Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu

Menurut laporan terakhir, HP Oppo KW atau tiruan paling banyak ditemukan di Malaysia. Agar tidak terkecoh membeli produk palsu, Anda perlu mengetahui cara cek HP Oppo asli atau palsu.

Jika diperhatikan secara sekilas, memang tidak ada perbedaan berarti antara produk asli dengan palsu, karena keduanya memiliki desain yang relatif sama.

Nah, oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa cara untuk cek HP Oppo antara yang asli atau yang KW sebelum anda membeli HP bekas maupun baru.

7 Cara Membedakan HP Oppo Asli atau Palsu

Cek HP Oppo asli dengan yang palsu membutuhkan ketelitian karena secara fisik nyaris tidak perbedaan antara keduanya.

Meskipun demikian, tetap saja sebuah produk palsu akan banyak memiliki celah tidak seperti produk asli. Berikut beberapa diantaranya.

1. Dengan Cek IMEI

cara cek hp oppo asli atau palsu dengan IMEI

Cara pertama untuk membedakan smartphone Oppo asli atau palsu adalah dengan menggunakan IMEI atau sebuah nomor identitas. HP yang diproduksi secara resmi jelas akan memiliki IMEI yang ketika di cek akan memunculkan spesifikasi ponsel.

Berbeda dengan smartphone palsu yang menggunakan nomor IMEI palsu, alhasil ketika di cek tidak akan memunculkan tanda apapun. Berikut cara cek hp oppo asli atau palsu dengan IMEI melalui situs resmi:

  1. Pertama, masuk ke dalam Menu Dial Pad.
  2. Kemudian ketikan nomor *#06# lalu panggil.
  3. Setelah itu, akan muncul keterangan mengenai nomor IMEI HP Oppo.
  4. Catat nomor IMEI tersebut untuk diperiksa.
  5. Kunjungi situs pengecekan IMEI Oppo melalui tautan berikut ini.
  6. Selanjutnya, masukkan nomor IMEI tersebut lalu selesaikan Captcha.
  7. Jika HP Oppo asli, maka akan muncul keterangan lengkap dengan spesifikasi yang sesuai.

Metode pengecekan IMEI adalah salah satu cara yang paling efektif dan akurat untuk membedakan apakah HP Oppo tersebut asli atau KW dan tiruan.

2. Cek Performa HP

cek hp oppo asli atau kw

Engineering Mode pada smartphone Oppo memungkinkan Anda untuk mengecek performa beberapa komponen smartphone. Dari pengecekan komponen ini, Anda bisa menyadari ada atau tidaknya kerusakan pada smartphone.

Logikanya sederhana, secara normal smartphone yang baru dibeli akan memiliki performa yang prima. Berbanding terbalik dengan barang palsu yang biasanya diproduksi dengan menggabungkan beberapa komponen bekas.

Berikut caranya dibawah ini:

  1. Masuk ke menu Dial Pad sama seperti ketika akan melakukan panggilan telepon.
  2. Ketikan kode *#800# lalu secara otomatis Anda akan masuk pada menu Engineering Mode.
  3. Kemudian anda harus memilih salah satu opsi engineering mode.
  4. Ada opsi untuk mengecek baterai, koneksi internet, hingga sensitivitas sentuhan pada HP.
  5. Periksa kinerja HP Oppo melalui menu yang disediakan.
  6. Selesai.

Kesimpulannya adalah jika performa dari HP Oppo bagus, maka bisa dipastikan HP Oppo tersebut asli. Dan sebaliknya juga, jika performa HP tidak maksimal maka HP Oppo kemungkinan besar adalah palsu.

3. Periksa Kualitas Kamera

hp oppo asli

Oppo adalah satu smartphone yang mengandalkan kualitas kamera untuk bersaing dengan produk lain. Produk terbaru dari Oppo bahkan sudah ada yang menyisipkan kamera dengan ukuran 25 MP.

Hal ini juga bisa menjadi patokan untuk menentukan kualitas foto apakah itu asli sesuai dengan kapasitas kamera. Pasalnya, jika anda menggunakan kamera dari produk Oppo palsu, biasanya hasil jepretan foto tidak bagus dan buram.

Hasil foto yang buram ini memang disebabkan oleh kualitas kamera yang jelek bukan karena goresan atau debu yang menempel pada lensa.

4. Kode Rahasia Oppo

cara cek hp oppo asli atau palsu dengan kode

Oppo didesain untuk dapat menerima panggilan yang berasal dari kode-kode khusus yang tidak bisa berjalan pada smartphone merk lain. Nah, kode ini hanya bisa dieksekusi oleh smartphone yang memang benar-benar diproduksi oleh pabrikan Oppo.

Berbeda halnya dengan smartphone palsu yang tidak dapat mengeksekusi kode-kode rahasia Oppo. Ketika dicoba biasanya smartphone Oppo akan menampilkan keterangan Invalid Code MMI.

Berikut cara cek hp oppo asli atau palsu dengan kode:

  • Kode *#1234# : Berfungsi untuk mengecek deskripsi dan kelengkapan firmware smartphone Oppo.
  • Kode *#06# : Berfungsi untuk mengecek nomor IMEI pada sebuah smartphone Oppo.
  • Kode *#07# : Berfungsi untuk mengecek history perubahan smartphone sejak pertama kali diaktifkan.
  • Kode *#$4636##* : Memberikan keterangan dan deskripsi lengkap untuk sebuah perangkat.

5. Datang ke Gerai Oppo

Berkaca dari kasus terungkapnya peredaran smartphone Oppo besar-besaran di Malaysia, semua temuan itu berawal dari banyaknya konsumen yang mendatangi pusat service center Oppo. Ketika dicek, sebanyak 644 konsumen terbukti terkecoh membeli smartphone Oppo palsu.

Berkaca dari kasus tersebut, maka mendatangi gerai resmi Oppo juga bisa menjadi solusi untuk mengecek apakah sebuah produk smartphone asli atau tidak. Anda bisa mengunjungi service center terdekat di kota Anda.

6. Kecerahan Smartphone

Smartphone Oppo asli memiliki tingkat kecerahan yang bagus sehingga gambar yang tampil pada layar akan terlihat lebih jelas karena adanya kerekatan antara pixel. Berbeda dengan smartphone palsu yang biasanya akan menampilkan warna yang cenderung buram.

Kualitas smartphone palsu memang rata-rata berada di bawah smartphone asli, terutama dari segi kamera, layar, dan performa. Akan lebih mudah jika Anda sebelumnya merupakan user Oppo, sehingga sudah hafal karakteristik serta kelebihan dan kekurangan produk ini.

7. Perbedaan Harga

Oppo menerapkan kebijakan harga yang sama untuk negara terlepas dari seberapa besar pajak yang dikenakan sebuah negara untuk produk import. Smartphone Oppo asli biasanya tidak memiliki perbedaan harga yang jauh antara satu dengan yang lain.

Begitu juga dengan masalah garansi karena secara umum biasanya Oppo akan memberikan garansi resmi yang berlaku untuk semua service center resmi seluruh di Indonesia.

Nah itulah beberapa cara cek HP Oppo asli atau palsu yang bisa anda coba. Semoga dengan beberapa tips diatas anda bisa menghindari untuk membeli HP Oppo yang palsu, Kw, maupun tiruan.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button