Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu

Vivo adalah salah satu brand smartphone terbaru yang sejak beberapa tahun terakhir mulai masuk ke pasar Indonesia. Meskipun masih terhitung baru, akan tetapi produk tiruan dari Vivo masih bisa dengan mudah ditemukan, sehingga konsumen perlu mengerti cara cek HP Vivo asli atau palsu.

Membedakan antara produk asli dan palsu memang terkadang membingungkan, karena produsen pemalsu smartphone juga berupaya membuat smartphone yang sangat mirip. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ciri bagaimana sebuah smartphone dapat terlihat asli atau palsu.

6 Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu

Selalu ada kesenjangan antara produk asli dan produk asli, produsen smartphone asli umumnya tidak akan pernah melakukan kesalahan-kesalahan kecil. Misalnya adalah seperti adanya kesalahan penulisan seperti typo pada tulisan di dusbook.

Hal penting lain adalah smartphone asli ketika pertama kali dibeli tidak akan memunculkan masalah performa. Berbeda dengan produk palsu yang memang menggunakan komponen seadanya, oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara membedakan HP Vivo asli dan palsu, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Cocokan Dengan Dusbook

cek vivo asli atau palsu

Lima atau sepuluh tahun yang lalu sangat mudah untuk membedakan antara smartphone asli dan palsu. Pasalnya, kebanyakan produk palsu di waktu itu tidak memiliki dusbook seperti versi asli, namun sekarang sudah banyak sekali produk palsu yang mengenakan dusbook.

Namun, tetap saja kebanyakan akan tetap ada hal mencolok yang membuat produk asli dan palsu berbeda. Biasanya keterangan spesifikasi pada dusbook berbeda dengan spesifikasi device, Anda bisa membaca keterangan di dusbook dan mencocokannya dengan device HP vivo anda.

2. Cek IMEI HP Vivo

cara cek hp vivo asli atau palsu dengan imei

Vivo sudah sepenuhnya menyadari jika produk smartphone mereka sangat rentan untuk ditiru. Sehingga perusahaan asal China ini merilis sebuah situs untuk mengecek IMEI, guna mengetahui asli atau tidaknya sebuah produk.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang biasanya wajib dimiliki oleh setiap produk smartphone. Apabila Anda coba mengecek IMEI pada website yang sudah disediakan oleh Vivo, biasanya akan menunjukan produk tersebut asli atau tidak.

Berikut cara mengetahui IMEI HP Vivo untuk cek asli atau palsu:

  1. Buka Menu Settings > More Settings > About Phone.
  2. Pada halaman About Phone, akan tampil keterangan mengenai Nomor IMEI.
  3. Buka browser lalu kunjungi halaman Otentikasi IMEI Vivo.
  4. Masukan nomor IMEI pada kolom tersebut.
  5. Kemudian berikan tanda centang pada kotak untuk menyetujui.
  6. Setelah itu, tekan Tombol Biru yang berada di bawah kolom.
  7. Jika HP Vivo Anda asli, maka muncul spesifikasi yang sesuai dengan yang Anda miliki.

3. Cek Sensitivitas Layar

cek hp vivo asli atau tidak

Smartphone asli sudah pasti menggunakan komponen yang kualitasnya terjamin, salah satunya adalah layar dengan bahan fiber glass. Berbeda dengan produk palsu yang pada bagian layar biasanya menggunakan bahan dari plastik sehingga mengurangi sensitivitas layar dan mudah retak.

Selain menggunakan cara manual untuk mengecek sensitivitas layar, Anda juga bisa memanfaatkan mode factory reset yang tersedia pada menu default Vivo. Jika Anda masih belum mengetahui caranya, cukup ikuti caranya dibawah ini:

  1. Buka Menu Dial Phone sama seperti ketika akan melakukan panggilan keluar.
  2. Tekan *#558# pada HP Vivo Anda untuk memulai pengecekan.
  3. Pada halaman utama Factory Reset, pilih Menu Engineering Test.
  4. Setelah itu, pilih opsi Touchscreen Test.
  5. Ikuti petunjuk lengkap yang tersedia ketika melakukan Touchscreen Test.
  6. Jika layar responsif dan tidak lemot, maka HP Vivo dipastikan asli.

4. Tes Performa HP

hp vivo asli

Normalnya, sebuah smartphone ketika baru pertama kali dibeli akan menampilkan performa yang sangat baik karena semua komponen masih bagus.  Berbeda cerita dengan smartphone palsu yang hanya menggunakan komponen tiruan.

Oleh karena menggunakan komponen tiruan, tentu saja performa smartphone Vivo palsu tidak akan sebagus dari versi asli. Nah, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengetes apakah performa smartphone Vivo Anda baik atau tidak.

Cara cek HP Vivo asli atau tiruan, KW, maupun palsu:

  • Multitasking: Smartphone baru rata-rata tidak akan menemukan masalah berarti ketika harus menjalankan dua program secara bersamaan atau multitasking. Berbeda dengan smartphone palsu yang akan mengalami lag.
  • Matikan Ponsel: Sebuah smartphone terutama yang masih baru dibeli akan sangat cepat untuk merespon perintah untuk mematikan daya. Sementara smartphone palsu, biasanya akan membutuhkan waktu beberapa detik sebelum benar-benar mati.
  • Kualitas Kamera: Resolusi kamera dari smartphone palsu akan berbeda dengan keterangan. Biasanya kamera pada smartphone palsu lebih buruk dibandingkan dengan yang asli.

5. Gunakan Kode Rahasia

kode rahasia hp vivo

Smartphone yang benar-benar diproduksi oleh Vivo bisa mengeksekusi perintah dari kode-kode rahasia dari produsen asal China ini. Vivo memiliki beberapa kode rahasia dengan fungsi yang berbeda-beda.

Sebaliknya, smartphone palsu tidak akan mampu mengeksekusi kode-kode khusus ini karena aksesnya diblokir oleh Vivo. Biasanya keterangan yang muncul adalah Invalid MMI Error Code dan keterangan error lainnya.

Berikut beberapa kode rahasia HP Vivo yang bisa Anda coba:

  • *#06#
  • *#0842#
  • *#558#
  • *#0589#
  • *#0782#
  • *#0001#
  • *#32489#
  • ##0289#
  • *#*#36245#*#*
  • *#*#4838#*#*

6. Periksa Desain Fisik HP

cara cek hp vivo

Menilai smartphone asli atau tidaknya smartphone Vivo dari desain fisik mungkin agak sedikit susah karena tidak semua seri memiliki ciri seperti ini. Namun, berdasarkan beberapa pengalaman dari orang yang pernah terkecoh membeli smartphone Vivo ada beberapa tanda fisik yang mencolok.

Biasanya tanda tersebut terletak pada peletakan tombol volume dan tombol power. Kedua tombol tersebut dipisahkan oleh jarak yang tidak wajar. Berbeda dengan produk asli yang tersusun dengan rapi.

Secara umum, konsumen terkadang masih kesulitan untuk membedakan antara smartphone yang asli dan palsu. Namun dengan cara cek HP Vivo asli atau palsu dalam artikel ini, setidaknya dapat membantu Anda mengenali mana yang palsu dan asli.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button