Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Bingung kenapa akun FB tiba-tiba dinonaktifkan oleh Facebook? Tenang saja, Anda tidak perlu panik. Karena cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan sebenarnya sangat mudah.

Akun facebook yang dinonaktifkan sering dijumpai akhir-akhir ini. Pasalnya, dari pihak facebook sendiri terus berupaya untuk menghilangkan akun-akun facebook palsu, spam dan melanggar peraturan facebook.

Mengingat facebook adalah salah satu media sosial yang cukup populer di dunia, facebook akan terus menghapus atau menonaktifkan akun fb yang melanggar ketentuannya.

Namun dibalik itu semua, tidak jarang juga facebook menonaktifkan akun fb yang sebenarnya akun asli. Facebook menganggap akun fb tersebut adalah akun palsu dan spam.

Akun fb yang tidak melanggar peraturan apapun justru ikut dinonaktifkan. Dan apabila anda mengalaminya, tentu sangat menyebalkan bukan? Karena anda tidak bisa lagi mengakses akun FB anda sendiri.

Cara Mengembalikan Akun FB yang Dinonaktifkan oleh Facebook

Jika akun FB anda telah dinonaktifkan oleh pihak facebook, anda tidak perlu panik. Pasalnya, pihak facebook juga memberikan opsi untuk mengembalikan akun FB yang dinonaktifkan.

Namun ada yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu sebelum anda mengaktifkan kembali akun FB yang dinonaktifkan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Foto tanda pengenal, baik KTP, SIM, Kartu Pelajar atau sejenisnya.
  • Perangkat smartphone atau laptop.
  • Koneksi internet yang stabil.

Apabila anda bertanya-tanya, kenapa harus memerlukan foto dari tanda pengenal? Jawabannya yaitu karena anda harus melakukan verifikasi identitas agar pihak facebook tidak menganggap bahwa akun FB anda adalah akun palsu atau spam.

Jadi, pastikan anda memiliki kartu identitas atau tanda pengenal. Misalkan anda menggunakan KTP, anda harus mengambil foto KTP kemudian pastikan hasil foto jelas dan tidak buram.

Setelah anda sudah memenuhi tiga persyaratan yang diperlukan. Silahkan ikuti panduan berikut ini sesuai dengan perangkat yang anda gunakan.

Mengaktifkan FB yang Dinonaktifkan di HP

cara mengembalikan akun fb yang dinonaktifkan

Metode yang pertama yaitu menggunakan perangkat smartphone. Anda bisa menggunakan HP Android maupun iOS seperti iPhone dan iPad.

Cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan:

  1. Buka aplikasi web browser di smartphone anda.
  2. Kemudian pergi ke halaman pengajuan account disabled.
  3. Ketik alamat email atau nomor HP yang aktif.
  4. Masukkan nama lengkap dari akun FB anda.
  5. Selanjutnya upload foto tanda pengenal.
  6. Terakhir tekan tombol Kirim.

Setelah itu, cukup tunggu email atau sms masuk dari pihak facebook yang memberikan informasi bahwa akun FB sudah berhasil diaktifkan kembali.

Menggunakan Laptop

cara mengaktifkan akun fb yang dinonaktifkan

Cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan menggunakan laptop atau komputer tergolong pekerjaan yang sangat mudah. Pasalnya, anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah saja untuk melakukannya.

Berikut cara mengaktifkan akun FB yang dinonaktifkan:

  1. Kunjungi halaman My Personal Account Was Disabled.
  2. Masukkan email atau nomor HP anda ke kolom yang disediakan.
  3. Masukkan juga nama dari akun FB anda.
  4. Lalu upload foto dari kartu identitas dalam format JPG.
  5. Selanjutnya klik tombol Kirim.

Kemudian tunggu hingga pihak facebook mengirimkan informasi terkait perkembangan akun facebook anda melalui email. Anda akan diberikan informasi mengenai akun fb akan diaktifkan kembali.

Cara Mengaktifkan FB Kembali

Setelah anda mengirimkan pengajuan untuk mengaktifkan kembali akun fb yang dinonaktifkan, anda hanya perlu menunggu pihak facebook untuk meninjau pengajuan anda.

Biasanya email akan diterima dalam kurun waktu 1 hingga 2 jam sejak anda meminta mengaktifkan akun facebook. Email akan menampilkan informasi seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan FB Kembali

Email tersebut memberikan anda informasi bahwa akun FB sudah diaktifkan kembali. Sekarang Anda sudah bisa melakukan login ke akun facebook seperti biasa.

Untuk akun facebook yang memiliki nama tidak sesuai dengan kartu identitas resmi, biasanya anda akan ditampilkan opsi untuk mengubah nama. Anda bebas menentukan apakah ingin mengganti nama facebook atau tidak.

Namun agar lebih aman, lebih disarankan untuk menggantinya ke nama asli yang sesuai dengan identitas. Dengan begitu, akun FB akan lebih aman dan lebih mudah untuk mengatasi jika terjadi pembajakan akun FB oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Penyebab Akun Facebook Dinonaktifkan dan Diblokir

Meskipun cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan sangat sederhana, namun ada baiknya anda menghindari hal yang menyebabkan akun FB dinonaktifkan atau diblokir.

Berikut beberapa penyebab akun FB dinonaktifkan:

  • Menggunakan identitas orang lain atau palsu
  • Sering menyebarkan link dalam waktu singkat
  • Menyebarkan foto yang memiliki unsur dewasa
  • Menambahkan teman terlalu cepat
  • Membuat status yang melanggar kebijakan FB
  • Memberikan komentar yang melanggar kebijakan FB

Kebijakan dari facebook harus anda penuhi agar bisa menghindari hal yang tidak diinginkan seperti fitur yang diblokir hingga akun FB dinonaktifkan.

Untuk mengetahui apa saja yang dibolehkan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan di layanan facebook, anda bisa membaca lebih lengkap di halaman ketentuan layanan facebook.

Demikian cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan yang bisa anda coba pada akun FB anda. Pastikan anda mengisi formulir di halaman pengajuan dengan benar agar akun FB dapat diaktifkan kembali.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close