Cara Membuat Bingkai atau Frame di Microsoft Word

Bingkai adalah salah satu fitur Word yang memungkinkan pengguna fokus membaca informasi di dalam bingkai. Biasanya, bingkai digunakan untuk membuat dokumen resmi, misalnya seperti akta kelahiran, ijazah, atau dokumen lainnya sehingga banyak yang ingin tahu cara membuat bingkai di Word.

Pada aplikasi Ms. Word, Anda bisa menggunakan bingkai ke seluruh halaman atau ke sebagian teks. Pastinya, Ms. Word mempunyai ragam jenis variasi bingkai yang bisa digunakan sesuai keinginan.

Cara Membuat Bingkai di Ms Word

Selain Word, Anda juga bisa menggunakan bingkai dari komputer untuk menciptakan kreasi sendiri. Berikut adalah tata cara membuat bingkai di Word yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

1. Cara Membuat Bingkai di Sebuah Teks

Pilih teks yang ingin dimasukkan ke dalam bingkai. Agar hasilnya lebih maksimal, sorot teks sebanyak satu paragraf.

Jika Anda memilih beberapa baris tulisan yang bukan seluruh paragraf, maka setiap barisnya akan mempunyai bingkainya masing-masing.

Lalu ikuti panduan berikut:

  1. Klik tab Home lalu pilih menu Outside Borders.
  2. Anda bisa menemukannya dalam bagian Paragraph, tepatnya di sebelah opsi Shading.
  3. Tab menu yang ada di sebelah menu bingkai untuk mengetahui aneka pilihan bingkai.
  4. Anda juga bisa melihat preview bingkai ketika meletakkan kursor di setiap opsi.
  5. Jika ingin menggunakan bingkai teks yang sederhana, cukup sampai langkah ini saja. Namun, jika ingin menciptakan bingkai teks yang lebih bervariasi, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Klik opsi Borders and Shading untuk membuat bingkai. Jika memilih setelan biasa, bingkai yang diciptakan hanya akan menunjukkan garis lurus yang sederhana.
  7. Pilih jenis bingkai sesuai keinginan Anda. Adapun opsi yang bisa dipilih yaitu bingkai 3D (tiga dimensi), Box (kotak), dan Shadow (bayangan), opsi tersebut dapat ditemukan di bagian kiri jendela Borders and Shading.
  8. Selanjutnya, atur gaya garis bingkai di menu Style. Menu ini terletak di tengah jendela dan akan menampilkan beragam jenis gaya bingkai.
  9. Gunakan menu drop-down Color untuk mengedit warna garis. Sedangkan menu drop-down Width untuk mengedit ukuran garis bingkai.
  10. Langkah berikutnya, aktifkan sisi-sisi bingkai hingga membentuk kotak yang sempurna. Anda bisa mengklik tombol di sekeliling preview untuk menunjukkan atau menghapus sisi-sisi bingkai.
  11. Jika ingin posisi bingkai lebih jauh atau dekat dari teks, klik menu Options. Dengan begitu, Anda bisa mengelola jarak pada setiap sisi bingkai.
  12. Klik opsi OK untuk menampilkan bingkai. Bingkai yang telah diatur akan memutari teks yang Anda sorot.

2. Cara Membuat Bingkai dengan Gambar

Membuat bingkai juga bisa menggunakan gambar. Berikut cara membuat bingkai di Word menggunakan gambar:

  1. Klik menu Insert dan pilih Pictures.
  2. Klik dan tarik gambar ke dalam file untuk menginput gambar.
  3. Jika gambar sudah terlihat, pilih gambar sesuai keinginan dan klik tab Format.
  4. Pilih menu Wrap Text dan klik Behind Text.
  5. Klik dan geser gambar hingga berada di lokasi yang tepat.
  6. Pindahkan kotak-kotak di sudut gambar untuk merapikan ukuran gambar.
  7. Jika membuat bingkai dari beberapa jenis gambar, ulangi proses ini dari awal hingga seluruh gambar menempati posisi yang tepat di dalam teks. Jika Anda membutuhkan cerminan bingkai, klik Rotate dalam menu Format.
  8. Selanjutnya, pilih Flip Horizontal or Vertical”.

3. Cara Membuat Bingkai di Halaman Word

Apabila Anda ingin menambahkan bingkai di sebuah halaman microsoft word, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik pada halaman yang ingin ditambahkan bingkai.
  2. Kemudian klik tab menu Design.
  3. Pilih pada bagian menu Page Borders.
  4. Sekarang sesuaikan gaya bingkai untuk halaman word Anda.
  5. Jika sudah, perhatikan opsi drop-down Apply to untuk menerapkan bingkai pada Whole document atau This section.
  6. Klik OK untuk menambahkan bingkai di halaman.
  7. Selesai.

Whole document adalah untuk menerapkan pengaturan bingkai di semua halaman word, sekarang This section adalah hanya untuk halaman word yang Anda klik pada tahap pertama.

Dalam pemilihan design, menu Style bisa digunakan untuk gaya garis pada bingkai. Menu drop-down Color adalah untuk mengubah warna garis.

Sedangkan untuk Width adalah mengatur ketebalan garis. Menu Art dapat digunakan untuk memilih beberapa pilihan gambar clip art yang tersedia, dimana gambar tersebut akan dibentuk sebagai bingkai.

Demikian beberapa cara membuat bingkai di Word sangat mudah dilakukan, termasuk bagi pemula. Dengan menerapkan panduan di atas, Anda bisa membuat dokumen yang bagus dan rapi untuk berbagai jenis kepentingan.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button