Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air dapat dilakukan dengan berbagai macam cara hingga semua komponen bekerja dengan normal kembali. Speaker memang salah satu bagian HP yang paling sensitif terutama jika terkena air.

Air yang masuk ke speaker kebanyakan disebabkan ketika HP terkena air hujan atau tercebur karena kesalahan pengguna itu sendiri. Speaker sebenarnya adalah komponen HP yang bisa diganti, namun ada baiknya jika diperbaiki secara manual terlebih dahulu.

Jenis Kerusakan Saat Speaker Kena Air

Speaker memang salah satu komponen paling penting dalam sebuah smartphone. Akan menjadi masalah jika tidak berfungsi dengan baik akibat kemasukan air. Berikut ini tanda-tanda kerusakan ketika speaker terkena air:

  • Suara speaker menjadi sangat kecil meskipun volume sudah maksimal.
  • Suara menjadi terpecah-pecah.
  • Suara smartphone menjadi sembar.
  • Sama sekali tidak terdengar suara.

Jika anda mengalami masalah seperti yang telah disebutkan diatas, maka anda harus segera mencari solusinya dengan beberapa cara mengatasi speaker hp kemasukan air sebagai berikut dibawah ini.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Agar Normal

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Agar Normal

Ketika air masuk ke dalam speaker, komponen yang ada di dalam belum tentu akan langsung rusak. Ada kemungkinan air yang masuk menggenang, sehingga membuat suara pecah atau terhambat. Dengan demikian, maka  lebih baik untuk mencoba untuk menghilangkannya lebih dahulu.

Pada beberapa kasus memang HP atau speaker yang terkena air bisa kembali dengan normal dengan sendirinya, bergantung dengan tingkat keparahan. Namun jika speaker Anda masih belum kembali normal setelah terkena air, maka anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Bongkar Casing dan Baterai

Cara ini berlaku untuk pengguna HP yang tidak menggunakan baterai tanam. Biasanya air atau debu yang ada di dalam HP akan hilang dengan sendirinya jika diberikan udara. Anda hanya perlu untuk melepas casing, baterai, dan perangkat lain yang memungkinkan menghambat masuknya udara.

Setelah itu, diamkan HP selama kurang lebih 24 jam lalu coba kembali untuk menggunakan speaker yang sebelumnya kemasukan air. Jika masih belum normal berarti harus menggunakan cara lain untuk mengeringkan speaker yang terkena air.

2. Keringkan Speaker dengan Hair Dryer

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang kedua adalah dengan menggunakan hair dryer. Terlebih bagi Anda yang tidak menggunakan HP dengan baterai tanam, tinggal melepaskan casing lalu mengarahkan hair dryer ke bagian yang masih basah.

Kelebihan menggunakan hair dryer adalah Anda bisa mengatur suhu panas sebelum mulai mengeringkan HP. Selain itu, hair dryer juga bisa diarahkan secara langsung ke area speaker yang terkena air.

Berikut panduan lengkapnya:

  1. Atur suhu panas pada hair dryer ke yang paling rendah agar tidak merusak komponen HP.
  2. Arahkan ke bagian speaker, bisa juga untuk mengarahkan ke bagian lain yang memang masih basah.
  3. Beri jeda ketika sedang mengeringkan dengan hair dryer karena sebenarnya HP didesain untuk berada di tempat dengan suhu maksimum 35 derajat celcius.
  4. Setelah selesai mengeringkan diamkan HP selama 5-10 menit terlebih dahulu.
  5. Coba hidupkan kembali HP dan cek apakah gangguan yang sebelumnya terjadi pada speaker masih ada.

3.  Jemur di Tempat Hangat

Menjemur smartphone juga bisa menjadi solusi untuk mengeringkan genangan air yang ada dalam komponen. Jika memungkinkan lepas terlebih dahulu semua casing pada HP dan baterai agar tidak menghambat proses pengeringan.

Namun, apabila smartphone Anda adalah perangkat dengan baterai tanam, cukup arahkan bagian speaker ke sumber suhu hangat. Maksimum suhu panas yang dapat ditolerir oleh perangkat smartphone rata-rata maksimal 35 derajat celcius.

Berikut cara mengatasi speaker HP kemasukan air:

  1. Siapkan sebuah tempat yang terkena sinar matahari dengan suhu yang hangat.
  2. Letakan HP di tempat tersebut dan diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  3. Jangan mencoba speaker secara langsung, namun dinginkan terlebih dahulu selama beberapa menit.
  4. Setelah proses pendinginan coba hidupkan HP untuk memutar audio dan coba apakah masalah suara speaker sudah jelas atau belum.

4. Bersihkan dengan Klip Kertas

Membersihkan genangan air pada lubang speaker juga patut untuk dicoba, debu yang menghambat suara speaker bisa juga dibersihkan. Namun, pastikan Anda membersihkan lubang speaker secara perlahan agar tidak merusak komponen yang ada di dalamnya.

Meskipun cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air ini cukup efektif, namun anda juga harus berhati-hati. Karena jika anda tidak berhati-hati dalam membersihkannya, maka bukannya kembali normal namun justru speaker HP menjadi rusak dan tidak berfungsi.

5.  Gunakan Kipas Angin

Kipas angin juga bisa menjadi media untuk mengeringkan HP yang kemasukan air. Anda hanya perlu mengarahkan speaker ke arah kipas angin selama beberapa menit. Disarankan untuk menggunakan volume kipas angin yang paling kencang.

Selanjutnya, diamkan HP selama beberapa menit lalu coba kembali apakah speaker sudah berfungsi secara normal. Menggunakan kipas angin terhitung lebih aman karena tidak memerlukan panas yang berpotensi merusak komponen HP.

6. Meletakkan HP ke Dalam Beras

Selain memanfaatkan kipas angin, cara lain yang terhitung aman adalah dengan menggunakan beras. Pada dasarnya beras memiliki sifat untuk menyerap air, alhasil bisa digunakan untuk mengeringkan komponen speaker yang terkena air.

Caranya cukup mudah dan sama sekali tidak beresiko, Anda hanya perlu menyiapkan semangkuk beras kemudian kubur HP selama beberapa waktu. Agar proses penyerapan maksimal, disarankan untuk mengubur beras selama 1-2 hari.

7. Bawa HP ke Tempat Servis

Apabila cara-cara sebelumnya tidak berhasil, maka opsi terakhir adalah dengan membawa HP ke tempat servis karena butuh tindakan lebih lanjut. Teknisi kemudian akan memeriksa secara rinci apakah speaker Anda butuh diganti atau tidak.

Biaya untuk melakukan servis speaker sendiri tanpa mengganti ada di kisaran harga Rp 50 hingga Rp 100 ribu. Berbeda cerita jika teknisi menyarankan untuk mengganti speaker, maka biayanya akan lebih mahal sekitar Rp 200 hingga Rp 300 ribu.

Jangan langsung terburu-buru untuk memutuskan membawa HP ke tempat servis sebelum Anda mencoba cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Tidak sedikit juga yang sudah berhasil menerapkan cara-cara tersebut, lho. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button