3 Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti

Apakah ponsel Android Anda mengalami layanan Google Play terhanti secara tiba-tiba? Anda harus tahu cara mengatasi layanan Google Play berhenti pada perangkat Android ada berbagai cara.

Masalah ini sering dialami oleh pengguna smartphone Android. Mengingat layanan Google Play menjadi hal wajib bagi pengguna perangkat Android.

Namun saat fungsi dan layanannya bermasalah, penggunaan ponsel juga terganggu. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara untuk mengatasi layanan Google Play berhenti sebaik mungkin.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti Terus

Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti Terus di HP Android

Nyatanya, ada banyak cara untuk mengatasi layanan Google yang tidak dapat digunakan karena terus berhenti. Jadi, sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing perangkat yang digunakan saja sebelum menerapkan salah satu caranya.

Jika cara pertama tidak berfungsi atau kurang berhasil, coba saja dengan cara selanjutnya. Untuk lebih lengkapnya, cek tutorial berikut agar Anda paham:

1. Muat Ulang HP

Ini adalah cara yang paling sederhana dan biasanya sering digunakan pengguna pemula atau mahir. Caranya bisa dilakukan di rumah masing-masing tanpa perlu pergi ke tukang service terlebih dahulu.

Bagaimana caranya? Bagi yang penasaran bisa langsung cek tutorialnya berikut ini:

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol Power beberapa detik terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih Power Off.
  3. Tunggu sampai perangkat benar-benar mati.
  4. Hidupkan perangkat memakai tombol power kembali.

Memuat ulang pada handphone biasanya dapat mengatasi berbagai masalah yang kerap terjadi pada smartphone. Tujuannya agar sistem kembali segar dan bisa digunakan untuk berbagai tugas dengan optimal kembali.

Muat ulang pada smartphone juga bisa digunakan untuk salah satu cara mengatasi layanan Google Play berhenti dan tidak berfungsi seperti biasanya. Coba saja dan kemungkinan bisa mengatasi masalah yang Anda alami.

2. Bersihkan Data dan Cache Google Play Services

Hapus Cache Layanan Google Play

Umumnya, cache atau data sampah di dalam aplikasi juga membuat Google Play berhenti dan tidak dapat digunakan seperti biasanya. Oleh karena itu, tak ada salahnya membersihkan data cache pada aplikasi terlebih dahulu baru coba kembali.

Masih bingung dengan tutorial untuk membersihkan cache pada perangkat Android? Tenang saja karena caranya mudah dan tidak ribet sama sekali. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka Settings pada perangkat terlebih dahulu.
  2. Akses ke Apps atau App management.
  3. Pilih aplikasi Google Play Services.
  4. Ketuk menu Storage atau Penyimpanan.
  5. Pilih tombol Clear Cache untuk memulai membersihkan sampah pada aplikasi.

Membersihkan data sampah atau cache di dalam aplikasi menjadi cara mengatasi layanan Google Play berhenti ini tergolong ampuh dan cukup akurat untuk dilakukan. Pasalnya, penumpukan berkas yang tidak terpakai bisa membuat layanan pada Google Play Store jadi terganggu.

3. Menghapus Pembaruan Layanan Google Play Store

Uninstal Pembaruan Google Play Store

Bisa juga yang menyebabkan layanan Google Play Store berhenti adalah karena adanya pembaruan layanan. Selain layanan Google Play jadi terganggu, pembaruan juga membuat koneksi internet jadi tidak maksimal karena terlalu boros.

Bagaimana cara menghapus pembaruan layanan pada Google Play Store? Bagi yang bingung bisa ikuti tutorial berikut ini:

  1. Buka Apps atau App management melalui menu Pengaturan.
  2. Ketik pilihan aplikasi Google Play Services.
  3. Lalu masuk ke dalam pengaturan aplikasi Google Play Services. tersebut.
  4. Ketuk Uninstall updates.
  5. Konfirmasi perintah dengan mengetuk tombol Ok.

Mengembalikan Google Play ke versi yang lebih lawas juga bisa dicoba untuk mengatasi layanan Google Play Store yang terus terhenti. Jadi coba saja dan buktikan sendiri hasilnya.

Play Store adalah gudangnya aplikasi penting yang digunakan di perangkat Android. Wajar jika cara mengatasi layanan Google Play berhenti harus dipahami dengan baik supaya bisa menangani masalah ini tanpa kendala. 

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button