5 Cara Mengatasi Email Dalam Antrean atau Tidak Terkirim

Saat menggunakan email, apakah Anda pernah melihat status email dalam antrean? Itu tandanya email tersebut belum terkirim. Setelah Anda mencoba mengirim ulang, kadang masalah tersebut tidak bisa diatasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi email dalam antrean?

Mengirim pesan email menjadi hal yang penting apalagi jika pesan yang dikirim sangat penting dan butuh dikirim sesegera mungkin. Anda tidak perlu panik dulu, coba beberapa cara yang dapat mengatasi email dalam antrean.

Penyebab Kenapa Email dalam Antrean

Penyebab Kenapa Email dalam Antrean

Beberapa orang yang mengalami masalah ini pasti ingin mengetahui kenapa email Anda tidak terkirim dan muncul status dalam antrean. Maksud dari email dalam antrean adalah email yang dikirim masih tertunda dan ada di outbox ada beberapa penyebab yang bisa terjadi.

Sebelum mengetahui cara mengatasi email dalam antrean, berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Alamat Email Penerima Salah

Email tidak bisa mengirimkan pesan Anda karena dalam beberapa kasus alamat penerima yang dimasukkan salah. Jika salah maka email tentu saja tidak bisa terkirim karena alamatnya belum pernah terdaftar.

Untuk itu, pastikan kembali penulisan alamat email sebelum mengirimkannya. Selanjutnya, Anda bisa menanyakan kepada penerima email apakah pesan sudah masuk atau tidak untuk memastikannya lebih lanjut.

2. Jaringan Internet Bermasalah

Koneksi internet yang tidak stabil akan berpengaruh kepada proses berjalannya loading data internet.

Otomatis, semua proses yang diminta dalam berinternet juga menjadi terhambat, termasuk mengirim email. Solusinya, Anda bisa mencari sinyal internet di lokasi lain. Selain itu, cek apakah kuota Anda masih ada atau sudah habis.

3. Server Email Down

Penyebab yang satu ini jarang terjadi karena email memiliki kualitas server tinggi sehingga meskipun banyak yang menggunakan email secara bersamaan, proses datanya masih berjalan dengan baik.

Tapi, tidak menutup kemungkinan server mengalami gangguan sehingga email tidak terkirim atau dalam antrean. Jika server email sedang mengalami masalah, Anda bisa menunggu hingga pulih kembali atau mencoba akun email lainnya (gmail, yahoo).

4. Ditolak Otomatis Oleh Sistem

Ada pengaturan otomatis dalam email yang membuat alamat email menjadi spam. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghubungi penerima melalui kontak lainnya seperti nomor HP dan media sosialnya. Beritahukan agar penerima memperbaiki pengaturan emailnya.

Ini biasa terjadi di perusahaan-perusahaan. Mereka biasanya memasang pengaturan untuk tidak menerima email di luar jam kerja sehingga saat Anda melamar, bisa saja tertolak.

5. Aplikasi Belum Update

Hal yang sering menjadi masalah adalah aplikasi yang belum update. Email dan aplikasi lainnya perlu untuk di update secara berkala. Selain untuk mendapatkan fitur baru, dengan mengupdate aplikasi, Anda bisa menjalankan aplikasi dengan baik.

Cara Mengatasi Email dalam Antrean Agar Langsung Terkirim

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah solusi yang bisa diterapkan agar email Anda dapat berfungsi dengan normal.

1. Periksa Alamat Email

Mengatasi Email Dalam Antrean

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, langkah pertama yang penting dilakukan adalah memeriksa alamat email tujuan untuk menghindari adanya kesalahan.

Pasalnya, ketika Anda memasukkan alamat email tujuan dengan asal-asalan, maka hal tersebut yang menyebabkan email dalam antrean atau tidak terkirim sama sekali.

2. Update Aplikasi

Update Aplikasi Gmail

Cara pertama yaitu dengan update aplikasi email Anda. Kenapa itu penting? Ini karena aplikasi yang tidak terupdate dapat menyebabkan sinkronisasi HP menjadi bermasalah. Jika sudah demikian, maka email tidak akan terkirim.

Oleh sebab itu, lakukan update aplikasi ke versi terbarunya agar email dapat berjalan baik. Berikut langkah untuk update aplikasi:

  1. Buka Google Play Store.
  2. Cari aplikasi email yang Anda gunakan.
  3. Selanjutnya, tekan tombol Update.
  4. Tunggu hingga proses selesai dan cek kembali email Anda.

3. Hapus Cache Email

Hapus Cache Gmail

Cache atau penyimpanan sementara bisa menjadi momok tersendiri bagi para pengguna HP. Pasalnya, cache bisa membuat HP lemot atau menjadi nge-lag dan sering menguras memori.

Untuk itu, Anda perlu menghapus cache agar HP dan email bisa berjalan normal. Berikut langkahnya:

  1. Buka menu pengaturan lalu pilih Penyimpanan dan Memori.
  2. Selanjutnya, pilih aplikasi Email.
  3. Setelah terbuka tap opsi Hapus Cache.

Tak hanya itu, cache juga bisa membuat aplikasi tidak berjalan maksimal. Salah satunya, email sulit terkirim. Banyak pengguna yang tidak tahu hal tersebut dan masih menyimpan cache sampai HP tidak optimal.

Hapus cache bisa dilakukan di aplikasi lainnya agar memori HP menjadi longgar sehingga HP responsif ketika membuka email atau aplikasi lainnya.

4. Mengatur Sinkronisasi HP

Cara mengatasi email dalam antrean selanjutnya yaitu mengatur sinkronisasi. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau Settings pada HP.
  2. Selanjutnya, buka menu Account and backup.
  3. Kemudian pilih menu Account.
  4. Pilih aplikasi Gmail Anda.
  5. Setelah terbuka, tap opsi Sync Account.
  6. Gulir ke bawah hingga muncul tulisan Gmail.
  7. Nantinya, akan ada tombol untuk mematikan dan menghidupkan sinkronisasi Gmail. Matikan indikator tersebut dengan mengetuknya hingga tombol biru bergeser.
  8. Terakhir, restart HP Anda.

Sekarang cek kembali email apakah sudah normal atau tidak. Kirimkan pesan kepada teman untuk mengecek apakah terkirim dan status dalam antrean menjadi hilang.

5. Bersihkan Contact List

Contact list atau daftar kontak email juga perlu dihapus secara berkala. Hal ini agar pengiriman email menjadi lebih cepat.

Jadi, jika Anda menemukan bounces notifikasi berulang kali. Segera hapus dan aktifkan do not mail list di kotak yang tersedia.

Cara mengatasi email dalam antrean di atas terdiri dari lima cara, yaitu melalui periksa email, update aplikasi, hapus cache, sinkronisasi HP, dan terakhir bersihkan daftar kontak email.

Cara tersebut dapat dipilih sesuai dengan penyebab yang diketahui sebelumnya. Jadi, ada baiknya Anda untuk mengetahui apa penyebab kenapa email dalam antrean terlebih dahulu.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button