7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Paling Mudah

Setiap orang punya kesempatan untuk menghasilkan foto yang ciamik hanya dengan menggunakan kamera smartphone, tapi apa jadinya jika kamera Anda terhalang embun? Simak beberapa cara menghilangkan embun di kamera HP supaya hasil jepretan Anda tidak buram lagi.

Kamera HP yang berembun bisa diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah HP Anda sempat terkena air atau disimpan di tempat yang basah seperti saku celana saat kehujanan. Hasil foto yang dihasilkan juga akan tampak kurang jernih.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP yang Ampuh

Jika saat ini Anda sedang mengalaminya, tenang saja. Embun yang menghalangi kamera HP ternyata bisa dihilangkan dengan beberapa cara berikut:

1. Direndam dalam Beras

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menyimpan HP yang terendam atau tertutupi beras ke dalam wadah rapat. Biarkan seperti itu dalam beberapa waktu ke depan. 

Bahkan, Anda bisa menyimpannya semalaman ditinggal tidur. Hal ini dilakukan karena beras mempunyai sifat serap yang besar. 

Jangan lupa untuk menonaktifkan HP terlebih dahulu sebelum menguburnya di dalam beras.

2. Menggunakan Silica Gel

Selain menggunakan beras, Anda juga bisa menyimpan HP dengan silica gel yang biasa ditemui di dus sepatu, makanan, atau produk lainnya.

Sekedar informasi, silica gel ini berperan untuk melembabkan. Jika HP Anda memiliki baterai yang bisa dilepas, maka lepaskan baterai terlebih dahulu, lalu letakan HP dan silica gel di dalam wadah tertutup dan biarkan semalaman.

3. Sorotan Lampu

Sorotan lampu ke arah kamera HP yang berembun juga bisa membantu untuk menghilangkannya. Panas yang keluar dari cahaya lampu tersebut akan membantu embun di kamera HP Anda menguap.

Caranya sangat gampang, Anda hanya perlu mematikan HP terlebih dahulu lalu letakan HP di area yang datar dengan kamera menghadap ke atas. Kemudian sorotkan lampu lebih dekat ke arah kamera tersebut. Biarkan seperti itu beberapa waktu.

4. Menggunakan Hair Dryer atau Kipas Laptop

Selanjutnya, cara lain dalam cara menghilangkan embun di kamera HP adalah dengan menggunakan angin yang dihasilkan oleh hair dryer atau kipas laptop. Caranya juga mudah untuk dilakukan.

Matikan HP dan arahkan hair dryer ke kamera HP lalu tunggu beberapa saat sampai embun yang menempelnya menghilang. Untuk menggunakan kipas laptop, letakan HP yang sudah dimatikan di samping kipas yang menyala dengan kamera menghadap ke atas. 

5. Memanfaatkan Sinar Matahari

Kemudian, cara cepat menghilangkan embun di kamera HP adalah dengan memanfaatkan sinar matahari. Hal ini hanya berlaku jika embun yang menempel sedikit saja. 

Selain itu, menempatkan HP di bawah sinar matahari juga bisa berisiko tinggi. Supaya HP tidak terpapar dengan cahaya matahari secara langsung, Anda bisa meletakkan HP dalam sebuah wadah yang bisa menyerap sinar matahari, lalu meletakkannya di bawah sinar matahari. 

Diamkan beberapa saat namun jangan terlalu lama.

6. Melepas Casing HP

Melepas casing HP bisa mengurangi penumpukan embun yang menempel pada kamera HP. Anda bisa coba untuk melepaskan casing HP, lalu membersihkan kamera dengan kain microfiber khusus secara perlahan.

7. Bawa ke Service HP Resmi

Cara menghilangkan embun di kamera HP yang terakhir adalah dengan membawa perangkat Anda tersebut ke service resmi untuk diperbaiki secara profesional. Mungkin saja embun yang menempel sudah masuk ke dalam lensa HP dan tidak bisa dibersihkan secara sembarangan.

Jika Anda sedang mengalami masalah embun yang menempel pada kamera HP, jangan ragu untuk mencoba tujuh cara yang telah dijelaskan di atas. Coba opsi yang disebutkan secara perlahan agar embun tidak bertambah. 

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button