Pengertian Zoom Meeting: Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Pengertian Zoom Meeting adalah platform yang berfungsi untuk mengadakan video telekonferensi secara online. Zoom Meeting telah tersedia untuk berbagai platform, mulai dari Android, iOS, Windows dan lain sebagainya. Dengan Zoom Meeting, pertemuan online bisa dilakukan dengan simpel dan mudah.

Zoom Meeting menjadi aplikasi yang populer dan banyak digunakan, khususnya sejak pandemi Covid-19. Penerapan PPKM dan WFH memaksa kegiatan sosial seperti sebelumnya berubah. Zoom Meeting pun mulai digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari online school hingga online meeting.

Pengertian Zoom Meeting

Pengertian Zoom Meeting

Jadi, apa pengertian dari Zoom Meeting? Zoom sendiri adalah aplikasi yang membuat Anda bisa melakukan obrolan maupun pertemuan online. Aplikasi ini memanfaatkan termutakhir, yaitu teknologi cloud computer yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan 256-bit TLS encryption.

Aplikasi Zoom dikembangkan oleh Zoom Video Communications, Inc, yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Zoom didirikan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan, dan diluncurkan ke publik 2 tahun setelahnya, yaitu tahun 2013.

Berkat Zoom, Anda bisa tetap terhubung dengan orang lain tanpa harus tatap muka secara langsung. Anda bisa melakukan webinar, meeting, chatting, diskusi dalam sebuah channel dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sudah tersedia untuk berbagai platform, mulai dari Android, iOS, Windows, MacOS, LinuxOS dst.

Sekarang, Zoom menjadi salah satu aplikasi video telekonferensi dengan pengguna terbanyak. Aplikasi ini menjadi alternatif selain Google Meet, GoToMeeting, Teams dan lain sebagainya. Jika ingin mencari salah satu yang terbaik, Zoom sangat direkomendasikan.

Fitur Utama Zoom Meeting

Fitur Utama Zoom Meeting

Sebelum menggunakan Zoom Meeting, Anda harus memahami terlebih dahulu fitur-fitur penting yang ada di dalamnya. Sebenarnya, Zoom Meeting memiliki layanan dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu Zoom Meeting, Zoom Webinar dan Zoom Room.

Zoom Meeting berguna untuk meeting online kapanpun dan dimanapun. Zoom Webinar berguna untuk event webinar yang diadakan kampus, sekolah dan lainnya. Sedangkan Zoom Room berguna untuk meeting dalam ruangan dengan fungsi dan alat yang lebih komplit.

3 layanan di atas memiliki fitur yang sama, yaitu seperti di bawah ini :

1. Dukungan Audio dan Video

Sebagai aplikasi untuk menggelar telekonferensi video, Zoom Meeting mendukung audio maupun video. Ya, saat Zoom Meeting berlangsung, pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan video saja, audio saja atau dua-duanya.

Menariknya, audio dan video di Zoom Meeting sudah support HD, yang akan bikin nyaman selama meeting berlangsung. Karena memiliki kualitas HD, video yang Anda lihat akan jelas, begitu pula dengan audio yang Anda dengarkan.

Zoom Meeting yang support audio dan video ini juga sangat menguntungkan. Pengguna bisa memiliki opsi untuk mengaktifkan salah satu dari keduanya. Ya, biasanya pengguna hanya mengaktifkan audio saja demi menghemat kuota internet.

2. Share Screen

Fitur ini sangat penting, khususnya bagi pemateri, karena bisa membagikan layar komputer ke Zoom Meeting. Dengan fitur ini, Anda bisa membagikan layar komputer yang terbuka, mulai dari dokumen, file di Google Drive, PPT dan lain sebagainya.

Biasanya, yang sering dibagikan adalah PPT, yang memuat slide presentasi. Ini mutlak memudahkan pemateri yang ingin memperlihatkan materinya kepada peserta meeting. Jadi materi akan lebih dipahami peserta dengan mudah.

3. Penjadwalan

Fitur Zoom Meeting selanjutnya adalah penjadwalan, dimana pengguna bisa menjadwalkan meeting selanjutnya. Gunanya adalah, agar peserta meeting tidak akan lupa dengan meeting yang akan dilaksanakan, mereka pun bisa siap-siap sebelumnya.

