Cara Agar Baterai HP Awet dan Tidak Cepat Habis (Ampuh!)

Normalnya baterai pada smartphone akan mampu bekerja dengan baik untuk mensupply daya selama 5 tahun. Akan tetapi seiring pemakain berlebih dan kesalahan perawatan dari pengguna, biasanya umur baterai tidak sepanjang itu sehingga dibutuhkan sebuah cara agar baterai HP awet.

Meskipun saat ini pabrikan smartphone sedang berlomba membuat baterai dengan daya tahan yang lebih lama guna mendukung fungsi multitasking, tetap saja membutuhkan perawatan. Terlebih pengguna smartphone baterai tanam yang sering main games.

Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi

Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi

Merawat baterai HP agar tetap awet sebenarnya tidak sulit karena juga terkait dengan kebiasaan Anda dalam menggunakan smartphone sehingga tidak membutuhkan aplikasi. Terutama bagi Anda yang banyak menggunakan HP untuk bermain games.

Bukan tidak mungkin jika Anda merawat baterai dengan benar, maka baterai akan awet meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu 5 tahun atau lebih. Berikut 10 tips agar baterai awet untuk pengguna smartphone OS Android dan iOS:

1.Matikan Mode Getar

Mode getar memang terlihat lebih hemat daya, namun faktanya malah akan membuat baterai pada HP menjadi boros. Hal ini karena baterai terpaksa harus mengkonversikan dayanya untuk membuat smartphone menjadi bergetar.

Terlebih bagi Anda yang menerima banyak notifikasi pesan atau aplikasi dengan mode getar, sudah hampir pasti baterai akan boros. Agar baterai HP lebih awet dan tidak cepat habis, kurangi intensitas untuk menggunakan mode getar pada smartphone.

2. Berhenti Saat Suhu HP Panas

Suhu HP yang menjadi panas juga menjadi penyebab umum mengapa daya atau baterai menjadi boros atau cepat habis. Penyebabnya sudah tentu karena digunakan untuk menjalankan program berat seperti aplikasi dengan ukuran file besar atau game yang membutuhkan detail grafis.

Untuk menghindari suhu panas, Anda perlu untuk menghindari menggunakan aplikasi atau games yang spesifikasi minimumnya agak mepet dengan kapasitas HP Anda. Pilih games yang memang cocok dengan kapasitas smartphone Anda.

3. Hindari Meletakan HP di Suhu Ekstrim

Suhu pada sebuah tempat juga mempengaruhi kapasitas baterai sebuah HP. Normalnya sebuah HP didesain untuk beroperasi pada tempat dengan temperatur antara 16 hingga 22 celcius sebagai suhu paling ideal. Oleh karena itu, HP tidak boleh ditempatkan pada tempat yang terlalu dingin atau panas.

Khusus untuk pengguna iPhone, Apple memberikan petunjuk batasan temperatur sebuah tempat yaitu maksimal pada 35 Derajat celcius. Lebih dari itu temperatur tersebut baterai akan berkurang ketahanannya sehingga baterai cepat habis.

4. Atur Kecerahan Layar atau Brightness

Sama seperti laptop, daya pada HP juga akan semakin cepat habis apabila digunakan dengan pencahayaan maksimal atau brightness level. Daya pada baterai otomatis akan dipaksa bekerja untuk mengkonversi energinya menjadi cahaya.

Beberapa HP memang memiliki mode hemat daya, akan tetapi terkadang masih menggunakan pencahayaan yang berlebihan. Solusinya, Anda bisa mengatur pencahayaan secara manual sehingga tampilan menjadi tidak terlalu terang sehingga baterai HP lebih awet dan tidak cepat habis.

5. Hindari Tayangan Iklan Berlebihan

Beberapa aplikasi Android memang menyisipkan sebuah iklan untuk keperluan monetisasi. Sayangnya, terkadang iklan pada aplikasi berbentuk video tidak hanya berbentuk banner atau tulisan saja, otomatis kegiatan ini akan banyak menyedot daya.

Hal ini karena saat iklan video dalam aplikasi muncul, HP Anda otomatis sedang melakukan multitasking dengan menjalankan aplikasi dan memutar video secara bersamaan. Sebagai saran pilih aplikasi yang maksimal hanya menayangkan iklan berbentuk gambar atau tulisan.

6. Gunakan Charger Original

Anda pasti pernah menemui charger yang memiliki kecepatan pengisian daya yang berbeda-beda. Akan tetapi, pengisian daya dengan menggunakan charger yang bukan charger asli dari smartphone bisa membuat baterai cepat boros.

Hal ini karena daya pada baterai dan charger sebelumnya sudah disesuaikan oleh pihak pabrikan smartphone. Alhasil, apabila terlalu sering mengisi daya dengan charger berbeda, maka bisa menyebabkan baterai menjadi boros atau bahkan tidak bisa lagi menampung daya.

7. Hindari Menggunakan Fast Charging

Banyak perusahaan smartphone yang saat ini mengeluarkan produk dengan fitur fast charging, otomatis baterai akan terisi penuh hanya dalam hitungan menit. Sayangnya, fast charging terbukti mereduksi kemampuan daya baterai sebesar 20% dalam jangka panjang.

Hitungannya adalah fast charging selama 5 menit setara dengan mengisi daya baterai dalam waktu 2 jam. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan fast charging apabila benar-benar diperlukan atau dalam situasi terdesak.

8. Ketahui Siklus Charging Baterai

Beberapa pabrikan smartphone memiliki standar tersendiri guna menghindari pemborosan atau kerusakan ketika mengisi daya. Beberapa pabrikan smartphone Android menyarankan agar segera mengisi daya saat persentase sudah 20%.

Begitu juga untuk batas pengisian daya baterai, ketika sudah terisi penuh sebesar 100% segera cabut pengisian daya. Produsen seperti Sony, Oppo, dan Xiaomi bahkan secara jelas menyebutkan jika over-charging ketika baterai sudah terisi penuh bisa menyebabkan kerusakan permanen.

9. Matikan Notifikasi Tidak Penting

Notifikasi juga bisa menjadi sumber baterai menjadi cepat boros, terlebih bagi Anda yang menginstall banyak aplikasi. Pastikan hanya menghidupkan notifikasi untuk aplikasi yang benar-benar penting, selebihnya Anda bisa mematikan notifikasi.

Jika anda sudah mengatur pengaturan notifikasi seperti yang telah disarankan, maka kinerja dari HP akan lebih efektif sehingga akan berpengaruh ke baterai HP menjadi tidak cepat habis.

10. Bantuan Aplikasi Penghemat Baterai

Cara paling praktis untuk menghemat daya adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai yang sudah banyak tersedia di Playstore. Sistem kerja aplikasi ini tidak menambah kapasitas baterai namun lebih kepada mengelola aplikasi, brightness serta penggunaan daya pada HP Anda.

Nah, itulah beberapa cara agar baterai HP awet yang bisa membuat Anda menghemat biaya karena dapat menghindari kerusakan atau pemborosan daya. Dengan menggunakan cara-cara di atas, tentu saja bisa menjaga kesehatan baterai HP agar bisa lebih awet dan tidak cepat habis lagi.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button