Cara Cek Garansi iPhone

Dengan mengetahui cara cek garansi iPhone, maka anda bisa mengurangi kerugian ketika membeli iPhone. Pasalnya, sudah banyak beredar iPhone palsu atau KW sehingga tidak bisa untuk mengklaim garansinya.

Sudah cukup banyak penjual iPhone yang mengambil barang dari black market dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan mereka rela menyebutkan bahwa produknya resmi yang sebenarnya merupakan barang KW.

Jika dilihat dari segi fisik, iPhone asli dan palsu akan sulit untuk dibedakan. Hal ini disebabkan karena iPhone palsu dibentuk dengan sedemikian rupa agar mirip dengan iPhone asli atau resmi.

Cara paling ampuh untuk memastikan keasliannya iPhone yaitu dengan mengecek IMEI. Setelah itu anda harus memeriksa apakah IMEI tersebut valid untuk klaim iPhone atau tidak.

Ada beberapa jenis garansi iPhone yang tersedia di pasaran. Jika anda ingin mengetahui perbedaannya, berikut ulasannya dibawah ini.

Jenis Garansi iPhone

Garansi iPhone memiliki jenis yang berbeda-beda. Anda harus memahaminya terlebih dahulu agar anda tidak kesulitan dalam klaim garansi.

Garansi Internasional

Garansi Internasional merupakan garansi yang diberikan ke produk Apple secara resmi. Perangkat iPhone yang bergaransi internasional hanya bisa didapatkan di negara yang sudah berlangganan produk Apple.

Biasanya produk yang bergaransi internasional ini akan unlock ketika membeli di negara asalnya. Kekurangan dari iPhone dengan garansi ini adalah pengguna di indonesia akan kesulitan dalam mengklaim garansi.

Contohnya, Anda membeli produk Apple di negara singapura namun ingin mengklaim garansi resmi di Indonesia. Sudah pasti hal tersebut tidak akan bisa dilakukan karena di indonesia sendiri belum berlangganan produk Apple.

Garansi Resmi

Saat ini, kebanyakan pengguna iPhone ingin mendapatkan garansi iPhone yang resmi. Pasalnya, garansi ini diberikan oleh Apple kepada beberapa perusahaan atau distributor yang berlokasi di suatu negara.

Di Indonesia, garansi resmi iPhone sudah tersedia dan dimiliki oleh beberapa perusahaan atau distributornya. Garansi yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut memiliki jangka waktu tertentu.

Dengan adanya garansi ini akan membuat pengguna di Indonesia menjadi lebih nyaman dalam mengklaim garansi. Meskipun mencari reseller resmi Apple di Indonesia bisa dibilang masih cukup sulit.

Garansi Distributor

iPhone yang masuk ke suatu negara secara tidak resmi umumnya hanya mendapatkan garansi distributor. Biasanya harga iPhone akan lebih murah dibandingkan dengan produk yang resmi.

Garansi ini hanya dapat ditanggung oleh pihak distributor yang memasukan produk ke Indonesia. Anda tidak bisa mengklaim kerusakan ke gerai resmi seperti service center apple.

Meskipun memiliki harga yang lebih murah, Anda harus tetap berhati-hati karena banyak yang menjual iPhone rekondisi yang menerapkan garansi distributor. Jadi, pastikan anda membeli iPhone dari distributor yang sudah terpercaya.

Garansi Toko

Garansi toko sering ditemukan pada iPhone yang berasal dari black market, apple palsu, KW, refurbish, dan supercopy. Garansi ini tidak memiliki sangkut paut apapun terkait dengan perusahaan apple yang resmi.

Umumnya, garansi ini berjalan dari kepercayaan antara pembeli dan penjualnya. Setiap pembelian di tempat yang memberikan garansi toko hanya memberikan jangka waktu 1 bulan saja dari tanggal pembelian.

Meskipun harga iPhone lebih murah dan jauh berbeda dengan iPhone asli, namun kualitas yang ditawarkan harus anda pikirkan kembali.

