10 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba Saat Ingin Login

Masalah terlalu banyak mencoba yang kerap muncul berulang kali ketika melakukan login ke aplikasi Telegram bukanlah masalah besar. Pasalnya, cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba sebenarnya cukup mudah.

Perlu diketahui, sistem keamanan yang ketat dan modern ternyata tidak selamanya menyediakan kenyamanan yang sempurna. Hal ini berlaku juga pada masalah Telegram ini.

Saat percobaan masuk berkali-kali gagal, biasanya peringatan ini muncul dan membuat pengguna cukup terganggu karena percobaan login akan dibatasi.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda tidak perlu panik. Karena ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi peringatan terlalu banyak mencoba di aplikasi Telegram.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Berikut di bawah ini adalah solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah Telegram yang terlalu banyak mencoba.

1. Periksa Jaringan Internet

cara mempercepat koneksi internet yang lemot

Masalah pada jaringan seperti ketidakstabilan koneksi internet atau wifi yang terputus-putus adalah salah satu penyebab dari masalah ini. Hal yang harus Anda lakukan di sini adalah melakukan pemeriksaan jaringan internet yang digunakan.

Pemeriksaan jaringan internet bisa menggunakan situs Speednet dimana Anda melakukan pemeriksaan kecepatan. Anda juga bisa mencoba membuka dan menggunakan YouTube, dimana jika lama, maka jaringan sedang bermasalah.

Pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang prima, stabil, dan kencang. Jika tidak, pindah lokasi ke tempat dimana jaringan internet yang digunakan tidak lambat dan tidak bermasalah.

2. Restart HP

Restart HP

Melakukan restart HP pasti terpikirkan oleh Anda jika terjadi masalah pada sistem operasi maupun aplikasi yang digunakan. Cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba juga bisa dengan merestart HP.

Restart HP bisa dilakukan untuk membuat sistem lebih segar dan terasa baru ketika digunakan kembali. Silakan restart HP Anda dan buka lagi aplikasi Telegram dan coba masuk ke sana dimana jika berhasil, peringatan terlalu banyak mencoba tidak akan Anda temui.

3. Hapus Cache Telegram

Hapus Cache Telegram

Dimana-mana file cache dalam aplikasi memang menyebabkan banyak masalah. Seharusnya memang pengguna memahami hal ini dalam melakukan pembersihan file cache secara berkala, termasuk untuk aplikasi Telegram.

File cache ini sama sekali tidak bermanfaat dan sebaiknya dihapus. Berikut adalah cara menghapus file cache Telegram.

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Ketuk ikon tiga garis di sudut kiri aplikasi.
  3. Masuk ke menu Pengaturan.
  4. Pilih menu Data dan Penyimpanan.
  5. Masuk ke menu Pemakaian Penyimpanan.
  6. Lalu tekan opsi Bersihkan Cache.

Semakin sering aplikasi Telegram digunakan maka semakin banyak file cache yang berada di sana. Selain cache, data juga harus dihapus dimana Anda harus pandai memilih mana data yang akan disimpan dan mana yang akan dibuang.

4. Bersihkan Memori Internal

Bersihkan Cache Dengan Cleaner

Aktivitas bersih-bersih ternyata tidak hanya dilakukan di dunia nyata saja, tetapi juga di dunia digital. HP yang Anda gunakan ternyata sering menyimpan data sampah yang harus dibersihkan secara berkala.

Memori internal bisa sangat terbebani dengan banyaknya file sampah ini. Cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba selanjutnya adalah dengan membersihkan memori internal.

Tujuannya agar memori internal lega dan performa aplikasi, termasuk Telegram meningkat. Peringatan dan masalah terlalu banyak mencoba bisa hilang dengan meningkatnya performa aplikasi tersebut.

5. Matikan Aplikasi di Balik Layar

RAM pada HP Anda akan bekerja sangat keras ketika banyak aplikasi dibuka dan dihidupkan dalam satu waktu. Anda mungkin memiliki kebiasaan membuka Telegram dengan aplikasi lain.

