Cara Cek Samsung Asli atau Palsu

Samsung adalah salah satu brand smartphone paling terkemuka dengan jangkauan produksi nyaris mencakup seluruh negara di dunia. Sayangnya, produk smartphone Samsung palsu masih banyak beredar sehingga konsumen perlu mengetahui cara cek Samsung asli atau palsu.

Pada era globalisasi saat ini semakin banyak peredaran barang-barang palsu, kebanyakan barang palsu tersebut berupa smartphone atau HP imitasi. Jika dilihat secara sekilas memang nyaris tidak ada perbedaan antara yang asli dan palsu, sehingga butuh cara-cara khusus.

Meskipun disepelekan sebagian besar orang, namun memastikan apakah HP samsung asli atau tidak sebenarnya cukup penting. Pasalnya, apabila anda mendapatkan samsung palsu, maka performa HP tidak akan bisa seperti yang diharapkan.

HP samsung palsu umumnya memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah daripada aslinya. Walau dari segi harga banyak ditemukan yang lebih murah, namun jangan berharap lebih dengan HP samsung palsu karena kinerja dari HP tersebut tidak bisa disamakan dengan yang asli.

5 Cara Cek Samsung atau Palsu

Semakin berkembangnya zaman, juga membuat produsen barang palsu semakin spesifik untuk melakukan imitasi atau duplikat dari produk Samsung asli. Namun, faktanya ada beberapa hal yang secara spesifik bisa menjadi pembeda antara produk asli dan palsu.

Perbedaan ini bisa menjadi semacam panduan bagi Anda apabila meragukan orisinalitas smartphone Samsung yang beredar di pasaran. Berikut 6 cara cek atau membedakan antara HP samsung asli atau palsu yang bisa anda coba.

1. Cek Melalui Kode Rahasia

cara cek hp samsung asli atau palsu dengan kode rahasia

Smartphone Samsung original didesain untuk dapat mengeksekusi beberapa kode tertentu, yang hanya bisa dijalankan pada versi yang asli. Jika smartphone Samsung Anda gagal mengeksekusi ini, kemungkinan besar Anda menggunakan perangkat Samsung palsu.

Pasalnya, produk palsu sudah pasti tidak dibekali dengan hardware layaknya versi perangkat yang asli. Kode ini adalah sebuah kombinasi nomor yang sama persis ketika Anda akan mengecek pulsa atau Imei pada telepon seluler.

Berikut cara cek HP samsung asli atau palsu dengan kode rahasia:

  1. Buka menu dial seperti ketika akan melakukan panggilan telepon biasa.
  2. Ketikan kombinasi nomor *#1234# lalu tekan Call atau Panggil.
  3. Anda akan mendapatkan informasi mengenai tipe HP dan yang lain-lain.
  4. Jika benar, maka HP samsung dipastikan asli.
  5. Selesai.

Namun jika smartphone samsung Anda gagal menjalankan kode ini kemungkinan besar adalah produk palsu. Cara yang pertama ini cukup akurat untuk menentukan apakah HP samsung itu asli atau tidak.

2. Kelengkapan Fisik HP Samsung

cek Samsung asli atau palsu

Cara cek Samsung asli atau palsu yang kedua adalah dengan melihat kelengkapan fisik serta performa dari smartphone yang Anda gunakan. Sebagai produsen asli, Samsung sebenarnya sudah menyadari jika mereka butuh membuat produk unik dari segi fisik sehingga tidak bisa ditiru.

Samsung palsu biasanya memiliki kelengkapan fisik yang tidak rapi seperti versi asli, sehingga akan sedikit mudah untuk membedakan keduanya. Terlebih lagi, produk palsu juga tidak dilengkapi perangkat hardware yang mumpuni.