Jenis Garansi iPhone di Indonesia

Setelah melihat beberapa penjelasan terkait jenis garansi iPhone diatas, kini Anda bisa mengerti kenapa iPhone dengan garansi internasional tidak bisa diklaim di Indonesia.

Lalu iPhone dengan garansi apa saja yang tersedia di pasaran indonesia? Berikut diantaranya.

iPhone garansi internasional

Meskipun jenis iPhone hanya dapat dibeli di negara lain karena di indonesia masih belum berlangganan produk iPhone. Namun tidak sedikit orang di indonesia yang tertarik dengan iPhone bergaransi internasional.

iPhone garansi resmi

iPhone garansi resmi ini sebenarnya lebih tepat disebut dengan garansi distributor. Pasalnya garansi ini diberikan oleh distributor resmi Apple yang ada di Indonesia, misalnya seperti iBox.

iPhone refurbish

iPhone refurbish merupakan iPhone yang mendapatkan rekondisi dari pihak Apple sendiri. Produk iPhone ini memiliki garansi resmi dan terpercaya. Namun karena produk ini rekondisi, maka mesin yang yang digunakan berasal dari barang gagal produksi.

iPhone rekondisi

iPhone rekondisi lebih sering ditemukan di seri lama iPhone yang sudah tidak laku seperti iPhone CDMA, 4, hingga seri 5. iPhone ini menggunakan sparepart bekas dan diberikan garansi distributor selama 1 tahun.

iPhone Rekondisi Black Market

Di beberapa negara terutama di Indonesia, penjual iPhone dengan jenis rekondisi black market cukup banyak ditemukan. Anda perlu berhati-hati dengan produk iPhone ini meskipun harga yang ditawarkan cukup murah. Umumnya garansi yang diberikan hanyalah garansi toko selama 1 bulan saja.

iPhone Supercopy / Palsu / KW

iPhone ini biasanya mematok harga yang sangat murah hingga 10 kali lipat dibawahnya. Meskipun dari segi penampilan iPhone jenis ini sepintas cukup mirip dengan aslinya, namun anda akan menemukan banyak perbedaan ketika diperhatikan secara seksama.

Pasalnya, material yang digunakan terbuat dari bahan plastik. Selain itu, sistem operasi yang digunakan bukanlah iOS sehingga sangat banyak perbedaan di dalamnya.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone Lewat Imei

Setelah anda sudah memahami apa saja garansi iPhone dan mengetahui produk iPhone di pasaran indonesia. Kini anda harus mengecek garansi iPhone lewat imei atau nomor seri agar anda bisa mengklaim garansi dengan mudah.

Berikut cara cek garansi iphone:

  1. Buka menu Settings di iPhone anda.
  2. Kemudian masuk ke menu General.
  3. Lalu pilih opsi menu About.
  4. Maka akan muncul serial number iPhone.
  5. Kunjungi halaman Perlindungan Garansi iPhone
    .
  6. Isi kolom dengan nomor serial iPhone anda.
  7. Isi juga kolom kode untuk verifikasi, lalu klik Lanjutkan.
  8. Selesai.

Setelah anda sudah mengikuti panduan diatas, maka anda akan diarahkan ke halaman yang memberikan informasi dari garansi iPhone mulai dari tanggal pembelian, dukungan teknis, dan perlindungan perbaikan dan servis.

Tips Sebelum Membeli iPhone

Dalam membeli iPhone, tentu saja kita tidak ingin mendapatkan produk yang tidak sesuai keinginan bukan? Nah, apabila anda ingin membeli iPhone, maka ada beberapa tips yang harus anda perhatikan terlebih dahulu.

  • Beli di toko distributor resmi Apple.
  • Buka dus dan cek keaslian produk di toko.
  • Cek garansi iPhone menggunakan cara diatas.
  • Periksa apakah terdapat kartu garansi di dalam dus.
  • Cocokkan apakah IMEI body iPhone sesuai dengan yang ada di dus.

Pastikan untuk membeli iPhone di toko distributor resmi untuk menghindari barang palsu. Sekian beberapa cara cek garansi iPhone secara lengkap lewat imei atau nomor seri. Selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button