Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara

Whatsapp adalah salah satu aplikasi bertukar pesan instan atau chatting yang cukup bagi semua pengguna hp smartphone. Fitur yang diberikan Whatsapp sendiri sangat bermanfaat untuk saling berinteraksi maupun berkomunikasi baik melalui media pesan singkat, panggilan telepon dan video call.

Cara kerja dari whatsapp juga sangat mudah dipahami karena memberikan tampilan dan navigasi yang sederhana. Hanya dengan menyambungkan ponsel seluler anda ke jaringan wifi atau data seluler, maka secara otomatis aplikasi Whatsapp dapat bekerja untuk menerima pesan-pesan yang masuk.

Kemudahan dan fitur yang melimpah dari whatsapp membuat aplikasi ini menjadi aplikasi chatting yang populer. Hampir semua pengguna ponsel pintar kini menggunakan aplikasi whatsapp sebagai alat untuk bertukar pesan instan.

Namun terkadang sebagian orang merasa terganggu atau tidak ingin diganggu oleh pesan yang masuk di whatsapp. Mereka sering mematikan data internet, atau mencopot aplikasi whatsapp.

Tetapi melakukan hal seperti itu sangat merepotkan karena harus mematikan internet dan menjadi hambatan pekerjaan yang lain. Jikapun mencopot aplikasi whatsapp, anda harus memasangnya kembali ketika ingin menggunakan whatsapp lagi.

Jadi, yang sering ditanyakan adalah, bagaimana cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa mematikan data internet dan tanpa menghapus aplikasi? Berikut 4 cara menonaktifkan WA sementara di android, untuk merek hp Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo dan merek ponsel lainnya.

4 Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara

Ada beberapa cara untuk menonaktifkan whatsapp sementara yang dapat anda gunakan. Dan di Eztekno akan merangkum semua itu menjadi 4 cara yang paling mudah dan efektif untuk anda coba di hp android.

Anda cukup memilih cara mana yang cocok untuk anda. Anda dapat memilih mulai dari menggunakan bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi agar wa anda bisa menonaktifkan sementara waktu.

1. Menggunakan Aplikasi Mobiwol

cara menonaktifkan whatsapp sementara dengan mobiwol

Aplikasi Mobiwol adalah aplikasi yang bekerja untuk menghentikan aplikasi yang ada di hp Android. Selain itu, aplikasi ini juga mampu memberikan batasan untuk koneksi internet yang digunakan dalam aplikasi.

Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis dan dapat anda pasang melalui playstore. Selain whatsapp, aplikasi mobiwol juga mendukung untuk menonaktifkan aplikasi LINE, Facebook, Instagram dan aplikasi lainnya.

Langkah cara menonaktifkan whatsapp sementara dengan mobiwol:

  1. Instal dan buka aplikasi mobiwol di hp android anda.
  2. Aktifkan opsi Firewall Status agar berubah menjadi On.
  3. Masuk ke opsi Firewall Rules dan cari aplikasi WhatsApp.
  4. Tap pada ikon wifi dan sinyal agar berubah menjadi gelap.

Ikon wifi berfungsi untuk menonaktifkan whatsapp ketika anda menggunakan jaringan wifi. Sedangkan ikon sinyal berfungsi untuk menonaktifkan wa ketika anda menggunakan data seluler.

Jika ikon tersebut menjadi gelap, artinya whatsapp sudah tidak terhubung lagi dengan internet dari wifi maupun data seluler. Maka aplikasi whatsapp anda tidak akan menerima pesan masuk hingga anda aktifkan kembali.

Anda juga dapat mengaktifkan kembali WhatsApp dengan mengubah Firewall Status menjadi OFF pada panduan di langkah nomor 2 diatas.

2. Menggunakan Aplikasi Greenify

Menggunakan Aplikasi Greenify

Greenify adalah aplikasi yang dapat mengubah aplikasi yang ada di hp android menjadi tidak aktif untuk sementara. Jika anda menggunakan aplikasi ini untuk whatsapp, maka semua pesan yang akan masuk ke wa anda akan pending atau ceklis.

Cara menonaktifkan whatsapp sementara menggunakan greenify:

  1. Instal aplikasi Greenify melalui Play Store terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasinya lalu tap tombol Berikutnya.
  3. Jika hp tidak root, pilih opsi My device is NOT rooted lalu tap Berikutnya.
  4. Pilih Manual Hibernation Only dan lewati semuanya hingga finish.
  5. Di halaman depan Greenify, tap tombol “+” yang berada di pojok atas.
  6. Cari dan pilih aplikasi Whatsapp.
  7. Tap tombol dengan ikon Zzzz.

3. Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Aplikasi

Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Aplikasi

Jika cara diatas terlalu rumit karena mengharuskan untuk memasang aplikasi terlebih dahulu. Anda bisa mencoba tutorial cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa aplikasi ini.

Anda hanya perlu mengakses menu pengaturan di hp android lalu melewati beberapa langkah saja. Berikut caranya:

  1. Pergi ke menu Pengaturan atau Settings di HP android anda.
  2. Cari menu Manajer aplikasi / Aplikasi terinstal.
  3. Pilih aplikasi Whatsapp dari daftar aplikasi yang muncul.
  4. Tap opsi Stop atau Force Stop atau Paksa Berhenti.
  5. Terakhir, Oke untuk konfirmasi.

Setelah itu anda sudah berhasil menonaktifkan WhatsApp dan semua pesan tidak akan masuk ke WA anda hingga anda membuka aplikasi whatsapp.

Di setiap menu pengaturan merek hp android akan berbeda-beda tergantung ROM yang digunakan. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya sama saja dan tidak akan berbeda jauh.

4. Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di HP Xiaomi

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di HP Xiaomi

ROM yang ada di Xiaomi memberikan fitur bawaan pembatasan penggunaan data. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan data internet pada aplikasi yang ada di hp android xiaomi.

Cara menggunakannya pun juga sangat mudah. Berikut cara membatasi penggunaan data untuk whatsapp:

  1. Pergi ke menu Keamanan.
  2. Gulir ke bawah lalu tap opsi Penggunaan data.
  3. Kemudian pilih Batasi penggunaan data.
  4. Akan muncul semua aplikasi yang terpasang di HP, pilih Whatsapp.
  5. Nonaktifkan opsi data seluler dan Wi-Fi.

Setelah itu, whatsapp tidak akan berfungsi karena anda sudah membatasi penggunaan internet. Semua pesan di whatsapp anda masuk akan pending.

Jika ingin mengembalikannya, cukup ulangi panduan di atas. Lalu aktifkan kembali opsi data seluler dan data wifi.

Nah, itulah 4 cara mudah untuk menonaktifkan aplikasi Whatsapp di hp android. Pada dasarnya, semua cara di atas berlaku untuk aplikasi apapun yang ada di smartphone anda. Selamat mencoba!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button