7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Aplikasi yang tidak bisa dibuka di HP Android memiliki banyak kemungkinan kompleks yang menjadi penyebab permasalahan tersebut. Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android ini membutuhkan identifikasi masalah terlebih dahulu sebelum menentukan solusi yang tepat.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda tidak perlu panik maupun khawatir. Karena aplikasi yang tidak bisa dibuka adalah masalah yang cukup umum terjadi kepada pengguna HP Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Tidak semua pengguna Android bisa langsung mengerti masalah apa yang terjadi ketika sebuah aplikasi tidak bisa dibuka.

Karena ada banyak kemungkinan, maka di sini kami akan bagikan beberapa cara untuk mengatasi aplikasi aplikasi di Android tidak bisa dibuka dengan cara semudah mungkin.

1. Gunakan Aplikasi yang Kompatibel

Identifikasi pertama yang dicurigai sebagai penyebab kenapa aplikasi Anda tidak bisa dibuka adalah aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan perangkat yang Anda gunakan.

Beberapa aplikasi memang tidak bisa mencakup semua versi Android dan merk smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Biasanya, game berat dengan pengembang besar seperti Fortnite dan Apex Legends Mobile tidak kompatibel dengan semua perangkat yang ada saat ini. Hanya beberapa perangkat saja yang bisa membuka aplikasi-aplikasi tersebut.

Jadi solusi untuk penyebab ini adalah silakan ubah versi aplikasi dengan aplikasi yang kompatibel dengan perangkat yang sedang Anda gunakan.

2. Update Aplikasi

Permasalahan aplikasi yang tidak bisa dibuka juga seringkali berkaitan dengan versi aplikasi yang sudah usang. Biasanya aplikasi yang sudah terlalu lama tidak diupdate akan ketinggalan kompatibilitas dengan server yang tersambung dengannya.

Error yang terjadi membuat aplikasi gagal berjalan sehingga harus dilakukan pembaruan. Tentu saja satu-satunya solusi dari permasalahan ini adalah melakukan update pada aplikasi tersebut.

Anda bisa mengupdatenya seperti biasa melalui store dimana Anda mendownload aplikasi itu. Contohnya melalui aplikasi Play Store maupun store bawaan smartphone (Bloatware).

3. Install Ulang Aplikasi

Pilihan lain jika Anda tidak bisa update aplikasi karena tidak ada pembaruan tersedia atau memang selalu gagal ketika update aplikasi, yaitu dengan menginstall ulang aplikasi tersebut. Ini juga akan mengantisipasi jika terdapat banyak masalah pada file yang sebelumnya sudah ada pada HP.

File-file bermasalah ini sebaiknya dihapus dahulu melalui proses uninstall. Atau jika Anda kurang yakin dengan proses pembersihan oleh sistem, Anda juga bisa menghapus file-file residu proses uninstall secara manual tentunya dengan sangat hati-hati.

Setelah itu file yang rusak atau bermasalah tadi akan digantikan dengan file baru dari hasil install ulang. Jika memang masalahnya terdapat pada aplikasi sebelumnya, maka cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android pada poin ini akan bekerja dengan baik.

4. Paksa Berhenti Aplikasi

Paksa Berhenti Aplikasi

Aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa dibuka padahal sebelumnya bisa kemungkinan terdapat masalah pada proses yang berjalan. Karena seperti yang kita ketahui, sebagian aplikasi memiliki background process yang berjalan di latar belakang walaupun aplikasinya sudah ditutup.

Nah, proses inilah yang bermasalah dan menyebabkan stuck pada aplikasi tersebut sehingga membuatnya tidak bisa dibuka.

Mungkin proses di latar belakang ini tidak terlihat secara kasat mata seperti proses aplikasi pada umumnya, tapi Anda tidak perlu khawatir. Karena smartphone sudah menyediakan fitur untuk menghentikan setiap proses yang berjalan di latar belakang yang sudah tidak diperlukan.

Berikut caranya:

  1. Masuk ke pengaturan smartphone
  2. Kemudian masuk ke pengaturan aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang ingin dihentikan
  4. Selanjutnya tap opsi Paksa Berhenti
  5. Selesai.

Proses tersebut akan memaksa aplikasi untuk berhenti. Dengan demikian, semua proses akan kembali seperti semula dan bisa mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka Android yang menjadi permasalahan utama.

5. Restart Smartphone

Restart HP

Jika tidak ada masalah dengan file-file aplikasi atau aplikasi itu sendiri, penyebab lain yang perlu dicurigai adalah perangkat smartphone yang sedang digunakan. Error yang terjadi pada sisi smartphone terkadang juga bisa membuat beberapa aplikasi tidak bisa dibuka.

Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android untuk kasus yang satu ini cara mengatasinya sangatlah mudah. Karena Anda hanya perlu melakukan restart pada smartphone. Sehingga sistem akan ter-refresh dan diharapkan masalah sebelumnya bisa teratasi.

Aplikasi pun bisa terbuka seperti semula dan kemungkinan stuck atau masalah tidak bisa dibuka tersebut tidak akan terulang di lain waktu.

6. Coba Gunakan Aplikasi Versi Lain

Ini adalah alternatif ketika Anda benar-benar tidak bisa membuka aplikasi yang sedang digunakan tersebut. Solusinya adalah gunakan aplikasi versi lain yang masih berkaitan dengan aplikasi yang tidak bisa dibuka tersebut.

Karena terkadang beberapa aplikasi memiliki versi yang berbeda-beda yang masih bisa digunakan. Solusi ini digunakan sebagai antisipasi bahwa versi terbaru sudah tidak bisa digunakan pada smartphone Anda.

Kasus ini sering dijumpai pada smartphone yang sudah lama dan menggunakan sistem operasi lawas seperti Android 7.0 ke bawah.

7. Factory Reset

Factory Reset HP Android

Jika semua cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android sudah dicoba dan tidak berhasil, maka jalan terakhir yang bisa diambil adalah melakukan factory reset. Cara ini memang sangat beresiko karena Anda akan kehilangan semua data yang ada di smartphone saat ini.

Tapi kemungkinan berhasilnya sangat tinggi. Karena smartphone Anda akan benar-benar kembali ke setelan pabrik dan semua konfigurasi yang ada di dalamnya kembali seperti kondisi smartphone masih baru. Jika Anda melakukan cara ini, sangat disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Akhir Kata

Sebelum melakukan langkah cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android di atas, sangat disarankan untuk mengetahui dahulu secara spesifik masalah yang terjadi.

Hal ini akan membuat proses menjadi lebih efisien karena Anda bisa langsung menentukan akan memakai cara atau solusi yang mana paling efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memperbaiki masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka di HP Android ini. Selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button