7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Paling Ampuh

Kendala yang sering dialami oleh para pemilik HP touchscreen yaitu layarnya yang tidak bisa disentuh. Bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ini? Beberapa langkah berikut bisa Anda lakukan agar HP normal kembali.

Layar yang tidak bisa disentuh harus segera Anda perbaiki sebelum menjadi rusak total. Jika sudah rusak, maka perlu adanya penanganan lanjutan ke servis HP terdekat.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Penyebab dari layar tidak bisa disentuh bisa karena beberapa hal. Contohnya, karena kotor, HP lemot atau ngelag, dan karena error. Berikut beberapa metode yang bisa coba Anda lakukan agar HP menjadi normal kembali.

Metode ini adalah langkah awal sebelum Anda memperbaikinya ke servis HP ketika Anda masih belum berhasil mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ini sendiri.

1. Restart HP

Setiap HP yang error, tidak bisa menjalankan aplikasi, hingga tidak bisa tersentuh bisa ditangani dengan restart HP. Cara ini merupakan hal yang mendasar untuk memulihkan HP dengan cepat.

Penyebab utama akibat dari layar tidak bisa disentuh umumnya karena HP terlalu panas karena pemakaian yang berlebihan. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terbuka juga bisa membuat layar tidak bisa disentuh.

Cara restart HP sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Caranya yaitu menekan tombol daya di samping HP selama beberapa detik hingga muncul pop up pilihan Daya Mati, Muat Ulang, dan Mode Darurat.
  2. Pilih Muat Ulang, dan tunggu hingga HP kembali menyala.

Cara di atas, bisa dilakukan jika Anda masih bisa menggunakan layar dengan satu kali sentuhan. Namun, jika tidak berhasil, matikan HP dengan menekan tombol daya sampai mati. Kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

2. Bersihkan Layar Sentuh

Bersihkan Layar HP

Walau sepele, masalah ini yang seringkali terjadi. HP yang berdebu atau kotor bisa menyebabkan layar tidak bisa disentuh. Oleh sebab itu, pastikan untuk membersihkan layar HP dan pelindung layar.

Pelindung layar yang tidak pernah dibersihkan dan diganti juga menjadi faktor masalah bagi layar HP. Bersihkan layar dengan kain lembab yang bebas serat. Anda juga bisa membeli kain khusus pembersih layar HP yang tersedia.

3. Mengaktifkan Fitur Safe Mode

Safe Mode atau mode aman biasa digunakan jika HP baru saja mengunduh aplikasi baru untuk menghindari program yang berbahaya. Unduhan aplikasi baru ini yang menjadi penyebab layar tidak bisa disentuh.

Jika layar bisa disentuh ketika menggunakan mode aman, itu tandanya dapat terjadi masalah pada aplikasi yang baru saja diunduh. Anda bisa mengeceknya menggunakan Safe Mode melalui cara berikut:

  1. Tekan tombol power selama beberapa detik hingga pop up daya muncul.
  2. Selanjutnya, pilih mode darurat.
  3. Cek apakah layar bisa disentuh.
  4. Untuk mengembalikannya, lakukan cara yang sama yaitu dengan menekan tombol power kembali.
  5. HP akan kembali normal. Hapus aplikasi yang baru saja didownload dan menjadi penyebab layar HP error.

4. Keluarkan Kartu Fisik (SIM dan SD Card)

HP yang error dan tidak bisa disentuh dapat disebabkan karena ada gangguan pada kartu SIM dan SD Card-nya. Kartu tersebut bisa keluar-masuk sehingga proses HP tidak bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu, keluarkan kartu tersebut setelah Anda mematikan HP. Lalu, coba nyalakan HP apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Jika bisa, maka penyebab dari masalah layar HP tidak bisa disentuh ini memang ada di kartu SIM dan SD Card.

5. Kalibrasi Touchscreen

Ada aplikasi yang khusus untuk meningkatkan performa dari layar sentuh. Namanya adalah Touchscreen Calibration. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Berikut langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Touchscreen Calibration.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut.
  3. Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang berhubungan dengan layar sentuh.
  4. Contohnya seperti mengetuk layar secara tunggal, melakukan sentuhan atau menekan layar dalam waktu yang lama, serta memperbesar dan memperkecil layar.

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ini hanya berlaku jika layar sentuh masih bisa dipakai sebagian sehingga Anda masih dapat mengunjungi Google Play Store.

Cara ini cocok pada HP yang terjadi penurunan fungsi pada layar sentuh karena lamanya penggunaan.

6. Keringkan Ponsel

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh selanjutnya yaitu mengeringkan ponsel. Layar HP yang basah pasti berdampak pada kemampuan layar untuk menanggapi sentuhan tangan Anda.

Layar menjadi tidak responsif karena air walaupun hanya setetes sekalipun. Untuk mengatasinya, Anda harus mengeringkan HP dengan segera sebelum HP semakin menjadi rusak.

Caranya adalah mengelapnya atau mengeringkannya secara khusus. Penanganan ini terkadang membutuhkan beberapa hari untuk kasus parahnya.

HP yang kena air cukup banyak bahkan dapat tidak berfungsi sama sekali. Jika demikian, ada baiknya untuk memperbaikinya di servis HP terdekat.

7. Periksa Charger HP

Masalah yang terjadi pada layar HP juga bisa disebabkan oleh pemakaian charger yang tidak tepat. Terkadang HP di-charge menggunakan charger lain yang berbeda merek.

Jika daya chargernya tidak sama, maka layar HP dapat mengalami gangguan seperti tidak bisa disentuh. Jadi, cobalah cek dengan melepas charger tersebut.

Jika setelah dilepas layar kembali normal, maka memang benar masalahnya ada pada pengisi daya baterai Anda.

Solusinya, ganti charger dengan membeli yang aslinya, sesuai merek dan jangan menggunakan milik orang lain.

Penutup

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh di atas efektif dilakukan sesuai dengan penyebab-penyebabnya. Untuk itu, akan lebih baik jika mengetahui akar masalahnya dahulu.

Jika cara di atas tidak bisa berhasil untuk mengatasi masalah Anda, maka Anda dapat pergi ke tempat servis resmi untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Semoga bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button