10 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending Terus

Sebagai pengguna WA, Anda tentu pernah mengirimkan pesan namun pending terus. Pending atau banyak yang menyebut jamkot adalah kondisi ketika pesan WhatsApp masih centang satu atau belum dikirimkan. Lalu, bagaimana cara mengatasi pesan WhatsApp pending seperti ini?

Ada beberapa hal yang menyebabkan pesan WhatsApp pending, entah dari aplikasi, perangkat maupun jaringan. Jangan khawatir, masalah seperti ini sangat mudah cara mengatasinya.

Berikut bisa Anda cek cara mengatasi pesan WA yang pending atau jamkot.

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending / Jamkot Padahal Sinyal Bagus

1. Periksa Jaringan Internet

Sebenarnya, cara mengatasi pesan WhatsApp yang pending tidak sekompleks yang Anda bayangkan. Hampir semua penyebab pesan WhatsApp pending adalah karena jaringan internet yang bermasalah, bisa karena cuaca atau memang dari provider-nya.

Karena itu, begitu pesan WA pending dalam waktu yang lama, segera cek apakah jaringan internet berfungsi atau tidak. Setelah mengeceknya, pastikan untuk mengunci jaringan agar lebih stabil dan pesan WhatsApp tidak pending.

Seharusnya, setelah jaringan 4G LTE dikunci, koneksi akan lebih stabil. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan di HP.
  2. Masuk ke menu Connections.
  3. Kemudian, pilih Mobile Networks.
  4. Lalu, masuk ke Networks Mode.
  5. Pilih LTE Only.

Jika HP Anda belum support jaringan 4G LTE, bisa mengunci jaringan yang terbaik, misalnya saja 3G. Dengan cara ini, pesan WA yang pending bisa dihindari.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Menggunakan Mode Pesawat

Terkadang, kalau jaringan internet bermasalah, mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) bisa mengatasinya. Mengaktifkan mode pesawat berarti membuat koneksi internet di HP seperti fresh lagi, diharapkan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Setelah Anda mengaktifkan mode pesawat beberapa detik, nonaktifkan kembali. selanjutnya tunggu apakah pesan yang Anda kirimkan masih pending atau sudah terkirim. Jika ternyata masih pending, ulangi lagi cara di atas sampai pesan WhatsApp benar-benar terkirim.

Namun jika sudah diulang-ulangi dan pesan WhatsApp masih saja tidak terkirim, mungkin masalahnya memang pada penyedia layanan yang error. Jika ini terjadi, Anda tidak bisa melakukan apa-apa hingga teknisi memperbaikinya.

3. Gunakan Aplikasi VPN

Cara mengatasi pesan WhatsApp pending berikutnya bisa dengan menggunakan aplikasi VPN. Ya, aplikasi VPN tidak hanya bermanfaat untuk browsing internet yang aman saja, namun juga bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti mengirimkan pesan WA yang bebas pending.

Terkadang, jaringan yang sedang Anda gunakan sedang dibatasi untuk mengakses WhatsApp, sehingga kesulitan untuk mengirim dan menerima pesan. Namun jangan khawatir, karena menggunakan VPN bisa mengatasi masalah seperti ini.

Beberapa VPN yang direkomendasikan adalah:

  1. Tunnel Bear
  2. Samsung Max
  3. Turbo VPN
  4. VPN Master
  5. ThunderVPN
  6. ExpressVPN
  7. Dll.

Berikut cara menggunakannya:

  1. Download aplikasi VPN.
  2. Buka dan jalankan aplikasi VPN.
  3. Aktifkan VPN, pilih jaringan dari negara lain.
  4. Setelah VPN aktif, coba kirim pesan WhatsApp lagi.
  5. Jika tidak ada masalah lain, seharusnya sudah terkirim.

4. Cek Penghemat Daya Android

Android sudah dibekali dengan fitur penghemat daya, bisa Anda aktifkan ketika baterai Android hampir habis. Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, maka fungsi Android lainnya juga dimatikan agar bisa menghemat daya dengan baik, contohnya saja jaringan internet.

Jadi, Anda tidak browsing, streaming atau kirim pesan di WhatsApp, karena itu akan pending. Ketika ini terjadi, mungkin Anda lupa bahwa sudah mengaktifkan penghemat daya Android sebelumnya. Karena itu, Anda bisa menonaktifkannya kembali agar pesan WA tidak pending.

Setelah chat terkirim dan Anda telah mengirimkan/mendapatkan informasi yang diinginkan, bisa kembali mengaktifkan penghemat daya. Kasus ini terjadi ketika Anda berada jauh dari rumah atau sumber listrik dan Android hampir mati kehabisan daya.