Berikut panduan pengecekannya:

  • Cek kecerahan dari smartphone yang Anda gunakan. Samsung versi asli akan menimbulkan warna cerah yang hidup sebaliknya, Samsung palsu akan menampilkan warna kusam.
  • Tombol Power dan Volume pada smartphone versi original akan terpisah pada jarak yang wajar. Berbeda dengan produk palsu yang memiliki jarak agak jauh antara kedua tombol tersebut.
  • Periksa permukaan layar smartphone, jika terasa seperti plastik yang mudah pecah dan tidak seperti fiber glass maka kemungkinan besar adalah Samsung palsu atau tiruan.
  • Sensor produk Samsung asli terkenal sangat responsif terhadap sentuhan hal ini berbeda dengan produk palsu yang tidak responsif.

3. Cek IMEI Smartphone

cara cek Samsung asli atau palsu melalui IMEI

Cara ketiga ini menjadi andalan bagi para pengguna yang ingin mengetahui apakah produknya asli atau palsu. IMEI adalah akronim dari International Mobile Equipment Identity, sebuah nomor unik yang dimiliki oleh setiap perangkat smartphone.

Idealnya sebuah smartphone akan memiliki nomor IMEI untuk keperluan identifikasi. Produk Samsung palsu jelas tidak memiliki nomor IMEI karena diproduksi secara ilegal.

Anda bisa mengikuti cara cek Samsung asli atau palsu melalui IMEI dibawah ini:

  1. Masuk ke Menu Settings atau Pengaturan pada HP Samsung Anda.
  2. Klik Menu About Phone, keterangan nomor serial IMEI akan muncul pada menu ini.
  3. Kunjungi situs cek IMEI resmi melalui tautan ini imei.kemenperin.go.id.
  4. Masukan nomor IMEI yang tadi Anda dapatkan melalui Menu About Phone.
  5. Jika sudah, maka akan muncul hasilnya.

Apabila nomor IMEI valid, maka akan memunculkan keterangan tipe dan spesifikasi HP sesuai dengan yang Anda miliki. Namun sebaliknya juga, jika tidak maka dipastikan HP samsung tersebut adalah palsu.

4. Tes Kinerja Smartphone

cara cek samsung asli atau tidak

Smartphone yang memang asli diproduksi oleh Samsung apalagi dalam kondisi baru dibeli akan menampilkan performa cepat dan responsif. Berbanding terbalik dengan produk palsu yang biasanya kerap gagal ketika dicoba untuk menjalankan program berat.

Hal ini karena Samsung palsu tidak melalui proses produksi layaknya versi asli. Sehingga akan ada komponen-komponen palsu yang hanya ditujukan agar produk palsu tersebut mirip dengan yang asli, bukan untuk menjamin performa.

  • Gunakan Kamera untuk Mengambil Gambar: Produk Samsung asli akan selalu menampilkan hasil jepretan yang sesuai dengan resolusi kamera. Jika resolusi kamera tinggi, maka hasil foto juga akan bagus, sedangkan resolusi kamera produk palsu cenderung lebih buram.
  • Durasi Ketika Mematikan Ponsel: Smartphone Samsung asli yang baru dibeli tentu akan sangat cepat dan responsif dalam menerjemahkan perintah untuk mematikan ponsel. Sementara versi palsu akan memakan waktu lebih lama.
  • Coba Gunakan Untuk Multitasking: Komponen produk Samsung palsu sudah pasti tidak sebagus versi asli, alhasil ketika smartphone digunakan untuk multitasking akan terasa lemot atau lamban.

5. Bandingkan Dusbook dengan Perangkat

Samsung dengan Dusbook

Smartphone palsu biasanya juga akan dilengkapi dengan dusbook guna meyakinkan konsumen jika produk tersebut asli. Namun, keterangan yang ada dalam dusbook sudah hampir pasti tidak akan sama dengan perangkat.

Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara keterangan yang ada dalam dusbook dengan smartphone. Bila ada sedikit saja perbedaan, maka bisa dipastikan smartphone tersebut produk tiruan atau palsu.

Membedakan produk Samsung asli dan palsu memang membutuhkan ketelitian, akan lebih mudah jika Anda adalah pengguna Samsung sejak lama. Namun, bagi Anda yang bukan pengguna Samsung bisa mengikuti panduan cara cek Samsung asli atau palsu di atas.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button