Ketika Anda ingin menjadwalkan meeting, bisa menentukan tanggal dan waktu sesuai kesepakatan. Nanti, jadwal meeting tersebut bisa di-forward kepada peserta yang akan mengikutinya. Di versi gratis, Anda bisa meeting hingga 40 menit, namun di versi berbayar bisa lebih panjang.

4. Keamanan

Jangan khawatir, Zoom Meeting sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih. Semua komunikasi dan data yang terjadi di Zoom Meeting telah dienkripsi dengan teknologi keamanan 256-bit TLS encryption.

Memang pernah terjadi kontroversi, yang menuduh bahwa Zoom Meeting tidak seaman yang dibayangkan. Namun, kasus tersebut sudah lama, dan Zoom Meeting pun telah berbenah menciptakan platform meeting yang aman 100%.

5. Chat

Diskusi di Zoom Meeting tidak harus Anda lakukan melalui audio, karena aplikasi sudah dibekali dengan fitur chat. Jadi, bagi yang ingin berdiskusi namun terlalu malu untuk mengaktifkan audio, bisa mengetikkan pertanyaan atau pendapatnya di chat.

Menariknya, semua chat yang terjadi saat meeting akan tersimpan dengan baik di history. Jadi Anda bisa kembali membaca chat tersebut jika ada yang kurang jelas. Di chat, Anda juga bisa membagikan screenshot, gambar hingga dokumen, yang akan tersimpan di server selama 10 tahun.

6. Recording

Anda tidak sempat ikut meeting? Jangan khawatir, Zoom Meeting sudah dibekali dengan fitur recording. Ya, admin bisa merekam meeting yang sedang berlangsung untuk kemudian menyimpannya dengan aman di komputer.

Ini kabar baik bagi peserta yang tidak ikut atau join meeting, karena mereka tetap bisa menonton video meeting meskipun tidak secara langsung. Hasil rekaman akan langsung tersimpan di komputer, butuh untuk bayar sekitar 40 dollar agar bisa menyimpannya di cloud.

7. Reactions

Berdiskusi di Zoom Meeting lewat chat akan semakin menyenangkan berkat fitur reactions. Dengan fitur ini, pengguna bisa memberikan reaksi kepada pengguna lain lewat chat yang menarik dan seru. Jadi, diskusi pun bisa berjalan dengan tidak terlalu menegangkan berkat reaksi yang bisa mencairkan suasana.

Masih banyak fitur lain dari Zoom Meeting, yang akan membuat Anda merasa nyaman dan mudah ketika harus mengadakan atau mengikuti meeting online. Aplikasi ini bisa digunakan gratis, namun jika ingin fitur yang lebih lengkap bisa berlangganan paket premium.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

1. Cara Daftar Zoom Meeting

  1. Buka browser, kunjungi https://zoom.us/signup.
  2. Isi bulan, hari dan tahun lahir dan klik Continue.
  3. Masukkan alamat email, link verifikasi akan dikirimkan ke email tersebut.
  4. Klik Sign Up untuk melanjutkan.
  5. Buka email lalu klik Activate Account
  6. Selesai, selanjutnya Anda bisa membuat meeting baru atau join a meeting.

2. Cara Membuat Meeting Baru di Zoom Meeting

  1. Login ke Zoom menggunakan email dan password.
  2. Login juga bisa menggunakan akun Google dan Facebook.
  3. Setelah berhasil masuk ke Zoom, klik New Meeting.
  4. Setelahnya akan muncul jendela untuk meeting.
  5. Anda bisa mengundang orang lain untuk ikut dengan mengirimkan link.

3. Cara Bergabung ke Meeting

Cara bergabung dengan meeting yang diadakan orang lain sangat mudah, bisa melalui link undangan. Hebatnya, Anda tidak perlu login ke Zoom jika hanya bergabung ke meeting. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka website atau aplikasi Zoom.
  2. Klik Join Meeting (tanpa login).
  3. Masukkan ID Meeting, masukkan nama lalu klik Join.
  4. Masukkan passcode meeting untuk bergabung.
  5. Selesai.

Kesimpulan

Pengertian Zoom Meeting sangat mudah dipahami, yaitu platform yang memungkinkan Anda bisa mengadakan atau mengikuti pertemuan online. Aplikasi ini memiliki banyak fitur bermanfaat, dan sudah bisa digunakan multiplatform.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button