Secara tidak sadar, Anda juga mungkin membuka aplikasi yang bekerja di balik layar tanpa. Secara tidak langsung, aplikasi Telegram yang Anda buka tidak akan bekerja maksimal dimana salah satu tandanya adalah munculnya banyak masalah.

Untuk menghadapi masalah tersebut, Anda bisa memeriksa aplikasi di balik layar mana saja yang hidup. Matikan semua aplikasi yang tidak diperlukan ketika menggunakan aplikasi Telegram.

6. Update Aplikasi Telegram

Update Telegram di Android

Cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba adalah dengan mengupdate versi dari Telegram yang Anda gunakan. Update ini bertujuan membuat versi Telegram yang digunakan adalah versi paling baru dengan peningkatan performa.

Versi yang lebih baru tentu kinerjanya lebih maksimal dari sebelumnya. Masalah yang ada pada versi sebelumnya pun akan dieliminasi di versi terbarunya.

Untuk melakukan update Telegram, kunjungi saja Google Play Store atau Apple App Store. Cari telegram dan lakukan update di sana sampai Anda mendapatkan versi terbaru dari telegram.

7. Gunakan VPN

Trik satu ini memang memiliki risiko yang perlu Anda pikirkan dengan baik. Pengguna VPN akan membuat dirinya seolah-olah berada di negara lain ketika mengakses suatu situs.

Alamat IP yang digunakan pun merupakan alamat IP yang non-nasional. Cara ini bisa digunakan untuk mengakali pihak Telegram bahwa Anda adalah orang yang benar-benar baru.

Gunakan VPN dan coba masuk ke sana melalui IP yang berbeda. Jika sukses, maka peringatan terlalu banyak mencoba tidak akan Anda temukan di sana.

Jika sampai pada proses loginnya bermasalah, maka akibatnya bisa fatal. Akun Telegram yang Anda miliki bisa terkunci sampai berminggu-minggu lamanya.

8. Instal Ulang Telegram

Cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang Telegram. Memang cara ini sedikit merepotkan karena Anda harus menghapus aplikasi tersebut dan memasangnya kembali.

Instal ulang ini cukup ampuh dalam mengeliminasi masalah apapun yang ada di aplikasi dan tidak tertangani. Setelah diinstal kembali, Telegram yang digunakan adalah versi terbaru yang masih segar.

9. Tunggu Sampai 2×24 Jam

Semua cara sudah dicoba tetapi tidak kunjung membuahkan hasil. Solusi selanjutnya yang harus Anda coba adalah bersabar sampai 2×24 jam agar akun Telegram Anda pulih dan login bisa dilakukan dengan baik.

Pihak Telegram sendiri memang menyediakan waktu tersebut jika terjadi masalah pada proses login. Setelah waktu tersebut terlewati, Telegram akan kembali normal dan bisa bekerja tanpa munculnya peringatan terlalu banyak mencoba.

10. Periksa Situs DownDetector

DownDetector adalah situs dimana Anda bisa memeriksa apakah sebuah situs atau layanan online yang sedang mengalami down pada servernya.

Pasalnya, salah satu penyebab kenapa masalah terlalu banyak mencoba pada aplikasi Telegram bisa terjadi adalah karena memang Telegram sedang down pada servernya.

Kunjungi situs downdetector.id lalu ketikkan Telegram ke kolom yang tersedia di sana. Maka, Anda akan mengetahui apakah server Telegram sedang down atau tidak.

Jika server Telegram down, maka artinya masalah ini terjadi kepada semua pengguna Telegram. Dan satu-satunya solusi adalah dengan menunggu hingga server Telegram kembali normal.

Akhir Kata

Meski cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba di atas cukup banyak, Anda tidak perlu bingung jika Anda tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.

Karena dengan mengetahui apa penyebabnya, maka akan diatas dengan sangat mudah. Pastikan Anda memiliki waktu luang dan cukup bersabar serta mencoba cara lain jika satu cara gagal.

Semoga bermanfaat!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button