Cara Aktivasi Windows 7

Apakah anda baru saja menginstal windows 7 atau anda mengalami masalah karena muncul peringatan expired not genuine? Maka, cara aktivasi windows 7 wajib anda ketahui agar kinerja laptop atau PC menjadi normal.

Meskipun pada tanggal 14 Januari 2020 pihak microsoft mengumumkan bahwa mereka sudah berhenti memberikan update windows 7, namun masih banyak pengguna windows yang masih nyaman menggunakannya. Alasannya yaitu karena windows 7 memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan versi di atasnya.

Selain itu, windows 7 sering kali dianggap lebih stabil, mudah dipahami, lebih ringan sehingga dapat digunakan untuk spesifikasi komputer yang rendah dan mendukung hampir semua software yang telah ada.

Apabila anda baru saja menggunakan windows 7 atau menginstal ulang window 7, maka anda wajib mengaktifkannya. Karena jika tidak, windows 7 akan expired dan anda akan lebih sering mengalami kendala.

Cara Aktivasi Windows 7 Permanen

Untuk mengaktifkan windows 7 termasuk pekerjaan yang sangat mudah. Anda bisa mengaktifkan windows 7 Ultimate, Professional, maupun versi lainnya dalam 32 bit dan 64bit secara offline.

Saking mudahnya, ada beberapa pilihan cara untuk aktivasi windows 7 mulai dari menggunakan activator genuine, tanpa product key dan bahkan hanya menggunakan CMD saja.

Catatan: Apabila anda gagal ketika mendownload file aktivator maupun saat membukanya. Artinya anda harus menonaktifkan antivirus, firewall, dan koneksi internet terlebih dahulu agar tidak terjadi kendala tersebut.

Windows Loader

cara aktivasi windows 7 dengan windows loader

Windows Loader adalah aktivator windows 7 yang cukup populer saat ini. Dengan menggunakan software ini, maka anda bisa mengaktifkan windows 7 tanpa harus memiliki product key untuk sebagai aktivasi.

Cara aktivasi windows 7 dengan windows loader:

  1. Pertama nonaktifkan antivirus yang ada di laptop atau PC.
  2. Setelah itu download file aktivator nya disini.
  3. Kemudian ekstrak file dan matikan koneksi internet.
  4. Jalankan aplikasi dengan klik kanan > Run As Administrators.
  5. Loader akan terbuka dan menampilkan spesifikasi windows.
  6. Klik tombol Install untuk memulai aktivasi windows 7.
  7. Anda harus menunggu hingga proses tersebut selesai.
  8. Langkah terakhir restart laptop atau PC anda.

Sangat mudah bukan? Setelah PC atau laptop anda sudah restart dan aktif kembali, maka sudah dipastikan windows 7 sudah berhasil di aktivasi tanpa harus memasukkan product key.

KMSPico

aktivasi windows 7 permanen tanpa product key

Software yang berikutnya yaitu bernama KMSPico yang juga sangat populer sebagai aplikasi yang mampu memberikan akses penuh pada windows 7 tanpa memerlukan product key. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan untuk mengaktifkan windows 7 secara permanen.

Cara mengaktifkan windows 7 permanen tanpa product key:

  1. Download aplikasinya terlebih dahulu disini.
  2. Kemudian ekstrak file rar yang telah di download.
  3. Double klik file exe untuk menjalankannya.
  4. Pada jendela instalasi, klik tombol Next.
  5. Centang kolom Accept Agreement lalu klik Next.
  6. Tahap instalasi kmspico akan berjalan.
  7. Tunggu proses tersebut hingga selesai.

Apabila anda mengalami masalah ketika melakukan langkah langkah di atas, maka pastikan untuk mematikan antivirus atau firewall pada windows 7 terlebih dahulu.

Nah, setelah anda berhasil mengikuti panduan di atas, jangan lupa untuk melakukan restart pada laptop atau PC anda agar proses aktivasi windows 7 berhasil diterapkan.

Aktivasi Windows 7 Dengan CMD

cara aktivasi windows 7 dengan cmd

Jika anda tidak ingin menggunakan software aktivator untuk mengaktifkan windows 7, maka dengan CMD mungkin bisa menjadi solusinya. Seperti yang kita ketahui, CMD merupakan fitur bawaan dari windows sehingga anda tidak perlu menginstal software tambahan apapun dan bisa dilakukan offline.

Berikut cara aktivasi windows 7 dengan CMD:

  1. Klik ikon windows yang berada di bagian pojok.
  2. Ketikkan CMD di kolom pencarian untuk mencarinya.
  3. Klik kanan CMD lalu pilih opsi Run As Administrator.
  4. Setelah terbuka, ketik slmgr -rearm di jendela CMD.
  5. Kemudian tekan tombol Enter untuk mengirimkan perintah.
  6. Terakhir, restart PC atau laptop anda.
  7. Selesai.

Catatan: Perintah yang dikirimkan ke CMD tersebut pada dasarnya untuk menambah aktivasi windows 7. Penambahan aktivasi ini memiliki batasan yaitu hanya 3x saja dengan total selama 120 hari.

Cara Aktivasi Windows 7 Tanpa Software

Cara yang terakhir yaitu anda wajib memiliki sebuah product key yang valid sehingga bisa digunakan untuk mengaktifkan windows 7 pada PC atau laptop anda. Untuk melakukannya, anda hanya perlu koneksi internet agar online dan memvalidasi product key tersebut.

Walaupun product key windows hanya bisa didapatkan dari membelinya secara legal. Namun tidak perlu khawatir, anda bisa mengambil product key yang sesuai dengan edisi windows 7 anda pada link disini.

Berikut langkah langkah memasukkan product key windows 7:

  1. Pergi ke menu Start > Control Panel > Windows Activation.
  2. Klik opsi Activation Windows Online Now.validasi product key
  3. Kemudian masukkan product key yang anda miliki.
  4. Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai.
  5. Jika berhasil, akan muncul pesan Activation was successful.aktivasi windows 7 online
  6. Selesai.

Sekarang fitur pada Windows 7 bisa digunakan dengan lancar tanpa perlu khawatir lagi muncul pesan error maupun kendala yang lainnya.

Itulah beberapa cara aktivasi windows 7 secara permanen yang bisa dilakukan. Cara manakah yang efektif bagi anda? Apakah menggunakan software? Tanpa product key dengan cmd? Atau memvalidasi product key yang anda miliki?

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button