satu aplikasi lagi, yakni Hide.me. Asal aplikasi ini adalah negara Malaysia, namun sudah memiliki puluhan server di seluruh dunia. 

Lebih banyak kapasitasnya, versi gratis dari Hide.me bisa Anda gunakan sampai dengan 3 GB setiap bulannya. Wah, kapasitas yang cukup besar, bukan?

Nah, jika Anda ingin yang lebih, maka bisa menggunakan versi premium alias versi berbayar. Bagaimana? Berminat menggunakan Hide.me? 

Dengan mengetahui pengertian VPN dan informasi lainnya, maka akan sangat membantu Anda yang sedang membutuhkan alat ini namun enggan untuk mencobanya. Ingat, meskipun banyak manfaatnya, VPN masih memiliki kekurangan sehingga Anda perlu bijak menggunakannya. 

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button