Cara Mengatasi HP Panas

Pengguna smartphone tentu merasa terganggu ketika gadget tersebut tiba-tiba menjadi panas. Hal ini mengganggu kenyamanan ketika bermain smartphone, sehingga ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi HP panas dengan mudah.

Namun sebelum ke pembahasan mengenai cara mengatasi, sebaiknya pahami dulu apa yang menjadi penyebab dari kondisi tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk menangani HP yang panas.

Penyebab HP Cepat Panas

Penyebab HP Cepat Panas

Setidaknya ada 5 hal yang menjadi faktor utama mengapa sebuah HP, terutama smartphone menjadi cepat panas. Berikut diantaranya dibawah ini:

1. Lama Bermain Game

Bermain game, baik online maupun offline membutuhkan kinerja yang maksimal dari sebuah smartphone. Terlebih untuk game-game yang memiliki banyak efek grafis. Ketika ponsel bekerja keras, otomatis suhunya akan bertambah.

Semakin lama game dimainkan, akan semakin panas pula sebuah handphone. Namun, masing-masing smartphone memiliki tingkat panas yang berbeda-beda tergantung dari jenis chipset, teknologi pendingin, serta material yang dipakai untuk membuat smartphone.

Cara mengatasi hp panas saat bermain game sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu berhenti sejenak hingga suhu HP kembali normal. Atau anda juga bisa menggunakan cooling atau kipas khusus smartphone.

2. Streaming

Tak cuma game, ketika Anda melakukan streaming video, ponsel juga akan bekerja lebih keras dibandingkan biasanya. Ketika streaming, Anda memaksa handphone terus siaga untuk memuat data video.

Layar yang terus menyala juga menjadi faktor selanjutnya mengapa streaming video menyebabkan handphone cepat panas.

3. Pengaturan yang Kurang Optimal

Tidak sedang bermain game atau menonton video namun merasa handphone cepat panas? Coba periksa pengaturan kecerahan layar di gadget tersebut. Semakin tinggi tingkat kecerahannya, ponsel akan semakin cepat panas.

Tak hanya itu, pengaturan animasi yang terlalu kompleks pun bisa memberatkan kerja GPU. Pasalnya, ada banyak frame yang mesti di render oleh sistem sepanjang waktu. Tak heran jika suhunya memanas dengan cepat.

4. Faktor Lingkungan

HP yang panas tidak hanya disebabkan oleh faktor-faktor internal. Beberapa hal di luar sistem juga dapat membuat suhu sebuah ponsel menjadi lebih tinggi.

Salah satunya yaitu faktor lingkungan. Ketika berada di bawah terik matahari atau ruangan yang panas, ponsel cenderung lebih panas dari biasanya.

5. Aplikasi Out of Date

HP yang cepat panas dapat disebabkan oleh aplikasi yang out of date atau kedaluarsa. Ketika sudah lama tidak di update, aplikasi mungkin saja mengalami bug atau error.

Ketika bug terjadi, smartphone berusaha mengatasinya memanfaatkan kinerja processor. Semakin dipaksa untuk bekerja lebih keras, processor akan lebih cepat panas dan juga menjalar ke seluruh body HP.

Cara Mengatasi Agar HP Tidak Panas

Cara Mengatasi Agar HP Tidak Panas

Dari faktor penyebab yang telah diuraikan pada pembahasan sebelumnya, Anda sudah bisa menyimpulkan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi HP panas.

Supaya tidak salah penanganan, perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghindari pemakaian HP di bawah sinar matahari langsung. Seperti yang sudah diketahui, HP panas bisa disebabkan oleh lingkungan yang panas.

Selain itu, jangan sembarang menaruh HP di bawah sinar matahari karena akan mempengaruhi suhu HP. Jadi, pastikan untuk melakukan upaya pencegahan.

2. Tutup Aplikasi Tidak Terpakai

Aplikasi yang sudah tidak dipakai tapi masih berjalan di background bisa membuat HP bekerja lebih keras. Akhirnya HP menjadi panas.

Matikan aplikasi-aplikasi tidak terpakai di latar belakang agar HP bekerja dengan normal dan tidak panas. Selain mencegah suhu HP panas, kinerja HP akan lebih efektif sehingga tidak lemot.

3. Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi kecerahan bukan hanya mampu menurunkan suhu HP. Cara mengatasi agar HP tidak cepat panas ini juga sering dipraktekkan untuk menghemat baterai smartphone.

Untuk menurunkan kecerahan layar caranya juga mudah, buka saja control center. Biasanya menjadi satu dengan notifications center. Geser indikator ke arah kiri untuk menurunkan kecerahan layar.

Sebaiknya Anda juga menghindari mode kecerahan otomatis supaya ponsel tidak harus menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekitar. Dengan begitu, suhu HP akan tetap terjaga.

4. Lepaskan Case

Menggunakan case memang menjadi pilihan yang bagus untuk melindungi HP dari kerusakan akibat benturan. Namun, penggunaan pelindung ini juga dapat mengurangi kemampuan ponsel dalam “bernapas”.

Case menghalangi pertukaran udara sehingga menyebabkan ponsel menjadi lebih panas. Ketika ponsel mulai menghangat, sebaiknya segera lepaskan case tersebut. Hal ini juga sebaiknya dilakukan ketika sedang mengecas HP.

Tanpa case, ponsel bisa bebas mengeluarkan panas yang terperangkap di dalam melalui ventilasi atau celah-celah. Dengan begitu, suhunya pun akan normal dalam waktu cepat.

5. Update Aplikasi

Aplikasi yang belum di update sering menyebabkan crash, bug, atau error. Untuk mencegah supaya aplikasi tidak kedaluarsa, sebaiknya lakukan update secara berkala. Caranya juga tidak sulit sama sekali, berikut cara mengatasi agar HP tidak cepat panas:

  1. Anda bisa membuka aplikasi Play Store.
  2. Setelah itu pilih menu App & Games.
  3. Di sana akan muncul daftar aplikasi yang harus segera di update.
  4. Klik pada tombol Update All.
  5. Setelah itu, Anda bisa menunggu sampai semua aplikasi sudah dalam kondisi up to date.

6. Jauhkan dari Gadget Lain

Tahukah Anda bahwa menaruh smartphone berdekatan dengan gadget lain seperti laptop, tab, dan sebagainya bisa menghantarkan panas antar perangkat? Panas yang ditimbulkan oleh perangkat lain bisa “menular” ke HP.

Jika dibiarkan terlalu lama, HP bisa menjadi panas tanpa sebab. Begitu pula dengan gadget lain juga bisa menjadi lebih panas karena didekatkan dengan HP.

7. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi HP panas yang terakhir adalah uninstall atau melepas aplikasi yang sudah lama tidak digunakan. Pasalnya, aplikasi yang tidak digunakan sekali pun tetap bisa berjalan di background.

Hal ini menyebabkan ponsel atau HP terasa panas. Jadi, pastikan untuk tetap merawat HP, terutama mengatur apa saja aplikasi-aplikasi yang di dalamnya.

Sebaiknya Anda mempraktekkan cara mengatasi HP panas yang sudah dijelaskan untuk mencegah overheat. Overheat atau panas berlebih bisa menyebabkan baterai ponsel lebih cepat drop, komponen lain juga lebih mudah rusak jika terlalu sering mengalami panas berlebih.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button