Cara Mengatasi Aplikasi Muncul & Terbuka Sendiri di HP Android

Ketika sedang asyik bermain HP dan tiba-tiba ada aplikasi terbuka sendiri, tentu Anda akan merasa jengkel. Tapi tak perlu khawatir lagi karena di sini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri di Android.

Aplikasi bisa terbuka sendiri merupakan kejadian tidak wajar atau error. Ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui mengapa hal ini bisa terjadi.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi aplikasi yang sering terbuka dengan sendirinya.

Penyebab Aplikasi Terbuka Sendiri

Penyebab Aplikasi Terbuka Sendiri

Sebelum anda menuju ke cara mengatasi aplikasi yang muncul dan terbuka sendiri, anda harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu.

Karena dengan mengetahui apa penyebabnya, maka anda bisa menemukan solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Aplikasi Sistem

Android baru biasanya sudah memiliki aplikasi bawaan, baik aplikasi Google atau aplikasi sponsor dari pihak ketiga. Sebagian aplikasi bawaan memang bermanfaat.

Namun, sebagian lainnya justru terasa sangat mengganggu. Terlebih jika sudah sering muncul tiba-tiba ketika tengah membuka aplikasi lain.

Aplikasi di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di Android tidak hanya yang tampak di permukaan. Sebagian lainnya berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari.

Dari aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut, sebagian ada yang tiba-tiba muncul ke permukaan. Itulah penyebab paling umum terjadi masalah aplikasi yang sering muncul sendiri.

Adware

Berhati-hatilah ketika mengakses situs di internet atau ketika mendownload aplikasi di luar Play Store. Beberapa situs berpotensi membahayakan Android Anda karena bisa menginfeksikan adware ke ponsel.

Adware sendiri merupakan sejenis virus yang menyamar sebagai aplikasi. Virus ini akan terus menampilkan dirinya setiap beberapa menit yang tentu sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab aplikasi sering terbuka sendiri di Android, sekarang Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan cara-cara di bawah ini.

Uninstall Aplikasi Mencurigakan

mengatasi aplikasi terbuka sendiri

Menemukan aplikasi baru padahal Anda tidak menginstalnya? Bisa saja aplikasi tersebut sebenarnya adalah adware. Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya uninstall saja aplikasi tersebut.

Berikut ini cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri karena adware:

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Settings di HP Android.
  2. Setelah itu, pilih menu Aplikasi dan Notifikasi atau Apps and notifications.
  3. Cari aplikasi yang menurut anda mencurigakan.
  4. Kemudian tekan tombol Uninstall.
  5. Jika ada pilihan untuk konfirmasi, tekan Ok.
  6. Tunggu sampai proses uninstall selesai.
  7. Tekan OK.

Anda juga bisa uninstall dengan cara menekan lama pada ikon aplikasi, kemudian pilih opsi Uninstall. Sangat mudah bukan?

Bersihkan Virus

bersihkan virus dengan avast antivirus

Aplikasi yang terus menerus muncul juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Untuk mengatasi permasalahan virus, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Kemudian pada kolom pencarian, ketik anti virus.
  3. Tekan enter dan tunggu hasilnya.
  4. Anda akan melihat beberapa pilihan anti virus.
  5. Pilih salah satunya, misalnya Avast Antivirus.
  6. Install aplikasi lalu tunggu prosesnya hingga selesai.
  7. Jika sudah, jalankan aplikasi lalu tekan tombol Scan.
  8. Tunggu sampai proses pembersihan virus selesai dilakukan.

Selain menggunakan avast antivirus, anda juga bisa menggunakan aplikasi antivirus yang lainnya. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan avast.

Unroot HP

cara mengatasi aplikasi muncul sendiri

Rooting HP Android umumnya dilakukan untuk bisa mengeksplorasi jeroan, menginstall aplikasi-aplikasi tambahan, dan memodifikasi software. Namun, rooting Android juga memberikan efek samping yang menyebalkan.

Salah satunya adalah aplikasi sering muncul sendiri secara tiba-tiba. Untuk itu, cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan unroot Android.

Untuk melakukan unroot, Anda harus menggunakan aplikasi seperti ketika saat rooting. Umumnya, aplikasi tersebut menyediakan opsi untuk unroot Android.

Anda bisa melakukan unrooting menggunakan bantuan PC atau laptop Windows. Ketika sudah berhasil unroot, kemungkinan besar tidak akan ada lagi aplikasi-aplikasi yang suka muncul secara tiba-tiba.

Factory Reset

Reset ke Setelan Pabrik

Jika gangguan aplikasi sering muncul baru terjadi akhir-akhir ini, kemungkinan Android Anda mengalami crash atau error. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara factory reset.

Cara ini cukup ampuh mengatasi permasalahan aplikasi yang error dan mengembalikan kondisi HP seperti baru. Berikut ini langkah-langkah cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri dengan cara factory reset:

  1. Pertama, buka menu Settings atau Pengaturan di Android Anda.
  2. Setelah itu, masuk menu Cadangan dan Setel Ulang atau Backup and Reset.
  3. Pilih menu Reset Factory atau Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Klik Reset dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Perlu Anda ketahui, proses ini berisiko menghilangkan file serta aplikasi yang sebelumnya sudah ada di Android. Jadi, sebaiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu sebelum mempraktekkan cara di atas.

Mengganti ROM

cara mengatasi aplikasi terbuka secara tiba-tiba

ROM adalah istilah yang dipakai untuk menyebut sistem operasi pada Android. ROM sendiri ada banyak sekali jenisnya, bahkan masing-masing merek smartphone punya ROM sendiri-sendiri.

Anda bisa mengganti ROM untuk mengatasi permasalahan aplikasi muncul sendiri. Mengganti ROM adalah solusi yang tepat jika aplikasi yang sering muncul tiba-tiba disebabkan oleh crash pada sistem.

Namun, mengganti ROM hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Sebenarnya ada banyak tutorial di Youtube, namun Anda harus yakin jika ingin mempraktekkannya.

Pasalnya, kesalahan saat mengganti ROM bisa membuat HP menjadi bootloop. Jadi, ada baiknya untuk melakukan backup data terlebih dahulu untuk mengamankan data penting di HP anda.

Flash Ulang

Flash Android

Alternatif solusi yang terakhir adalah melakukan flash ulang. Cara ini sebenarnya punya prinsip yang sama seperti cara sebelumnya. Namun untuk proses flash ulang, Anda membutuhkan ROM asli dari HP tersebut.

Cara ini juga hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli. Jika Anda ingin mencobanya sendiri juga tidak masalah karena di Youtube sudah tersedia tutorial flash HP berbagai merk.

Demikian beberapa cara mengatasi aplikasi sering muncul dan terbuka sendiri di HP Android. Anda hanya perlu melakukan analisis untuk mengetahui penyebabnya lalu Anda bisa mencari solusi yang terbaik.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button