Cara Mengubah Android Jadi Remote

Apakah anda ingin membuat HP menjadi remote alat elektronik? Tenang saja, cara mengubah hp android jadi remote sangat mungkin dilakukan. Bahkan anda bisa mengubahnya menjadi remote tv, ac, dvd, proyektor, dan produk elektronik lainnya.

Smartphone awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi dan menikmati media sosial. Namun kini HP Android bisa digunakan remote untuk tv, ac, proyektor dan perangkat elektronik rumah tangga lainnya.

Kabar bagusnya lagi, Anda bisa menggunakan HP Android tipe apapun baik itu asus, samsung, xiaomi, oppo, vivo, realme, atau yang lainnya. Selain itu, ada berbagai jenis cara yang bisa anda gunakan untuk menjadikan hp sebagai remote.

Maka, anda tidak perlu khawatir terkait HP apa yang anda gunakan. Cukup pakai HP Android yang anda miliki, anda sudah dapat menggunakannya sebagai remote tv, ac, proyektor, dan lainnya.

Cara Mengubah HP Jadi Remote

Tidak penting perangkat HP Android yang anda gunakan, namun anda hanya perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang mampu digunakan untuk membuat HP Android menjadi remote.

Aplikasi yang dapat mengubah HP menjadi remote sebenarnya sangat banyak jenisnya. Tetapi, di Eztekno akan membahas hanya beberapa dari semua aplikasi tersebut yang paling direkomendasikan untuk anda.

ZaZa Remote

Cara membuat HP Android jadi remote TV dan AC

Aplikasi pertama yang mampu mengubah HP Android anda menjadi remote yaitu ZaZa Remote. Aplikasi ini dapat membuat HP Android jadi remote AC, TV, proyektor, DVD, kipas, dan perangkat rumah tangga yang lainnya.

Cara membuat HP Android jadi remote TV dan DVD:

  1. Instal aplikasi ZaZa Remote di HP Android via playstore.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut.
  3. Tekan ikon plus + yang berada di bagian atas.
  4. Pilih perangkat yang diinginkan (AC, TV, proyektor, DVD, kipas, dll).
  5. Tentukan merk dari perangkat yang ingin di remote.
  6. Tap ikon Power untuk menguji apakah remote bekerja atau tidak.
  7. Pilih No Response jika remote tidak berfungsi di perangkat anda.
  8. Cari terus ikon power hingga anda menemukan yang bekerja.
  9. Jika perangkat merespon tombol power, tap Has Response.

Sekarang anda sudah menemukan tipe perangkat elektronik yang sesuai dengan aplikasi di ZaZa Remote. Setelah itu, anda bebas menggunakan HP Android anda untuk mengontrol perangkat elektronik seperti remote.

Metode ini berfungsi untuk mengubah HP menjadi remote apapun baik itu TV, DVD, proyektor, kipas, atau benda elektronik lainnya yang tersedia pada aplikasi ini.

ASmart Remote IR

Cara mengubah HP Android menjadi remote TV

Aplikasi pengubah hp android jadi remote yang berikutnya yaitu ASmart Remote IR. Aplikasi ini mendukung untuk membuat HP menjadi remote kamera DSLR, AC, TV, proyektor, dan banyak lagi yang lainnya.

Cara mengubah HP Android menjadi remote TV:

  1. Pasang aplikasi ASmart Remote IR untuk HP anda.
  2. Buka aplikasi lalu tekan ikon plus yang berada di bagian atas.
  3. Kemudian tambahkan perangkat elektronik yang anda inginkan.
  4. Misalnya TV, lalu pilih merk TV anda.
  5. Silahkan menguji tombol di aplikasi apakah berfungsi atau tidak.
  6. Jika tidak maka anda harus mencari tombol yang bekerja.
  7. Apabila sudah ketemu, maka anda bisa menggunakannya.

Aplikasi ini juga memberikan tombol remote yang berguna untuk Netflix dan Hulu di beberapa merk dan jenis TV tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga sudah terbukti berhasil digunakan di HP android untuk remote tv tabung.

Mi Remote

Cara menggunakan HP Xiaomi sebagai remote TV

Mi Remote adalah aplikasi remote yang cukup populer bagi pengguna HP Android Xiaomi. Pasalnya, aplikasi ini diluncurkan oleh xiaomi yang memang ditujukan untuk pengguna Xiaomi yang ingin membuat HP mereka mampu digunakan sebagai remote tv, ac, dvd, dan lainnya.

Cara menggunakan HP Xiaomi sebagai remote TV:

  1. Download aplikasi Mi Remote controller melalui playstore.
  2. Tekan ikon plus yang berada di pojok kiri atas aplikasi.
  3. Pilih perangkat elektronik (TV, AC, Kipas, DVD, atau lainnya)
  4. Tentukan merek perangkat anda.
  5. Ikuti arahan dari aplikasi mi remote.
  6. Jika tombol bekerja, anda dapat menyimpan pengaturan tersebut.

Dengan menyimpan pengaturan yang sesuai dan bekerja pada perangkat elektronik anda, maka anda tidak perlu mengatur kembali ketika aplikasi mi remote sudah ditutup.

Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared

Mungkin ada beberapa jenis TV yang mengharuskan anda menggunakan infrared agar dapat dikontrol menggunakan remote. Namun bagaimana jika perangkat elektronik tidak menggunakan teknologi infrared?

Tidak perlu khawatir, pasalnya ada banyak pula aplikasi remote TV yang tanpa memerlukan infrared. Bagusnya lagi, aplikasi ini bisa anda gunakan secara gratis dan dapat anda pasang di HP android melalui playstore.

Aplikasi yang mampu menjadikan hp sebagai remote tv tanpa infrared:

  • Google Home
  • Roku
  • Smart IR Remote
  • SURE (Smart Universal Remote Control)
  • Universal TV Remote
  • Unified Remote

Anda bisa mencari salah satu aplikasi yang sudah disebutkan di atas melalui google play store. Aplikasi tersebut bisa digunakan dengan mudah, cukup tambahkan perangkat elektronik lalu sesuaikan tombol remote yang cocok.

Demikian artikel singkat terkait bagaimana cara mengubah HP Android jadi remote TV, DVD, AC, Kipas, Proyektor, dan perangkat elektronik lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close