7 Cara Mengatasi iCloud yang Penuh di iPhone Semua Versi

iCloud iPhone yang penuh pasti cukup menjengkelkan karena tidak lagi bebas menyimpan file atau aktivitas penyimpanan lain. Cara mengatasi iCloud penuh di iPhone pun dibutuhkan agar penyimpanan awan tersebut bisa digunakan secara normal lagi.

Pada dasarnya, cara untuk membebaskan penyimpanan pada iCloud tidak jauh berbeda seperti media penyimpanan lain seperti penyimpanan internal maupun kartu memori eksternal.

Untuk lebih detailnya langsung saja simak pembahasan tentang mengatasi iCloud penuh di bawah ini.

Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah

Cara Mengatasi iCloud Penuh

Berikut adalah beberapa cara untuk bisa mengatasi iCloud yang penuh, terutama pada iPhone.

1. Menambah Kapasitas pada iCloud

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kapasitas iCloud yang sudah penuh adalah dengan menambah kapasitasnya. Karena iCloud adalah jenis penyimpanan awan, maka Anda tidak perlu membeli tambahan memori fisik seperti layaknya kartu SD atau semacamnya.

Anda cukup menyewa ruang penyimpanan di awan tersebut dengan harga tertentu. Karena iCloud menawarkan berbagai harga menarik untuk penyimpanan yang mereka sediakan.

Mulai dari 15 ribu saja untuk 50 GB hingga 145 ribu untuk 2 TB. Anda bebas memilih kapasitas dengan harga berapapun sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Harga di atas merupakan harga per bulan. Jadi pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk berlangganan agar file tetap aman di penyimpanan awan iCloud.

2. Bersihkan Data dari iCloud Email

Dari segi pengaturan email, iCloud memiliki kesamaan dengan Google Drive. Dimana file-file email beserta lampirannya akan ikut tersimpan pada iCloud yang secara otomatis akan memakan kapasitas penyimpanan pada akun iCloud Anda.

Solusinya tentu saja cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkan data-data pada email yang sudah tidak penting atau tidak dipakai lagi. Anda juga bisa menghapus data-data lampiran yang tidak penting untuk memberikan lebih banyak ruang kosong pada iCloud.

Untuk cara lebih jelasnya Anda bisa ikuti langkah berikut:

  1. Buka perangkat iPhone Anda.
  2. Masuk ke aplikasi email.
  3. Pilih email yang sudah tidak digunakan atau sudah tidak penting lagi.
  4. Tekan dan tahan email tersebut.
  5. Pilih opsi hapus.
  6. Selesai.

Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa langsung menghapus semua email spam dan sampah. Karena besar kemungkinan email-email yang ada di sini tidak penting dan tidak Anda butuhkan.

3. Hindari Mencadangkan Semua Aplikasi

Cara mengatasi iCloud penuh di iPhone selanjutnya adalah dengan tidak mencadangkan semua aplikasi yang Anda miliki. Karena pada dasarnya iPhone menyediakan fitur pencadangan otomatis yang terhubung dengan iCloud.

Dimana setiap aplikasi yang dihubungkan akan secara otomatis dicadangkan data-datanya dan aktivitas ini cukup memakan banyak kapasitas memori iCloud yang Anda miliki.

Solusinya, Anda tidak perlu menghapus semua pencadangan aplikasi. Tapi cukup cadangkan aplikasi yang penting saja. Cara untuk membatasi pencadangan aplikasi ada di langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke iCloud.
  2. Masuk menggunakan akun yang Anda miliki.
  3. Pilih aplikasi dan Anda akan mendapatkan aplikasi apa saja yang terhubung dengan iCloud.
  4. Seleksi aplikasi mana saja yang boleh dicadangkan pada akun iCloud Anda.

Dengan membatasi pencadangan aplikasi ini, diharapkan kapasitas iCloud tidak selalu bertambah secara otomatis akibat data backup dari masing-masing aplikasi.

4. Menghapus File Tidak Penting

Menghapus file yang tidak penting adalah cara mengatasi akun iCloud penuh yang cukup ampuh. Karena Anda bisa langsung mengetahui file apa saja yang terlalu banyak memakan ruang pada penyimpanan iCloud.

Pada banyak penyimpanan iCloud, file besar yang memakan banyak ruang merupakan file media. Seperti foto dan video. Apalagi jika keduanya memiliki kapasitas dan kualitas yang tinggi, maka ukurannya bisa semakin besar.

Untuk masalah ini, Anda bisa menghapus foto, video, dan audio sampah yang tidak digunakan lagi. Jika semuanya masih penting, Anda bisa mencadangkannya dengan menggunakan memori fisik atau layanan penyimpanan awan lain seperti Google Drive.

5. Kurangi Data Backup

Bagi para pengguna iPhone, akun iCloud adalah tempat dimana mereka menyimpan file-file backup yang terkadang cukup penting. Tapi tak jarang pula file-file tersebut banyak yang sudah usang dan membuatnya tidak lagi penting.

Inilah celah cara mengatasi iCloud penuh di iPhone yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memilih file media mana saja dengan ukuran yang besar dan sudah tidak digunakan.

Setelah itu Anda bisa menghapus atau memindahkannya ke media penyimpanan yang lain.

6. Membersihkan Sampah Aplikasi

Aplikasi yang Anda gunakan pada iPhone pasti memiliki residual file yang secara otomatis akan ikut tersimpan pada iCloud. Meskipun kebanyakan tidak terlalu besar, namun ini juga turut berkontribusi pada kenapa memori iCloud akun Anda menjadi cepat penuh.

Jadi tidak ada salahnya untuk rajin membersihkan residual file ini dari aplikasi. Berikut caranya:

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Lalu pilih pengaturan aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya
  4. Pada halaman aplikasi, gulir ke bawah dan temukan tombol hapus cache
  5. Selesai.

7. Memanfaatkan Media Penyimpanan Lain

iCloud bukan satu-satunya media penyimpanan yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan file-file yang ada pada iPhone Anda. Saat ini sudah banyak layanan penyimpanan baik online maupun offline yang bisa dimanfaatkan.

Seperti Google Drive dan SD Card. Anda bisa menggunakan keduanya untuk membagi file agar tidak semuanya disimpan pada iCloud yang tentunya akan sangat memberatkan.

Akhir Kata

Meski fitur iCloud diberikan secara gratis, namun tidak sedikit pengguna iPhone yang merasa bahwa kapasitas yang diberikan sangat terbatas, terlebih lagi bagi pengguna iPhone yang sudah lama.

Pasalnya seiring lama penggunaan iPhone, hal ini tentu saja memakan kapasitas iCloud yang diberikan. Sehingga semakin lama, penyimpanan iCloud akan semakin penuh.

Cara mengatasi iCloud penuh di iPhone bisa dilakukan dengan memfokuskan solusi pada pengelolaan file. Setelah ruang penyimpanan sudah longgar nanti, usahakan untuk mengelola file dengan lebih baik lagi agar iCloud tidak cepat penuh.

Semoga bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button