5. Copot Aplikasi Pembersih RAM

Sudah banyak aplikasi pembersih RAM di Google Play, terkadang pengguna Android mengunduhnya untuk memaksimalkan kinerja RAM di HP. Masalahnya, aplikasi semacam ini bisa menghentikan jalannya aplikasi di latar belakang, salah satunya adalah WhatsApp.

Ya, aplikasi pembersih RAM semacam ini bisa menyebabkan pesan WhatsApp pending dan error, karena aplikasi WhatsApp dimatikan di latar belakang. Karena itu, Anda bisa uninstall aplikasi semacam ini untuk sementara, sampai pesan WhatsApp berhasil dikirim ke kontak tujuan.

Asal Anda tahu, aplikasi pembersih RAM tidak sepenting itu untuk dipasang di Android. Sebenarnya, Android sendiri pun sudah memiliki fitur pembersih RAM bawaan. Jadi Anda disarankan untuk memanfaatkan fitur bawaan saja.

6. Bersihkan Cache WhatsApp

Hapus Cache WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan di Android. Tidak bisa dipungkiri, aplikasi ini hampir digunakan semua pengguna Android untuk kirim pesan, video call hingga chat grup yang mudah dan ringan.

Karena sering digunakan, aplikasi ini menyimpan banyak cache, yang membuat memori Android semakin membengkak. Sebenarnya, cache atau data yang tersimpan sementara sangat penting, agar aplikasi bisa diproses dengan cepat.

Namun, karena banyaknya cache, terkadang aplikasi juga bisa error, dan ini juga berlaku untuk WhatsApp. Karena itu, Anda bisa hapus cache WhatsApp terlebih dahulu jika pesan WA pending bukan karena jaringan dan alasan lain.

Berikut cara mengatasi pesan WhatsApp pending dengan hapus cache:

  1. Pertama, pergi ke menu Settings.
  2. Masuk ke App & Notifications.
  3. Pilih WhatsApp.
  4. Masuk ke Storage.
  5. Tap opsi Clear Cache.

Bisa berbeda caranya tergantung merek Android yang Anda gunakan. Namun, intinya tetap sama, akses WhatsApp terlebih dahulu di bagian aplikasi.

7. Bersihkan Data Aplikasi

Hapus Data WhatsApp

Jika hapus cache tidak menyelesaikan masalah pesan WA yang pending, Anda bisa menghapus datanya sekalian. Namun, sebelumnya Anda disarankan untuk mencadangkan obrolan yang penting terlebih dahulu, agar bisa dikembalikan lagi.

Ya, hapus data WhatsApp memang akan menghapus semua informasi di aplikasinya, seperti nomor HP, profil dan lain sebagainya. Namun, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah seperti pesan WhatsApp pending dan error lainnya.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings.
  2. Masuk ke menu Apps & Notifications.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Tap opsi Clear Data.
  5. Buka WhatsApp kembali, login dengan nomor HP.
  6. Masukkan kode verifikasi.
  7. Tap tombol Restore untuk memuat pencadangan.
  8. Selesai.

Seharusnya cara di atas bisa membuat WhatsApp berfungsi kembali sebagaimana mestinya.

8. Install Ulang WhatsApp

Install Ulang WhatsApp

Anda juga bisa menghapus WhatsApp dari Android untuk kemudian memasangnya kembali. Cara ini juga ampuh untuk menyelesaikan masalah seperti pesan WhatsApp yang pending padahal tidak ada jaringan yang bermasalah.

Dengan cara ini, aplikasi WhatsApp akan terasa baru, karena memang baru saja dipasang dari Google Play. Jadi karena baru saja terpasang, fungsi di dalamnya akan berfungsi normal, sehingga pesan bisa dikirimkan tanpa pending.

9. Update WhatsApp ke Versi Terbaru

Update WhatsApp

Terakhir, Anda mungkin harus update WA ke versi terbaru agar tidak ada pesan yang pending. Pesan yang pending atau gagal dikirim bisa disebabkan karena Anda masih menggunakan versi WhatsApp yang lama.

Karena itu, jika Anda tidak menerapkan update aplikasi otomatis, harus mengeceknya di Google Play secara manual. Jika ada kata Update, berarti versi terbaru WhatsApp sudah tersedia, dan Anda harus mengunduhnya.

Cara mengatasi pesan WhatsApp pending tidak ada yang sulit, karena penyebabnya juga tidak rumit. Anda bisa pilih solusi sesuai dengan penyebabnya, misalnya jika karena koneksi error, bisa on/off data, mengaktifkan airplane mode dan lain sebagainya.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button