Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri dan Macet

Touchscreen HP yang bergerak sendiri biasa disebut dengan ghost touch. Masalah ini bisa diatasi dengan cara mengatasi layar HP bergerak sendiri di artikel ini.

Masalah seperti ini jelas sangat mengganggu, terlebih saat sedang mengetik atau bermain game. Kondisi ini bisa lebih parah hingga layar tak bisa disentuh.

Saking mengganggunya, masalah ini akan membuat HP Android tidak bisa digunakan. Karena ketika digunakan, layar HP akan bergerak sendiri, entah itu bergerak ke atas, ke bawah, atau ke samping.

Penyebab Layar HP (Touchscreen) Bergerak Sendiri

Penyebab Layar HP Touchscreen Bergerak Sendiri

Hampir semua merk HP Android rentan terhadap gangguan ghost touch. Kasus seperti ini sudah ditemukan di HP Asus, Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Setelah diselidiki, ada beberapa hal yang membuat layar HP bergerak dengan sendirinya, antara lain:

  • Layar sentuh bermasalah, bisa disebabkan karena jatuh, tertekan, atau terbentur.
  • Bug atau kesalahan pada sistem operasi Android.
  • HP mengalami overheat atau suhu yang terlalu panas.
  • Permasalahan pada charger sehingga Android akan mengalami ghost touch ketika sedang dicas.
  • Permasalahan pada baterai.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Setelah tahu permasalahan yang kerap membuat HP mengalami ghost touch, ini dia langkah-langkah penanganan yang bisa Anda lakukan.

1. Ganti Charger dan Kabel

cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri

Tegangan listrik yang tidak stabil kerap membuat layar HP Android terpencet-pencet dan bergerak sendiri. Ketika Anda mencoba menyentuh layar, gerakannya akan kacau dan tidak sesuai perintah.

Biasanya, hal ini terjadi ketika Anda menggunakan charger yang bukan bawaan dari Android. Sebaiknya hentikan penggunaan charger dan kabel tersebut karena bisa berdampak negatif.

Selain dapat menimbulkan ghost touch, hal tersebut juga dapat mengakibatkan kerusakan baterai serta IC. Beberapa ponsel juga bisa meledak karena tidak menggunakan charger original.

Tidak cuma charger yang harus Anda ganti, tapi juga kabelnya. Untuk mendapatkan charger serta kabel asli, sebaiknya beli di toko resmi brand HP, baik secara online maupun offline.

2. Ganti Baterai

cara mengatasi touchscreen error

Sudah menggunakan charger dan kabel original tapi layar HP masih suka bergerak sendiri? Mungkin HP Anda mengalami gangguan kelistrikan karena kerusakan pada baterai.

Permasalahan pada baterai ini juga disertai dengan gejala lain, yaitu baterai boros. Persentase baterai yang tampil di layar juga sering tidak sesuai dengan fakta.

Selain itu, baterai yang sudah rusak juga kerap menyebabkan handphone sering tiba-tiba mati dan restart. Untuk mengatasi layar HP bergerak sendiri karena kasus ini, Anda harus mengganti baterai dengan yang baru.

Namun harus diingat, selalu gunakan baterai yang original. Jadi jika HP anda menggunakan baterai tanam, maka anda harus membawanya ke servis HP.

3. Dinginkan Suhu HP

cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh

HP yang mengalami overheat atau terlalu panas menimbulkan berbagai masalah baru. Umumnya, performa hardware akan menurun dan membuatnya menjadi lemot. HP juga bisa restart sendiri karena kondisi tersebut.

Tak berhenti di situ, kondisi HP yang overheat juga menyebabkan layar bergerak dengan sendirinya. Kalau HP Anda mengalami ghost touch akibat panas, sebaiknya dinginkan HP terlebih dahulu.

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri pada kasus ini adalah hentikan berbagai aplikasi yang berat. Atau anda juga bisa membaca artikel cara mengatasi HP panas.

4. Ganti ROM

Flash Android

Tak hanya permasalahan hardware, software yang bug juga dapat mengakibatkan ghost touch. Bug pada ROM merupakan penyebab yang paling sering dialami pengguna Android.

Namun, bug ini lebih sering muncul pada custom ROM, bukan ROM bawaan. Permasalahan touchscreen yang bergerak sendiri ini bisa diatasi dengan mengganti ROM atau sistem Android dengan yang baru.

Jika masih belum berhasil, coba reflash HP dan install ROM original sesuai dengan pabrikannya. Unroot juga apabila sebelumnya Anda pernah melakukan rooting pada Android.

5. Cek Pelindung Layar

cara mengatasi touchscreen ngangkat

Anti gores dan tempered glass sangat sering digunakan untuk melindungi layar HP dari goresan dan benturan. Namun di beberapa kasus, pelindung layar HP justru bisa menyebabkan ghost touch.

Hal tersebut terjadi karena pemasangan yang tidak pas dan adanya kotoran yang mengganjal. Touchscreen akan bergerak sendiri karena adanya debu dan kotoran tersebut.

Solusi dari permasalahan ini yaitu melepas anti gores yang lama, bersihkan layar HP, kemudian pasang anti gores yang baru. Tidak bisa melakukannya sendiri? Bawa saja ke konter HP terdekat.

6. Bersihkan Layar

cara mengatasi layar hp gerak sendiri

Tahukah Anda bahwa layar yang kotor juga dapat menyebabkan ghost touch? Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bersihkan layar HP secara rutin.

Tujuannya adalah untuk membuang minyak-minyak dan kotoran sehingga layar bisa disentuh dengan normal. Selain itu, kotoran yang menempel di layar HP tentu saja cukup mengganggu bukan?

Untuk membersihkan layar, Anda dapat menggunakan tisu atau kain lap yang lembut. Gunakan cairan pembersih juga supaya hasilnya maksimal.

Jika tidak punya cairan pembersih, gunakan saja air biasa. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak air yang berpotensi membasahi HP.

Jika terlalu basah, dikhawatirkan air akan masuk ke dalam HP dan menimbulkan kerusakan. Jadi, anda harus berhati-hati untuk membersihkan touchscreen HP.

7. Factory Reset

Factory Reset HP Android

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang selanjutnya adalah melakukan factory reset. Cara ini adalah alternatif terakhir apabila semua cara di atas sudah dicoba namun belum membuahkan hasil.

Perlu diingat bahwa melakukan factory reset akan menghapus semua data yang ada di HP. Adapun data-data yang akan hilang antara lain aplikasi terinstal serta file yang tersimpan di internal storage.

Jadi, sebelum melakukan factory reset ada baiknya backup data HP terlebih dahulu. Setelah itu, baru lakukan factory reset melalui menu pengaturan.

8. Servis HP

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Kalau layar HP Anda masih belum sembuh, alternatif yang terakhir adalah membawanya ke service center. Usahakan untuk membawanya ke service center resmi.

Di sana, HP Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, HP akan diganti komponen touch screennya. Harganya memang cukup mahal, namun inilah satu-satunya cara untuk menghilangkan ghost touch di HP.

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Namun, yang agak merepotkan sebenarnya adalah waktu Anda harus mencari penyebabnya. Ketika penyebabnya sudah ditemukan, akan sangat mudah untuk memperbaikinya.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button