Cara Mengatasi Android Lemot

HP Android lemot pastinya akan membuat Anda sangat jengkel karena akan mengganggu segala aktivitas sehari-hari. Tidak heran banyak yang mencari cara mengatasi Android lemot agar tetap bisa digunakan dengan lancar untuk mendukung aktivitas rutin harian.

Sebenarnya Anda bisa melakukan beberapa cara agar Android yang sudah lemot itu bisa lancar kembali. Biasanya memang masalah ini sangat umum ditemukan jika Android itu sudah digunakan sampai beberapa tahun.

Hal ini cukup mengganggu, terlebih lagi ketika kita sedang membutuhkan HP Android untuk kepentingan atau aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, ada baiknya anda mengetahui cara mengatasinya.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Ketika Android Anda lemot sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab utamanya. Tapi jika Anda bingung apa saja penyebabnya, bisa mencoba beberapa cara mengatasi Android lemot di bawah ini:

Kurangi Penggunaan Memori Internal & RAM

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Salah satu bagian terpenting dari Android yang bisa membuat kinerja menjadi lancar adalah pada penyimpanan internal dan juga RAM. Jika kedua memori ini penuh dan Anda tidak pernah membersihkan atau memperhatikannya maka dampaknya Android jadi sangat lemot.

Sebenarnya kelancaran penggunaan Android tidak bisa mengukur hanya dari memori RAM saja. Karena jika ketika RAM sudah sangat longgar dan internal penuh, maka itu juga akan menyebabkan Android yang Anda gunakan menjadi sangat lemot sekali.

Oleh karena itu penting sekali mengurangi penggunaan memori internal dan RAM saat penggunaan Android sehari-hari. Cara lainnya Anda bisa lebih rutin memperhatikan penggunaan internal dan RAM.

Sehingga kapasitas yang tersedia tetap bisa terpantau dengan baik agar tidak kelebihan penyimpanan yang berdampak kinerja Android menjadi sangat lemot sekali.

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

cara mengatasi Android yang lemot

Cara mengatasi Android lemot selanjutnya ini masih memiliki keterkaitan dengan cara sebelumnya yaitu mengatur kapasitas penyimpanan internal dan RAM. Anda hanya perlu menghapus aplikasi di dalam Android yang sangat jarang terpakai atau bahkan tidak Anda pakai sama sekali.

Ini akan mengurangi penggunaan memori internal yang sangat besar sekali dan bisa membuat Android Anda menjadi lancar lagi.

Karena terkadang para pengguna Android secara tidak sadar membiarkan aplikasi tertentu tetap dalam kondisi terinstal padahal tidak pernah dipakai. Jika Anda merupakan orang yang sibuk mungkin saja memang aplikasi yang tidak terpakai itu lupa untuk dihapus.

Sehingga mulai sekarang ketika Android lemot, Anda harus menyeleksi aplikasi apa saja yang tidak pernah dipakai dan menghapusnya.

Pasang Aplikasi Perlindungan Berlebihan

Google Play Protect

Nah memang tidak salah jika Anda ingin melindungi Android dari risiko virus yang bisa melekat pada file yang asalnya dari internet. Tapi kesalahan yang harus Anda hindari adalah jangan memasang aplikasi antivirus lebih dari satu.

Karena itu akan menyebabkan Android Anda menjadi lemot sebab kapasitas penyimpanan internal yang digunakan semakin besar. Apalagi aplikasi antivirus itu biasanya berjalan di latar belakang dan tentunya akan memakan RAM yang cukup besar.

Pasang saja satu antivirus yang terbaik untuk mengatasi HP Android yang lemot. Selain itu, kinerja Android akan semakin lancar untuk penggunaan sehari-hari.

Rutin Memperbarui Sistem

cara mempercepat hp android yang lemot

Ini mungkin sangat jarang disadari oleh sebagian besar para pengguna Android, yaitu rutin melakukan pembaruan sistem smartphone. Biasanya secara berkala pihak pengembang akan memberikan pembaruan sistem untuk smartphone yang Anda gunakan.

Tujuan dari pembaruan ini tentunya untuk meningkatkan performa Android dan juga meningkatkan keamanan. Jika Anda tidak pernah melakukan pembaruan sistem Android maka bisa berefek menjadi sangat lemot.

Karena sistem yang digunakan dinilai sudah sangat usang atau versi lama dan sudah tidak cocok digunakan. Perbarui sistem Android Anda secara berkala atau jika sudah ada pemberitahuan agar kinerja tetap baik.

Dengan memperbarui sistem pada HP Android, maka anda bisa mengatasi Android yang lemot sehingga bisa digunakan dengan lancar kembali.

Clear Cache Secara Berkala

Bagi Anda yang tidak tahu cache, ini merupakan sebuah data sementara yang dibuat oleh aplikasi-aplikasi di dalam Android. Keberadaan cache ini akan membuat proses pembukaan aplikasi menjadi lebih mudah karena sudah ada data yang sebelumnya disimpan.

Namun perlu diperhatikan, menyimpan cache terlalu lama juga berdampak sangat buruk bagi kinerja Android Anda. Cache yang tidak pernah dibersihkan akan memakan kapasitas penyimpanan internal dengan ukuran yang sangat besar sekali.

Oleh karena itu Anda harus rajin melakukan clear cache atau membersihkan berkas cache dari Android. Tenang saja penghapusan cache tidak akan menghilangkan data-data utama karena sifat cache ini merupakan data sementara yang bisa langsung dibuat kembali.

Mengurangi Widget

Keberadaan widget memang biasanya akan sangat membantu sekali dan juga bisa membuat tampilan Android menjadi lebih menarik. Tapi sebenarnya jika Anda terlalu banyak menggunakan widget, ternyata bisa menyebabkan Android menjadi lemot.

Pada dasarnya setiap widget yang Anda pasang tersebut membutuhkan waktu untuk menampilkannya. Selain itu widget yang terpasang juga akan memakan RAM yang bisa berdampak Android lemot.

Gunakan saja beberapa widget penting yang sering Anda gunakan. Namun jika memang Android belum terasa lemot Anda tetap bisa menggunakan widget lainnya kalau sangat dibutuhkan.

Menyeleksi Auto Sync

Penyebab lain Android menjadi lemot ketika digunakan adalah tugas yang dikerjakan terlalu banyak seperti Auto Sync ke banyak akun. Memang ini akan memudahkan Anda ketika sedang membutuhkan sesuatu secara mendadak.

Tapi jika dibiarkan dalam jangka panjang, Auto Sync bisa membuat kinerja Android menjadi sangat berat sekali. Karena setiap saat semua yang tersinkronisasi harus dijalankan oleh Android yang bisa menyebabkan tugas di dalam RAM menumpuk dan menjadi lemot.

Cobalah untuk menyeleksi atau memilih apa saja yang harus disinkronkan secara otomatis dan matikan Auto Sync pada akun-akun yang jarang digunakan.

Cara mengatasi Android lemot di atas bisa Anda lakukan dengan mudah sekali. Jika masih lemot maka jalan satu-satunya adalah mengembalikan ke pengaturan pabrik, namun cobalah dulu beberapa cara di atas untuk mengurangi lemot.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button